Wednesday, November 19, 2014

Belajar Asyik dengan Aplikasi Buku Sekolah Elektronik

Sumber


Awal mula pertemuan saya dengan BSE adalah ketika diminta untuk mengajar matematika di salah satu Madrasah Aliyah di tempat tinggal saya. Tawaran itu saya rasa cukup berat, mengingat saya adalah anak matematika murni yang notabene berurusan dengan rumus-rumus matematika. Tak ada micro teaching dan teman-temannya. Namun oleh karena permintaan tersebut diutarakan langsung oleh guru SMP saya dulu, walhasil saya pun menganggukkan kepala tanda setuju.

Saya mulai mencari-cari buku matematika saya dulu. Saya pelajari lagi. Alhamdulillah masih ‘nyambung’. Namun saya merasa masih ada yang kurang. Salah satunya adalah mengenai variasi soal. Selain itu, saya juga khawatir, mungkin buku yang saya pakai ini sudah tidak update lagi. Akhirnya, saya memutuskan untuk meminjam buku dari teman saya yang kebetulannya adiknya adalah salah satu siswa di sekolah tersebut. Sayangnya, buku pegangan adik dari teman saya itu hanya berupa LKS saja.

Belum puas, saya berburu buku di toko buku. Namun lagi-lagi, saya menemui kesulitan. Toko buku satu-satunya di tempat tinggal saya hanya mengoleksi beberapa buku saja alias tak lengkap. Maklum, tempat tinggal saya hanya kota kecil. Toko buku tersebut berfokus pada penjualan koran-koran, majalah, dan tabloid-tabloid. Menyerahkah saya?. Tentu tidak.

Saya berselancar di dunia maya. Mencari beberapa buku pegangan yang bisa didownload gratis. Nah dari sinilah saya bertemu dengan BSE.

Saya cukup senang. Akan tetapi, ternyata proses download tak semudah yang saya kira. Beberapa kali saya mendapati keterangan error pada link menuju buku yang akan saya download. Dan sekali lagi, saya kembali berjuang.

Dengan kesabaran penuh dikarenakan tak kunjung bertemu dengan link yang tak error dan tidak stabilnya sinyal internet serta proses download yang berjalan layaknya siput. Akhirnya saya mendapatkan buku pegangan untuk berbagi ilmu dengan siswa-siswa saya nanti. Yay. Alhamdulillah.
Hubungan saya dengan BSE tidak berhenti sampai di situ. Saya juga berburu dan mendowload beberapa buku pendidikan sekolah dasar untuk bapak dan ibu saya. Meskipun harus melalui proses yang beronak dan berduri (hassahhh), namun semua itu lenyap tatkala melihat ekspresi bapak dan ibu yang menunjukkan rasa suka dengan buku tersebut.

Mengapa bisa demikian?. BSE tak kalah menarik dengan buku ‘nyata’. Kata ibu saya, materi yang disajikan cukup menarik dan bervariasi. Bisa dijadikan referensi dan warna baru saat proses belajar mengajar.

BSE itu sendiri merupakan buku sekolah elektronik yang muncul dari inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Hadirnya buku sekolah elektronik ini merupakan suatu upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satu permasalahan perbukuan dalam era otonomi daerah dewasa ini adalah ketersediaan buku yang memenuhi standar nasional pendidikan dengan harga murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Maka untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membeli hak cipta buku teks pelajaran dari penulis/penerbit. Selanjutnya buku-buku tersebut disajikan dalam bentuk buku elektronik (ebook) dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE).

Saat ini, penggunaan internet di Indonesia sudah cukup tinggi. Bahkan menjangkau hingga ke pelosok-pelosok desa. Hal ini menunjukkan program BSE berhasil menyentuh seluruh guru-guru dan siswa-siswa, khususnya yang berada di daerah terpencil.

