Tuesday, February 24, 2015

[Bazaar Online Shop] Kain My Bali - Kain MelaYu Bali

Punya online shop ? Belum. Tapi mau. Mau punya. 


Trus mau jualan apa ?. Gorengan. Yaelah yang mbois gitu donk pertanyaannya. Misalnya gini.
Produk apa yang akan dijual ?. Gitu. Iya gitu.


Barang yang akan daku tawarkan nih berupa produk lokal. Tapi rasa interlokal...aseg. Seperti kain tenun Melayu Bali dan kain tenun Bali juga kain endek Bali.

Ada pertanyaan nggak nih, sebelum lanjut usia ?. Ups.


Daku lahir di Pulau Bali. Tepatnya di Negara Kabupaten Jembrana. Kalau ke Bali lewat jalur darat, pasti lewat jalan mau ke rumah Daku. Tinggal mak crit. Nyampek deh.


Nah di tanah kelahiranku ini, ada dua suku ya. Suku asli Bali dan suku pendatang yakni Melayu. Daku tentu saja Melayu, makanya wajah daku mirip banget sama Siti Nurhaliza *ditimpuk rengginang.

Dua suku ini masing masing memiliki karya luar biasa. Suku Melayu dengan kain tenun motif Melayu. Sementara suku asli Bali juga memiliki Kain tenun dengan motif Bali dan kain endek. Motifnya cantik cantik.

Harganya pun terjangkau. Kalau kain tenun Melayu, lebaran tahun kemarin sih masih di harga Rp. 300000. Mahal ya ?. He'em. Mahal banget memang. Tapi soal kualitas nomor satu bookkk.

Daku punya nih kain tenun almarhum datok (kakek), sekarang masih awet. Nggak ada yang namanya lapuk, atau jahitan lepas. Awet markawet. Warnanya juga lumayan. Yaaa lumayan pudar. Maklum udah bertahun-tahun. Nih kain ada di tangan Daku aja sekitar tahun 1999. Nah Datok punya kain ini jauuuuhhh sebelum itu. Disamping itu, bahannya adem trus halus lagi.

Dokri

Trus kalau kain endek, ini macem macem harganya. Yang paling murah sekitar Rp. 50000. Tapi ya gitu. Warna kainnya nggak bagus. Kalau yang standart, harganya Rp. 80000. Ini udah lumayan ya. Luntur cuma diawal saja. Bahannya juga adem dan kainnya nggak kaku.

Dokri

Lanjut ke kain songket Bali. Kalau ini, tahun kemarin paling murah harganya Rp. 300000. Yang Rp. 550000 juga ada (seperti di gambar). Ini kata Daku udah cakep banget. Dari bahan kainnya itu sendiri plus motif plus perpaduan warnanya, beuugghhh, cakep banget. Sayang nggak sempet foto. Kata Biang (bahasa Bali  halus utk kata ibu), Kain Songket yang harganya Rp. 700000, biasanya dipakai untuk acara acara adat, misalnya pernikahan gitu.

Nah, kalau kain-kain ini pada laris dan banyak peminatnya. Daku pengen melebarkan sayap lagi, wuusshhh. Eit jangan lebar. Burket tauk. Hehe.

Pengen ngembangin tuh kain aja. Bisa berupa tas kecil, dompet, atau baju juga boleh. Seperti yang ada di gambar ini. Keren banget kan tasnya. Nggak kalah deh sama yang bermerk-merk.
Sumber

Lanjut ke perawatannya ya. Cara merawatnya cukup mudah. Ya seperti merawat kain batik gitu dah. Kalau bisa di cuci pakai shampo dan tidak di jemur pas di bawah sinar matahari. Kasian bisa jadi gosong tuh kain kan. Tapi kalau kain songket Bali, kata Biangnya, lebih baik nggak usah dicuci. Diangin-anginkan aja. Itu tandanya, si kain ini tak boleh dipakek sembarangan ya. Apalagi dipakek ngejar layangan. Jangan yah. Plisss.

Niat hati ingin berjualan ini tak hanya sekedar agar kantong terisi, tapi memang itu alasan utama sih. Hehe.

