Friday, July 10, 2015

Solusi Jitu Halau Lemas dan Dehidrasi Saat Berpuasa

"Tidurnya orang puasa kan ibadaaahhh...".

Begitu kataku. Iya kata Aku. Kata ku kepada kawan kosku, atau bapak juga ibu, saat mereka memintaku untuk bangun lalu tidak pergi tidur lagi. Itu alasan ampuh. Begitu Aku mengucapkan kata-kata itu, mereka hening. Senyap. Ampuh kan ?. Hehehe.


Disamping bernilai ibadah, tujuanku tidur juga untuk menghemat energi. Agar tidak lemas, lesu, dan haus. Begitu. Namun ternyata, semua itu tidak benar. Termasuk alasan ampuhku itu.


Pernyataan tentang "Tidurnya orang puasa adalah ibadah" memang ada dalam sebuah hadits. Cuma, ternyata hadist itu palsu Kawan. Jadi tidurnya orang puasa adalah ibadah itu tidak bisa Aku jadikan sebagai alasan utama lagi. Sudah tidak ampuh cuy. Kalian tidak memakai alasan itu juga kan ?. Sippsipp. 

Yang tidak benar selanjutnya adalah tidur bisa menghemat energi. Iya ini tidak benar. Sebenarnya makan sahur yang telah kita lakukan tersebut cukup untuk bekal menjalankan aktivitas kita seharian. Namun saat kita memutuskan untuk memanjakan kantuk maka syaraf-syaraf kita mengantarkan berita tersebut ke otot-otot tubuh sehingga otot-otot tersebut mengkondisikan diri untuk rileks seperti saat tertidur. Hal inilah yang membuat badan menjadi lemas. Karena memanjakan kantuk dan memelihara tidur. Bahkan saat puasa baru berlangsung beberapa jam saja. Jadi bukan karena puasa badan terasa lemas, tapi karena terlalu memanjakan kantuk dan tidur berlama-lama.

Yang tidak benar lainnya adalah dengan tidur bisa menghindar dari rasa haus saat berpuasa. Terkadang, bangun tidur, rasa haus malah muncul misal saat tidur dengan mulut terbuka lebar yang mengakibatkan tenggorakan terasa kering bin garing,  atau bisa juga karena kehilangan cairan tubuh. Iya, meskipun tidur, kita juga bisa mengalami yang namanya insensible water loss. Yaitu kehilangan cairan tanpa disadari. 

Sejak mengetahui fakta tersebut, Aku tak lagi menghabiskan waktu puasa dengan hanya tidur saja. Tidak lagi. Aku memilih menghabiskan waktu puasa untuk beraktivitas dan memperbanyak ibadah...aseg. Soal lemas, maupun haus saat berpuasa sudah bukan masalah lagi buatku. Karena Aku sudah punya solusinya kawan agar puasa tetap bugar tak lemas dan tak haus dan tidak dehidrasi.

Pertama, memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Seperti kebutuhan protein, karbohidrat, vitamin, dan serat. Baik saat berbuka maupun makan sahur. Iya Aku juga memperhatikan menu makanan untuk sahur.  Tidak lagi hanya menu untuk berbuka yang Aku perhatikan. Tapi menu sahur juga. Karena sahur merupakan bekal untuk melakukan aktivitas selama kurang lebih 13 jam. 

Kedua, memilah memilih aktivitas. Seperti lebih banyak memilih aktivitas di dalam ruangan. Untuk menghindari hilangnya cairan tubuh dalam jumlah yang cukup banyak.  Atau bisa juga dengan mengalihkan beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan siang hari menjadi sore hari, atau malam hari atau bisa seusai sahur.  

Ketiga, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama...aseg. Hehe. Kebutuhan cairan tubuh kita perhari adalah 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air putih. Baik dalam kondisi tidak berpuasa maupun pada saat berpuasa. Iya, saat berpuasa pun kita tetap membutuhkan 8 gelas air tersebut. Tak boleh kurang. Jika kurang, peluang untuk datangnya dehidrasi sangat besar. Dan jika berlebihan, maka akan terasa tak nyaman, perut penuh, kembung, bolak balik ke belakang, mual bahkan bisa saja muntah.

Aku pernah begitu. Saking takut dilanda haus, saat sahur, Aku minum air putih banyak-banyak hingga detik-detik menuju imsak. Walhasil perutku terasa mblendung Kawan. Padahal sebenarnya, dengan 8 gelas air putih saja sudah bisa menjaga kita dari rasa haus apalagi dehidrasi. Dan pemenuhan cairan tersebut pun bisa dilakukan secara bertahap. Yaaaaa selama masa tidak berpuasa, yakni saat adzan maghrib berkumandang hingga sebelum adzan subuh bertalu-talu. Tidak langsung makbleng makbleng begitu.

