Saturday, November 7, 2015

Terlambat Bicara Bukan Berarti Nggak Bisa Bicara

Orang mah kadang suka asal kalau ngasih pendapat. Si Anu begini Si Itu begitu, tanpa tahu atau kenal betul dengan si anu atau si itu. Asal nyeplos aja. Kalau menghadapi orang model gitu memang butuh kesabaran extra. Soalnya kata-katanya itu looohh, bikin hati geremet geremet.

Iya, aku pernah bertemu dengan orang yang seperti itu dan perkataannya berhasil bikin aku pengen makan pete banyak banyak trus aku kasih orang itu jurus maut nafas nagaku, HAH HAH HAAAAHHHHH. Biar nyahok. Gimana nggak kezel, la wong si ken dibilang bisu, nggak bisa bisa ngomong. Hadeehhhh.

Sebagai emak penegak kebenaran *dengan kekuatan bulan akan menghukummu, aku berusaha menjelaskan kepada orang orang tersebut bahwa si ken tidak demikian, bukan tidak bisa ngomong, atau bisu. Si ken cuma terlambat bicara karena dia adalah tipe anak kinestetik.

Secara umum, ciri-ciri tipe pembelajar kinestetik itu seperti ini nih :
Suka menyentuh, merasakan, dan memegang sesuatu.
Rentang perhatian pendek.
Menyukai kegiatan yang membuatnya terus bergerak dan bekerja.
Lebih memilih untuk menunjukkan daripada menjelaskan sesuatu.
Mereka dapat mempelajari sesuatu dengan tangan secara lebih baik, suka mencoba segala sesuatu sendiri.

Kalau dilihat di point kedua, itulah salah satu alasannya mengapa si ken yang merupakan anak kinestetik terlambat bicara. Bukan karena emaknye kagak pernah ngajak ngobrol nih ?. Ow ow ow, tentu saja tidak. Mungkin kalau mulutku ini mesin, udah protol segala bautnya, saking seringnya berusaha ngajak si ken ngobrol, nyanyi, bacain cerita, menjelaskan ini itu saat jalan jalan, nonton tv, dan lain sebagainya. Tapi ya gitu, begitu buku cerita aku buka, tidak berapa lama kemudian, si ken sudah kabur. Begitu juga saat aku ajak ngobrol, si ken nampak nggak peduli sama sekali dan sibuk dengan showroom mobilnya. Cuek bebek dah pokoknya. Lain halnya kalau aku ajak main ayun ayunan, jungkat jungkit, renang, dan mencoba beberapa wahanan outbond, si ken semangat bukan main. Langsung berani dan bisa.

Tapi alhamdulillah, sekarang aku sudah nggak seperti ngomong sama tembok lagi soalnya si ken sudah mau ngobrol, ngomong ini itu, bahkan kalau ngomong seperti pakek nada. Lucu. Akhirnyaaaa. Kerja keras berbuah muanis. Semanis akyu *huwek.

Jadi sekarang, alhamdulillah, nggak ada lagi yang bilang ken bisu atau nggak bisa bicara. Tapi kalau masih ada yang bilang si ken begitu, beuugghh, siap siap aja nyisanak, bakal aku sihir jadi mak lampir *wuuss.

Referensi :
www.parenting.co.id

Baca juga :

Si Kecil Terlambat Bicara
Menyapih Si Kecil
Mengenalkan Gaya Hidup Sehat Untuk Si Kecil
Mengarahkan Hobi Anak Agar Gemar Membaca
Belajar Mengelompokkan Bentuk

11 comments:

  1. Ampuuun mak... Hehehe.
    Tiap anak memang beda kondisi makanya tahap perkembangannya beda-beda. Alhamdulillah jika Ken sudah ada kemajuan. Emaknya hebat sie.

    ReplyDelete
  2. Semoga Ken makin cerdas ya mak... pastilah..emaknya juga hebattt

    ReplyDelete
  3. Dulu Faris juga telat ngomong Mak.20 bulan masih bubling.Emaknya parno.Akhirnya terapi seminggu dua kali..Alhamdulilah ya Ken sudah bisa ngobrol ceriwia sekarang.

    ReplyDelete
  4. kebetulan ada ponakan yg sudah umur 2 tahunan tapi kosa katayg dipunya masih dikit...katanya ibuku sih, bukan gak bisa ngomong tapi belum waktunya saja..
    ehm..kalau dari ciri-cirinya ponakan memang termasuk anak yg kinestetik, banyak gerak gitu :)

    ReplyDelete
  5. Ini si kecilku usia 18,5 bulan juga blm bisa ngomong, Mak. Tp ya masih dlm batas wajar, kan? Jadi ya gak khawatir amat. Doain biar bisa lekas ngomong ya, Mak :)
    *malah curcol :D

    ReplyDelete
  6. kalau keponakan saya sudah hampir 3 tahun tapi ngomongnya masih kurang jelas mbak.
    kayak Laju Prima tapi kedengarannya bilang Baju Lima
    semoga ade Ken kesininya makin lancar ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Setuju, terlambat bicara bukan berarti gak bisa bicara. Mengapa? Karena setiap anak pasti memiliki kondisi yang berbeda untuk masalah yang satu ini.

    ReplyDelete
  8. anakku juga dlu telat bicara mbak, di saat anak seusianya sudah memiliki banyak kosa kata anakku baru sedkit kosa katanya..
    rasanya sedih banget dibanding-bandingin sama anak lain bahkan oleh neneknya sendiri..

    biasanya kalo ada yang mulai bertanya kenapa anakku belum pandai bicara saya hanya menjawab bahwa setiap anak itu memiliki pertmbuhan yang berbeda-beda dan saya katakan bahwa perkembangan anak laki-laki memang lebih lambat dari anak perempuan (karena anak yang banding-bandingkan sama anak saya semuanya perempuan) *maaf curcol mbak*

    selamat ken sayang, akhirnya kamu bisa ngomong nak :*

    ReplyDelete
  9. tenang mak...anak tetanggaku juga ada yg gitu, 2 tahun ogah bicara, sampe dibawa ke psikiater anak sama mamanya. sekalinya dia mau bicara, cerewetnya bukan main

    ReplyDelete
  10. ada yang duluan biasanya ada yang terlambat mak....semuanya tetap istimewa...:)

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah ya, mak. kalau anak biasanya tergantung stimulasi bicaranya, kalo sering diajak bicara jadi ikutan ceriwis :D

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)