Monday, November 9, 2015

Ayo Lawan Kanker Payudara

Iya, ayok, kita lawan kanker payudara. Sekarang. Jangan nanti nanti. Di mulai dari diri sendiri, lalu orang-orang terdekat, sekitar kita, hingga masyarakat luas. Karena, dari beberapa tulisan tentang kanker payudara yang aku baca, kanker payudara  bisa menyerang siapa saja. Iya siapa saja. Siapa saja yang mengalami hal seperti di bawah ini :


Jujur, dulu, aku pikir kanker payudara hanya menyerang orang yang keluarganya memiliki riwayat kanker saja. Namun ternyata aku salah besar. Mengetahui hal tersebut, aku tak boleh indehoy lagi donk. Harus lebih waspada.

Ya, harus lebih waspada. Caranya adalah dengan melakukan SADARI dan mempraktekkan beberapa cara mencegah datangnya kanker di payudara. Seperti infografis yang tertera di bawah ini.


Lebih baik mencegah daripada mengobati kan ?. Lebih baik waspada daripada nantinya menyesal sendiri. Lebih baik deteksi sejak dini dengan melakukan sadari daripada deteksi nanti-nanti tapi sudah stadium segini. Karena dengan deteksi sejak dini, maka insyaAllah, si kanker dapat distop penyebarannya.




Begitulah informasi yang aku dapat dari hasil blogwalking ke salah satu blogger keren, Indah Nuria Savitri , yang sedang disapa oleh kanker payudara. Di dalam postingannya, mbak indah mengatakan bahwa setelah ia menjalani mastektomi, operasi payudara, lalu langkah selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa tahapan yang salah satunya adalah kemoterapi untuk menghentikan penyebarannya di tubuh yang lain bahkan mungkin bisa sampai mematikan sel sel kanker payudara tersebut. Dengan demikian, jika dapat mendeteksi kanker payudara sejak dini, maka peluang untuk terbebas darinya amatlah besar. 

Jadi tunggu apa lagi, ayok, kita lawan kanker payudara. Dimulai dari diri sendiri lalu sebarkan ke banyak orang. Semoga dengan melakukan hal ini, kita, orang-orang yang kita cintai, dan semuanya bisa terbebas dari kanker payudara. Amiiinnn. Fight breast cancer. #GoPink. 


Referensi :
http://tabloidnova.com/Kesehatan/Wanita/Siapa-Yang-Berisiko-Lebih-Tinggi-Terkena-Kanker-Payudara
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/8.fakta.penting.tentang.kanker.payudara/005/005/183
http://health.liputan6.com/read/2316906/5-makanan-ini-bisa-picu-kanker-payudara?p=1
https://www.dokter.id/berita/10-cara-mencegah-kanker-payudara

7 comments:

  1. Perempuan kudu harus lebih sadar kesehatannya sendiri.

    ReplyDelete
  2. Peempuan memang harus lebih waspada terhadap penyakit yang satu ini.

    ReplyDelete
  3. Healthy living with healthy thinking.
    Dulu mendengar kanker, serti cuma nonton di tv.
    Sekarang tiba-tiba, ada saudara - teman dekat, tetangga ikutan terkena kanker.
    Menjadi takut dan parno bukan pilihan bijak. Krn teman sy yang survivor kanker sering bilang, yang mengendalikan kita adalah pikiran.
    Berpikirlah sehat, maka kau akan sehat.
    Begitulah.
    Makasihnsharingnya ya mbak Inda. Salam kenal dari Surabaya.

    ReplyDelete
  4. Nice share mba.. memang pengetahuan ttg ini hrs di pupuk trs.. biar bs tau sejak dini ya.. thanks jg buat mba indah yg byk bgt ngasi info seputar ini..

    ReplyDelete
  5. Sadari emang penting mbak..kita harus rajin tiap bulan :)

    ReplyDelete
  6. Thanks for joinin my GA #finishthefight #gopink #breastcancerawareness ya mak..Semoga semakin banyak yang sadar akan bahayanya dan cara pengobatan maupun menghindarinya.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)