Pakai Selotip Tembaga. Menambal Panci Berlubang Jadi Lebih Asyik dan Mudah


Hai Mam,

Kamu, apa kabarnya nih ? Aku doain semoga energi positif melingkupimu amiin. 
Berasa kayak Roy Kiyoshi ni eikeh. wkwkwk. 

Oya, lebaran kemarin, hidangan yang Kamu bikin apa aja nih ? Opor ? Sambal goreng hati ampela ? Rendang ? Bakso ? Apa Mams ? Jangan-jangan bikin semuanya nih. Sipp. Tahun depan kalok bikin lagi, kasih tau yak. Daku mau mintak *hahay. 

Kalau aku, hidangan lebaran kemarin, bikin bakso kare, Mam. Bakso pakek kuah kare. 

Waktu itu, aku sempet nggak yakin, "Orang rumah pada doyan nggak ya ?". Karena nggak yakin jadi aku pasang kuda-kuda nih, kondisikan perut untuk menampung berporsi-porsi bakso kare. Segitunyaaaa ya Mam. Hahaha

Etapi siapa sangka cobak, orang rumah, ternyata pada doyan sama bakso kare buatan aku. Yihaaa. 

Alhamdulillah aku seneng donk, Mam. Apalagi di balik bakso kare yang ludes disantap orang rumah, ada drama yang terjadi. Drama apa cobak ? Drakor (drama korea) atau drawan (drama taiwan) atau dratron (drama sinetron made in negeri tercinta ? Dah, bukan itu semua. 

Kali ini, drama sebelum masak atau pas masak yang aku alami lain dari biasanya. Bukan lagi drama karena LPG yang tiba-tiba habis atau LPG yang tiba-tiba ngeces alias ngembes atau drama soal bumbu yang mau dipakai habis. Tapi drama karena panci yang mau aku pakai ternyata...corbocor. 

Sebenernya ada sih panci yang lain, tapi panci yang entu buat bikin-bikin aer panas, buat nyeduh kopi, teh atau susu bocah. Jadi aku nggak mau pakai panci yang khususon itu. La trus gimana ? 

Sempet sih mintak tolong suami buat beliin panci baru demi bisa mengakhiri drama sebelum masak yang aku alami dan biar bisa segera masak hidangan buat lebaran. Tapi sayangnya, toko-toko pada tutup. Ada sih yang bukak tapi mehong alias mahal banget, Mam. Perbandingannya lumayan banyak dari toko grosir langganan aku *yaiyalah...hehe. 

Trus gimana ?
Enggak tahu...
Udah keburu laper. Maklum waktu itu bikinnya pas menjelang tenaga mau habis sementara waktu buka puasa masih lama wkwkwkwkwkwk. 

"Gini aja, Ma. Gimana kalau Ayah tambal aja panci Muma yang berlubang ?" Celetuk suami. 
"Emang bisa ?"
"Bisa"
"Mbok ya bilang dari tadi gitu kalau Ayah tahu cara nambal panci yang berlubang" kataku mulai sewot karena laper
"Yaaa kan muma nggak nanyak". 
Hadehh. 
Denger jawaban suami, rasanya, aku pengin makan beling. 

Setelah suami bilang tahu cara menambal panci yang berlubang, doi pun langsung cus meluncur keluar rumah. Nggak lama, trus doi muncul dengan benda kecil tipis ditangannya. Kata suami, nama bahan yang dipakai untuk menambal panci ini, Selotip Tembaga. Belinya di Warung Kelontong 1000 rupiah dapet 4 lembar. 

Selotip tembaga

"Sini, Ayah tunjukin cara menambal panci yang berlubang biar besok bisa nambal sendiri nggak drama lagi" kata suami sambil nyengir. 

"Iya gimana, kalau gampang sekalian deh aku mau buka jasa penambalan panci. Nanti ayah yang promosiin keliling yak" gantian aku yang nyengir. 

Setelah cengir-cengiran, Aku pun segera memberikan panci yang berlubang ke suami. Tentu panci dalam keadaan bersih sudah dicuci. 

Cara Menambal Sendiri Panci yang Berlubang 

Yang pertama suami lakukan adalah membersihkan panci yang berlubang tersebut pakai pembersih cuci piring yang dari kawat lentur itu. Tujuannya, agar nggak ada bagian yang gerunjal-gerunjal saat ditambal. Jadi bagian panci diperhalus dulu. 

Kedua, amati bagian mana yang berlubang. 

Ketiga, gunting Selotip Tembaga untuk menambal panci dengan ukuran yang lebih besar dari lubang. 

Keempat, buka tutup Selotip Tembaga yang ada dibahan untuk menambal panci lalu rekatkan di bagian panci yang berlubang. 

Selesai. 
Jadi deh. 
Panci pun siap dipakai lagi. 

Bocor nggak ?
Nggak alhamdulillah aman. 
Taraaaaa...ini penampakan panci berselotip



Gimana, mudah, murah, dan praktis bukan cara menambal sendiri panci yang berlubang ? Gampanglah yah. Kita-kita juga bisa mah kalau kayak gini. Lalu aku pun terinspirasi beneran pengen bukak jasa penambalan panci. *hahay. 

10 comments:

  1. saya juga biasa pake ini kalo panci bocor, banyak dijual di pasar udah gitu harganya murah pula, hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murcek bgd mbk ira. Aku baru tau loh soal ini, biasanya ya nunggu babang tamvan eh babang panci lewat baru deh dibenerin...

      Delete
  2. Hahaha.. aku baru tahu kalau ada selotip tembaga. Dulu mama saya juga suka rempong dan drama banget kalau panci atau wajannya berlobang. Dan kami suka nunggu tukang benerin panci keliling (padahal dia kelilingnya cuma dua minggu sekali), sekalinya gak ketemu ya sudah, panci atau wajan bolong terus. Kalau sekarang lebih mudah ya, ada selotip tembaga gitu, praktis dan enggak ada drama lagi.

    ReplyDelete
  3. Daya tahan melekatnya selotip tembaganya lama ndak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm tau mbk soal berapa lamanya. Entar deh klok udh berbulan2 gt aku update soal ketahanan selotip ini...
      Makasih udh mampiiirrr

      Delete
  4. Hehehe. Baru tahu ada selotip tembaga segala.. Panci bisa di gunakan lagi dong yaa, gak jadi beli baru

    ReplyDelete
  5. Saya baru tau kalau ada selotip dari tembaga. Boleh juga, nih. Terima kasih banyak infonya, Mbak :)

    ReplyDelete
  6. Di toko bangunan apa ya belinya, Mbak ? Baru denger ada selotip tembaga. Abang2 yang suka lewat buat nambal panci, pakai gituan juga kali yak ��

    ReplyDelete
  7. Iya juga ya lebih mudah, udah gitu tinggal tempel aja.
    Nice share, bisa di coba nih di rumah kalau ada panci yang bolong..he

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Pengalaman Pertama Bikin Donat Rasa Endolita Tekstur Sinyorita

Jadi, sejak Ken sekolah, aku mulai rajin lagi belajar masak. Tapi kali ini, yang aku pelajari, khusus bikin cemilan, jajanan buat bekal s...