Cara Mengetahui Kesiapan Anak Menulis dan Membaca dari Gambar


Tahukah Kamu, Mam. Bahwa kesiapan anak menulis dan membaca dapat dilihat dari gambar yang si kecil buat ?

Nggak tahu, soal ini, aku malah baru tau minggu lalu. Waktu ikut acara parenting di sekolahnya si ken. Duh, kudet yak eikeh *hahay. 

Sebelum tahu soal ini, aku pikir yaa aktivitas coret-coret, mewarnai, hingga menggambar ini cuma melatih motorik si ken saja. Sama satu lagi dink, bahwa ini juga aktivitas yang ampuh bikin si kecil ken anteng. *hahay. Si ken yang tipe anak kinestetik, nggak bisa diem bak bola bekel mencelat sana sini bikin yang momong ndredeg deg deg deg, bisa anteng banget, begitu aku berikan crayon atau spidol. Ditambah lagi, si ken mendapatkan kebebasan untuk mencoret-coret tembok rumah. Beuugghh, bakal anteng berjam-jam dah tu bocah. 

Nah, di kelas parenting yang aku ikuti itu dijelaskan bahwa orangtua bisa melihat kesiapan anak belajar membaca dan menulis dari gambar yang dibuat oleh anak. Adapun contoh bentuk-bentuk gambar yang dapat membuat orangtua melihat kesiapan anak adalah sebagai berikut :


Di gambar yang pertama dan kedua, menurut narasumber yang seorang psikolog dan konsen dalam bidang ilmu parenting juga, menunjukkan bahwa  anak belum siap mulai belajar membaca dan menulis. Pada dua gambar ini, anak masih melatih kemampuan motorik halusnya terlebih dahulu.


Gambar ketiga, yang merupakan gambar  beberapa buah garis yang nyaris lurus menunjukkan bahwa anak sudah mulai bisa diajarkan mengenal huruf. Lebih baik  diawali dengan mengenalkan huruf vokal. A I U E O. Baik lewat tulisan maupun pelafalannya.


Gambar keempat menunjukkan anak sudah mulai melibatkan huruf dalam gambar yang ia buat. Apabila anak sudah membuat gambar seperti ini, maka kita bisa mengajaknya untuk mengeksplorasi huruf abjad dan mengenalkan kata atau nama dari suatu benda atau yang ada disekitarnya. Baik melalui tulisan atau pelafalan.

Gambar kelima menunjukkan anak memasukkan kata dalam gambar yang ia buat. Ini bisa dijadikan sebagai tanda bagi kita untuk memperbanyak kosa kata baik dalam lafal maupun tulisan.


Gambar keenam menunjukkan anak mulai membuat atau meniru kata-kata yang pernah atau telah ia ketahui. 

Si ken sendiri alhamdulillah, setelah aku perhatikan beberapa hasil gambarnya, sudah pernah membuat gambar-gambar seperti yang ada di atas. 

Untuk gambar yang pertama itu sendiri, si ken sudah membuatnya saat ia sudah mahir menggunakan spidol, kira-kira sekitar usia 13 bulan lebih. Dan sekarang alhamdulillah wa syukurillah si ken sudah bisa membaca kata-kata yang sederhana. 

Jadi seperti itu kiranya, contoh-contoh gambar yang menunjukkan kesiapan anak belajar menulis dan membaca. Nah, kalau putra/putrinya Mamis sudah pernah bikin gambar yang mana nih. Selamat mengamati yak, Mamis. 

3 comments:

  1. Waaah.. pengetahuan baru banget nih. Padahal aku udah punya anak tiga. Duh, kemana aja sih akuuu... makasih banget infonya ya Mbak. Berguna banget nih buatku.

    ReplyDelete
  2. Ya Allah aku baru mudeng sekarang Mbak Inda, anakku masih di tahap gambar 1, walaupun gambar 2 sudah bisa kalau disuruh. Makasih ya mbak, jadi tambah info parenting nih aku

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ilmunya mbak.. kalo dia udah bisa membentu garis atau obyek tertentu berarti dia udah mulai bisa mengontrol gerakan tangannya ya.. ?

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Mengulas Berbagai Manfaat dan Penggunaan Popok Confidance

Jadi beberapa waktu yang lalu, emak curhat kalau belakangan ini beliau susah sekali berjalan terutama setelah tidur. Menurut dokter, hal in...