Daku ingin mempromosikan Kecamatan Negara Kabupaten .Jembrana Bali ini lewat produk hasil karya buatan masyarakat Bali sendiri. Selain itu juga ingin menjadi wadah bagi industri kreatif tradisional di tanah kelahiranku ini dalam hal pemasaran produk produk mereka. Sehingga mereka tak tenggelam oleh derasnya arus globalisasi dan kecanggihan teknologi saat ini..aseg. : )

Ya begitulah beberapa produk yang ingin daku tawarkan kalau daku punya online shop nanti. Ada yang mau tanya tanya, boleh. Atau mau pesan, juga boleh banget. Itung-itung juga penglaris. Atau ada yang mau join, aihhh dengan senang hati. Atau ada yang ngasih duit, siapp, kantongku langsung terbuka lebar nih. Wkwkwkwk.

Oke deh. Gitu aja dulu yah. Mau siap-siap nih. Yuk Cao. :D

27 comments:

  1. aku punyaa kain endhek... beli yang 150rb. bagus bangeeet dijadiin rok waktu wisuda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tcakep...sip sip...mau pesen lg nhgak mbak..ayo ayo call me call me :D

      Delete
  2. pinggiiinn ituu kain endeknyaaa,,, semoga segera terwujud,, ditunggu link toko online ya mbaa inda.. *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap laksanakan !!
      Makasih udh ngunjungin bazaar (calon) toko online sy y mbak :)

      Delete
  3. Waaah, boleh juga neh, kayane saya semakin keren (hahaha... GR ra nguati) bila pake kain Bali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp...tambah kece, tambah keren, tambah oke, tambah pede, cz bahannya adem jd nyaman dipakek. Nggak bikin mati gaya daahh...aseeeggg...
      Makasih kunjungannya ya bapak :)

      Delete
  4. Mahal ya mak...tapi memang kualitas tak akan berbohong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak mahal memang, tp cakep bener itunya, kainnya..kalau udah jadi tas malah udh hampir sejutaan mak harganya..ayo mak dipilih dipilih yg mana yg mana...*latihan :D

      Delete
  5. Ya ampuuun naksiiiir banget sama songketnya! Mudah2an suatu saat bisa kebeli. Aamiin. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn.....ntar dibawa ke tempat dikau ya mak, kenalin sm org2 di sana....seep dahh :D

      Delete
  6. Kainnya cantik-cantik *ketipketip*

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em mak...makanya ayo mak..buruan buruan *tingting :D

      Delete
  7. Mbak katanya keturunan melayu tapi kok denger kata mbois ya, biasanya itu arek2 ngalam or suro lan boyo yang biasa pake bahasa begitu hehe, kainnya bagus pisan sesuai harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngge mbak ev..niku daku sekulah teng Malang...keren dah mbak, smpek hafal sm logat khas ngalam lan boyo...
      He em kain nya bagus mbak..ayok dah yokkl *kode kode ting ting :D

      Delete
  8. Aku salah satu penggemar songket mak...
    Tapi, baru sebatas penggemar belum pernah belanja songket...
    Mahal mak... Hehehe
    Tapi sebanding dengan kualitasnya sih, sebenarnya...
    Bang bing bung... dulu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mak..yg ngoleksi sih ibuk, daku yg makek :D

      Delete
  9. kainnya bagus mak, sesuai harga dan kualitasnya ya..ayo ditunggu launching olshopnya :)

    ReplyDelete
  10. Bagus bagus Mak kainnya. Selalu salut dengan orang orang yg berusaha memajukan kain lokal dan menaikkan kelasY.
    smoga makin banyak orang yg pakai kain motif lokal ya
    dan maju terus usahanya ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnnn....makasih doa plus kunjungannya ya mbak..sukses jg bwt mbak erma :)

      Delete
  11. Kain nusantara selalu bikin cinta :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em...betul betul betul....motif motifnya keren keren mak lus :)

      Delete
  12. haduuuuh aku mupeng kain kain bali nya itu
    subhanalloooh keren nya
    betapa indonesia sungguh kaya akan tenun yaa
    tenun di jawa, bali, sumatera bahkan nusa tenggara punya ciri khas nya masing masing

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)