Pembagiannya terserah kita sih. Tapi kalau Aku, demi untuk menghindari keteledoran yang timbul dari kata 'terserah' lebih baik Aku ikut formula kecenya Aqua aja. #AQUA242. Kalian udah tahu belum mengenai formula ini ?. Kalau belum nih Aku jentrengin infonya buat kalian kawan.

"#AQUA242 merupakan cara mudah untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh saat berpuasa. Caranya dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas di saat sahur."

Kalau dirinci seperti ini :

  • 2 Gelas Air Putih saat berbuka : 
1 gelas untuk membatalkan puasa dan 1 gelas lagi setelah mengkonsumsi hidangan pembuka (belum makan besar).
  • 4 Gelas Air Putih malam hari   : 
1 gelas sebelum makan besar, 1 gelas setelah makan besar, 1 gelas setelah tarawih/tadarus Al Qur'an, dan 1 gelas menjelang tidur
  • 2 Gelas Air Putih : 
1 gelas air putih setelah bangun tidur, dan 1 gelas lagi setelah makan sahur.

 Bagaimana ? Kece kan formula #AQUA242 ?. Ho oh. Siipp. Jadi kalian pakai formula ini aja ya.

Sumber

Ingat, yang diminum adalah air putih, bukan air gula-gula apalagi air mata. Air Aqua juga boleh. Boleh banget. Karena e karena air yang diproduksi Aqua bukan air biasa melainkan air yang diambil dari mata air pegunungan yang kaya kandungan mineralnya. Selain itu proses produksi yang dilakukan Aqua dari awal hingga pengemasan juga benar-benar optimal sehingga air dari air mata air tersebut tetap terjaga kemurniannya, kandungannya, juga kualitasnya. Mantab kan ?.

Bagiku sih, kehadiran Aqua ini bukan sekedar mantab tapi solusi handal. Baik itu saat sedang buka bersama yang mana takjil bahkan air minumnya serba gula-gula, maupun saat ikut tadarus di musholla yang air minumnya juga mengandung gula-gula dan lain sebagainya.

Nah berkat beberapa solusi di atas, Aku sudah tak memakai cara tidur berlama-lama di siang hari demi mencegah datangnya lemas, lesu, haus, bahkan dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Sudah tidak begitu lagi. Dan berkat solusi di atas juga, menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini terasa begitu menyenangkan dan penuh semangat. Yeah.

Eh kalian gimana nih ? Masih semangat seperti Aku kan?. Sippp. Yuk maksimalkan ibadah di hari-hari menjelang berakhirnya bulan suci ini. Dan semoga kita masih bisa bertemu dengan Ramadhan berikutnya. Amin.


Referensi
http://www.rumahfiqih.com/x.php?id=1190236045&=hadits-tidurnya-orang-puasa-adalah-ibadah.html
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/mengatasi.dehidrasi.dan.kulit.kering.ketika.puasa/005/005/9


13 comments:

  1. 2 4 2... selalu ga sanggup menuhin yang 4nyaa..xixixi..

    ReplyDelete
  2. Kalau tidur malah pusing, lemes, mendingan tetep beraktitivitas memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh mbak lus, mending trs beraktivitas

      Delete
  3. tapi kalau tidur di bulan Ramadhan, bangunnya suka berasa haus banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena kehilangan cairan tanpa disadari mak chi :)

      Delete
  4. Heheee.. Mentang mentang puasa jadi bobo teruuuus... Aku suka hemat aktivitas memang, apalagi di sini lagi summer.. Tapi jadi seneng banget minum air putih

    ReplyDelete
  5. aku kalo kebanyakan tidur malah puyeng mbak, paling kalo emang lagi cape banget, habis itu masih haus juga

    ReplyDelete
  6. minum dengan air putih sangat bagus buat kesehatan tubuh kita ya mba

    ReplyDelete
  7. walopun tidur pas bulan ramadhan itu ibadah tapi klo dibuat tidur terus kan makin lemes ya mbak, mending aktivitas tp yg gak menguras energi

    ReplyDelete
  8. keceee bikin komiknya..
    aku sukaaa

    ReplyDelete
  9. Ternyata minum Aqua aja ada jurusnya 242 haha

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)