Skip to main content

Terlambat Bicara Bukan Berarti Nggak Bisa Bicara

Orang mah kadang suka asal kalau ngasih pendapat. Si Anu begini Si Itu begitu, tanpa tahu atau kenal betul dengan si anu atau si itu. Asal nyeplos aja. Kalau menghadapi orang model gitu memang butuh kesabaran extra. Soalnya kata-katanya itu looohh, bikin hati geremet geremet.

Iya, aku pernah bertemu dengan orang yang seperti itu dan perkataannya berhasil bikin aku pengen makan pete banyak banyak trus aku kasih orang itu jurus maut nafas nagaku, HAH HAH HAAAAHHHHH. Biar nyahok. Gimana nggak kezel, la wong si ken dibilang bisu, nggak bisa bisa ngomong. Hadeehhhh.

Sebagai emak penegak kebenaran *dengan kekuatan bulan akan menghukummu, aku berusaha menjelaskan kepada orang orang tersebut bahwa si ken tidak demikian, bukan tidak bisa ngomong, atau bisu. Si ken cuma terlambat bicara karena dia adalah tipe anak kinestetik.

Secara umum, ciri-ciri tipe pembelajar kinestetik itu seperti ini nih :
Suka menyentuh, merasakan, dan memegang sesuatu.
Rentang perhatian pendek.
Menyukai kegiatan yang membuatnya terus bergerak dan bekerja.
Lebih memilih untuk menunjukkan daripada menjelaskan sesuatu.
Mereka dapat mempelajari sesuatu dengan tangan secara lebih baik, suka mencoba segala sesuatu sendiri.

Kalau dilihat di point kedua, itulah salah satu alasannya mengapa si ken yang merupakan anak kinestetik terlambat bicara. Bukan karena emaknye kagak pernah ngajak ngobrol nih ?. Ow ow ow, tentu saja tidak. Mungkin kalau mulutku ini mesin, udah protol segala bautnya, saking seringnya berusaha ngajak si ken ngobrol, nyanyi, bacain cerita, menjelaskan ini itu saat jalan jalan, nonton tv, dan lain sebagainya. Tapi ya gitu, begitu buku cerita aku buka, tidak berapa lama kemudian, si ken sudah kabur. Begitu juga saat aku ajak ngobrol, si ken nampak nggak peduli sama sekali dan sibuk dengan showroom mobilnya. Cuek bebek dah pokoknya. Lain halnya kalau aku ajak main ayun ayunan, jungkat jungkit, renang, dan mencoba beberapa wahanan outbond, si ken semangat bukan main. Langsung berani dan bisa.

Tapi alhamdulillah, sekarang aku sudah nggak seperti ngomong sama tembok lagi soalnya si ken sudah mau ngobrol, ngomong ini itu, bahkan kalau ngomong seperti pakek nada. Lucu. Akhirnyaaaa. Kerja keras berbuah muanis. Semanis akyu *huwek.

Jadi sekarang, alhamdulillah, nggak ada lagi yang bilang ken bisu atau nggak bisa bicara. Tapi kalau masih ada yang bilang si ken begitu, beuugghh, siap siap aja nyisanak, bakal aku sihir jadi mak lampir *wuuss.

Referensi :
www.parenting.co.id

Baca juga :

Si Kecil Terlambat Bicara
Menyapih Si Kecil
Mengenalkan Gaya Hidup Sehat Untuk Si Kecil
Mengarahkan Hobi Anak Agar Gemar Membaca
Belajar Mengelompokkan Bentuk

Comments

  1. Ampuuun mak... Hehehe.
    Tiap anak memang beda kondisi makanya tahap perkembangannya beda-beda. Alhamdulillah jika Ken sudah ada kemajuan. Emaknya hebat sie.

