Saturday, January 31, 2015

Tips Menyapih Buah Hati

Menyapih adalah suatu usaha untuk menghentikan si kecil menyusu. Kenapa harus dihentikan ?. Karena si kecil sudah berusia 2 tahun atau mungkin karena ada alasan tertentu. Misalnya saat ibu harus kembali bekerja.

Susah susah gampang. Banyak susahnya  daripada gampangnya. Kenapa begitu ?.

Saat menyapih si kecil benar benar diwarnai dengan air mata. Tidak hanya air mata si kecil, tapi adajuga air mata emaknya. Loh ?. Sebab nggak tega. Tapi alhamdulillah, usaha menyapih akhirnya berhasil juga. Bagaimana caranya ?.

Nah berikut beberapa cara saya saat menyapih si kecil :
1. Bicarakan pada si kecil, jauh jauh hari sebelum ia berusia dua tahun.
2. Bicarakan juga dengan suami. Agar suami bisa sepenuhnya mendukung, sabar dan satu lagi tahan mental. Jika nanti saat usaha menyapih dimulai, terjadi sesuatu hal yang tidak biasa, seperti tangisan si kecil yang keras membahana atau melihat si kecil menangis sesenggukan.
3. Intensitas menyusui mulai dikurangi jauh jauh hari.
4. Karena intensitas menyusui dikurangi, maka harus diganti dengan menambah porsi makan utk si kecil. Misalnya menambah camilannya seperti buah, biskuit, dan roti. Hal ini harus dilakukan, agar si kecil terhindar dari kemungkinan terserang penyakit saat usaha menyapih tengah berlangsung.
5. Tetap tunjukkan perhatian, rasa sayang bunda kepada si kecil.
6. Jika suatu hari si kecil menangis hebat karena ngotot ingin menyusu, maka bunda harus memiliki langkah antisipasi, dengan mengalihkan perhatiannya. Misalnya, si kecil suka jalan jalan naik motor, jadi saat si kecil menangis hebat, bunda bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajak si kecil jalan jalan naik motor. Untuk hal ini, sangat membutuhkan peran serta suami.
7. Berdoa. Memohon utk dimudahkan, dilancarkan, dan senantiasa diberikan kesehatan untuk si kecil dalam usaha menyapih yang sangat tidak mudah ini.

Iya, menyapih memang tidak mudah. Bahkan ada sebagian bunda yang begitu deg-degan menjelang proses penyapihan ini. Jika sekiranya tidak mampu, jika dirasa tidak berhasil, sebab tidak tega, maka banyak orang tua yang mengikutsertakan 'air doa' dalam proses penyapihan ini.

'Air doa' untuk menyapih memang masih ada saat ini. Dan banyak orang tua yang masih melakukannya. Baik orang tua muda alias baru menikah maupun orang tua yang masa pernikahannya sudah berlangsung lama. Karena tingkat keberhasilan 'air doa' ini yang cukup tinggi.

Menurut saya sih tak masalah ya. Toh juga air doa. Air yang berisi doa khusus untuk menyapih. Toh air tersebut juga didoakan oleh seorang yang ahli agama, bukan dukun. Tapi ya kembali pada diri masing masing sih.

Cuma adakalanya, doa yang kita panjatkan tersebut mungkin masih terlalu umum. Mungkin ada doa doa khusus yang dapat membuat doa itu cepat terkabul. Lebih cepat terkabul. Ya hanya doa doa tertentu saja. Tapi meskipun begitu, usaha tetap harus dilakukan.

Nah semakin mbulet kan. Itu tandanya pembahasan ini selesai sampai di sini. Mencegah dari 'beringsut' nya kata kata alias nggak jelas.

Ingat, semuanya kembali kepada diri masing masing ya. Wallohua'lam bisshowab.


8 comments:

  1. jujur saja mbak,... moment seperti ini adalah moment yang terpaling sulit ketika membesarkan anak, harus bertarung dengan keinginan anak yang masih ingin menyusui, biasa ada perasaan kasihan melihat sekecil merengek-rengek minta asi, ibunya juga harus banyak menerapkan strategi yang agak aneh seperti melumeri buah dadanya(maaf) dengan sesuatu yang asing buat sikecil, seperti serbuk kopi, getah paria, hingga balsem yang bikin pedas, sampai anak saya yang ke tiga, menyapih adalah kegiatan yang terpaling berat, saya sendiri sampai tidak masuk kerja hanya untuk menenangkan si kecil,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu pak bro. Yg bikin sulit itu ya itu, nggak tega liat si kecil nangis seaenggukan. Rasanya rontok nih hati. Tp ya itulah tahapan yg harus dilewati si kecil,. Wah makasih kunjungannya ya pak bro :)

      Delete
    2. seperti itulah bu brow,... untung saja saya adalah ayah yang cepat tanggap (hehehe,.. ngakunya),....

      Delete
  2. Aku lg mau nyapih tara. Blm berhasil2 ngga tega ngeliatnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mak win, penuh perjuangan dah,nterutma perjuangan batin..pyuuhh *lap keringet

      Delete
  3. Setuju, mak. Memang butuh dukungan keluarga, terutama suami. Aku aja biar udah berkali-kali, skrg lg persiapan mau menyapih Maira, tetap deg-degan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak sary mah pakarnyaaa...
      Masak gt sih mak, ntar daku punya anak lg, deg deg an bgini lg donk mak ?. Hadeehhh...semangat daaahhh. Demi si kecil. Slm buat maira ya mak, fans ekspresi maira nih :)

      Delete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)