Sejalan dengan tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet, pengguna handphone terutama smartphone pun semakin merajalela. Saat ini, handphone tak hanya digunakan untuk sekedar mengirim pesan atau menerima panggilan atau menelpon seseorang. Melainkan handphone sudah berevolusi menjadi teknologi canggih yang dapat memenuhi hampir semua keinginan pemakainya. Seperti berfoto, menulis, bermain game, mengobrol tatap muka, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak fungsi smartphone, ada satu aplikasi yang paling saya suka. Apa itu?. Taraaaa. Aplikasi Buku Sekolah Elektkronik.



Aplikasi Buku Sekolah Elektronik ini tentunya dapat diakses melalui smartphone. Hal ini tentu saja dapat mempermudah para guru dan para siswa. Jadi kapanpun dan dimanapun, kita dapat membaca, belajar, dan menambah ilmu pengetahuan hanya dengan membuka aplikasi buku sekolah elektronik di smartphone kita. Cihuyyyy.

Aplikasi Buku BSE untukAndroid itu sendiri merupakan karya resmi buatan mahoni.com dan menjadi salah satu kontribusi Mahoni.com untuk ikut berpartisipasi bagi dunia pendidikan di Indonesia, selain itu juga memberikan kemudahan dalam bentuk yang lain untuk memfasilitasi buku-buku pelajaran secara praktis dan terjangkau. Aplikasi BSE disediakan bagi siapa saja yang membutuhkan buku-buku pelajaran dalam bentuk digital yang praktis dan yang bisa diakses melalui tablet dan smartphone Android. Setiap buku yang ada dalam aplikasi ini disediakan secara lengkap sesuai kebutuhan dasar pendidikan dan pelajaran Indonesia, dan yang memenuhi standard nasional pendidikan.
Aplikasi Buku BSE memiliki koleksi terlengkap buku-buku Kurikulum 2013, mulai dari SD, SMP, SMA hingga SMK. Koleksi buku pelajaran KTSP 2006 juga tersedia dan bisa diunduh oleh seluruh masyarakat Indonesia. Total Aplikasi Buku BSE memiliki 2000 koleksi buku pelajaran yang siap untuk di download. Selain itu Aplikasi Buku BSE juga dilengkapi dengan buku-buku umum, seperti Tesaurus, Kamus Bahasa Indonesia, dll. Tersedia juga buku-buku tentang pembelajaran Anti Korupsi yang disediakan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan buku pemdidikan keuangan yang disediakan oleh BI (Bank Indonesia). Semua buku tersebut bebas untuk di download secara gratis melalui internet.
Sumber : www.bse.mahoni.com

Saya turut berbahagia dan bersyukur. Dengan inisiatif dari Kemdikbud berupa BSE yang didukung pula oleh mahoni.com, saya optimis mutu pendidikan di Indonesia akan semakin cepat meningkat. Amin.

Jadi kita, terutama saya, tidak perlu melewati tahap sulit seperti yang saya ceritakan di atas untuk mendapatkan buku sekolah elektronik. Selain itu juga sudah tidak ada lagi alasan tidak dapat belajar karena ”nggak punya duit buat beli buku”. Juga saat belajar kelompok : ”aku nggak bawa buku” atau ”buku ketinggalan” atau ”bukuku hilang”. Tidak ada alasan. Karena saat ini sudah ada aplikasi buku sekolah elektronik. Belajar jadi lebih mudah dan lebih asyik.

Referensi :
http://bse.kemdikbud.go.id/buku/kurikulum2013
http://mcbalbal.blogspot.com/2014/11/bukubse-jutaan-ilmu-dalam-genggaman.html

4 comments:

  1. alhamdulillsh...
    waa ada aplikasi utk androidnya jg tnyt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak alhamdulillah. skrg lebih mudah : )

      Delete
  2. Artikel yg bagus sekali, jadi ingin mencoba aplikasi tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba, pasti dapet banyak manfaat dah : )

      Delete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)