    ReplyDelete
  2. Semoga Ken makin cerdas ya mak... pastilah..emaknya juga hebattt

    ReplyDelete
  3. Dulu Faris juga telat ngomong Mak.20 bulan masih bubling.Emaknya parno.Akhirnya terapi seminggu dua kali..Alhamdulilah ya Ken sudah bisa ngobrol ceriwia sekarang.

    ReplyDelete
  4. kebetulan ada ponakan yg sudah umur 2 tahunan tapi kosa katayg dipunya masih dikit...katanya ibuku sih, bukan gak bisa ngomong tapi belum waktunya saja..
    ehm..kalau dari ciri-cirinya ponakan memang termasuk anak yg kinestetik, banyak gerak gitu :)

    ReplyDelete
  5. Ini si kecilku usia 18,5 bulan juga blm bisa ngomong, Mak. Tp ya masih dlm batas wajar, kan? Jadi ya gak khawatir amat. Doain biar bisa lekas ngomong ya, Mak :)
    *malah curcol :D

    ReplyDelete
  6. kalau keponakan saya sudah hampir 3 tahun tapi ngomongnya masih kurang jelas mbak.
    kayak Laju Prima tapi kedengarannya bilang Baju Lima
    semoga ade Ken kesininya makin lancar ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Setuju, terlambat bicara bukan berarti gak bisa bicara. Mengapa? Karena setiap anak pasti memiliki kondisi yang berbeda untuk masalah yang satu ini.

    ReplyDelete
  8. anakku juga dlu telat bicara mbak, di saat anak seusianya sudah memiliki banyak kosa kata anakku baru sedkit kosa katanya..
    rasanya sedih banget dibanding-bandingin sama anak lain bahkan oleh neneknya sendiri..

    biasanya kalo ada yang mulai bertanya kenapa anakku belum pandai bicara saya hanya menjawab bahwa setiap anak itu memiliki pertmbuhan yang berbeda-beda dan saya katakan bahwa perkembangan anak laki-laki memang lebih lambat dari anak perempuan (karena anak yang banding-bandingkan sama anak saya semuanya perempuan) *maaf curcol mbak*

    selamat ken sayang, akhirnya kamu bisa ngomong nak :*

    ReplyDelete
  9. tenang mak...anak tetanggaku juga ada yg gitu, 2 tahun ogah bicara, sampe dibawa ke psikiater anak sama mamanya. sekalinya dia mau bicara, cerewetnya bukan main

    ReplyDelete
  10. ada yang duluan biasanya ada yang terlambat mak....semuanya tetap istimewa...:)

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah ya, mak. kalau anak biasanya tergantung stimulasi bicaranya, kalo sering diajak bicara jadi ikutan ceriwis :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

20 Foto Kreatif Bayi di Atas Kasur! Nomor 18 Greget!

Hai hai sobat Finspi.
Kasur merupakan salah satu tempat ternyaman bagi seorang bayi. Karena nih seperti kita tahu, seorang bayi dapat menghabiskan waktu 18 jam hanya untuk tidur. Terlepas dari hal itu, kasur merupakan tempat paling empuk dan nyaman untuk digunakan bermain oleh siapa saja. Termasuk kita-kita nih. Iya kan ?.
Dulu, waktu kecil, pasti kalian sering bermain di kasur bukan ? Tos dulu kita, sama. Hahayyy. Aku juga dulu suka bermain di kasur. Bermain sama Adek. Mulai dari bermain lempar guling, saling menggelitik, atau bermain petak umpet di balik selimut. Tidak hanya seru, tapi juga nyaman. Secara nih, mainnya di kasur. Jadi kan empuk gitu.  
Nah, kali ini Finspi Asia membahas hal-hal keren yang berhubungan dengan bayi dan kasur. Hal tersebut dimulai saat sang orang tua memanipulasi gaya tidur si anak di kasur. Meski hanya di atas kasur dan bermodalkan alat-alat seadanya, namun karya ini SANGAT LUAR BIASAlho!.

Bagaimana tidak, karya-karya di bawah ini sangat menakjubkan dan ten…