Friday, November 20, 2015

Tips Cepat Hamil Setelah Kuret

Tips Cepat Hamil Setelah Kuret ini adalah langkah-langkah yang aku lakukan sendiri setelah kuret. Dan alhamdulillah 3 bulan setelah kuret aku hamil lagi. Penyebab aku kuret adalah blighted ovum. Kehamilan kosong. Kantong ada tapi janin tidak berkembang.

Pada awalnya aku tidak tahu bahwa kehamilanku ini adalah kehamilan kosong. Karena tanda-tanda kehamilan yang aku alami seperti pada umumnya. Seperti sering buang air kecil, mual, dan ada tanda dua garis juga yang tertera di testpack. Ya, seperti hamil pada umumnya. Oleh sebab itulah aku hanya rutin memeriksakan kehamilanku di bidan saja.

Hal ini terus berlanjut hingga menuju usia kandungan 3 bulan. Ya saat usia kandungan menuju 3 bulan, tiba tiba ada flek (bercak darah) di pakaian dalam yang terus keluar dan tak kunjung berhenti. Karena khawatir, aku memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dan dokter pun mengatakan bahwa keluar flek saat hamil adalah hal yang wajar dan biasa terjadi dan flek pun akan berhenti keluar dalam beberapa hari. Akan tetapi jika flek yang keluar tak kunjung berhenti maka kemungkinan ada sesuatu yang terjadi pada kehamilan tersebut. Dan untuk kasusku adalah blighted ovum.

Karena sudah jelas permasalahannya apa, jadi aku dan suami sepakat untuk mengikuti saran dokter agar segera melakukan kuret. Semakin cepat semakin baik.

Setelah melakukan kuret, tentu saja aku ingin hamil secepatnya donk. Meskipun dokter mengatakan bahwa pada umumnya kehamilan akan terjadi lagi setelah 5-6 bulan setelah kuret. Jadi aku berusaha semaksimal mungkin, semampuku untuk mewujudkan keinginanku itu.

Adapun langkah langkah yang aku lakukan adalah :

Disiplin konsumsi obat yang diberikan dokter setelah kuret.
Setelah kuret, aku diharuskan untuk bedrest 3 hari dan disiplin konsumsi obat yang diberikan dokter. Awalnya berat, apalagi harus rajin konsumsi obat. Tapi perasaan enggan bin malas bin aras arasen itu aku singkirkan jauh jauh dan aku ganti dengan "semangat, biar cepet hamil lagi".

Disiplin konsumsi vitamin untuk kandungan
Setelah berakhirnya masa konsumsi obat dari dokter, aku lanjutkan dengan konsumsi vitamin untuk kandungan. Atau bisa juga dengan minum susu untuk persiapan kehamilan.

Konsumsi makanan bergizi dan baik untuk kandungan
Ada banyak makanan yang baik untuk kandungan, seperti kecambah, kacang panjang, kacang hijau, dan aneka macam sayuran lainnya. Begitu juga dengan lauk pauknya, seperti daging, ikan, telur, dan lain sebagainya. Kalau untuk buah lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang karena pisang mengandunga kadar asam folat yang cukup tinggi. Kurangi atau hindari konsumsi makanan instan.

Perhatikan kondisi kesehatan
Yup, perhatikan kondisi kesehatan. Jangan terlalu lelah dan terapkan gaya hidup sehat.

Perhatikan masa subur
Karena di masa ini ada lendir yang membantu perjalanan sperma menuju sel telur. (baca : cara mudah menghitung masa subur tanpa perhitungan kelender).

Berpikir positif
Tak dapat dipungkiri. Ada rasa sedih yang dirasakan setelah menjalani kuret. Dan tak dapat dipungkiri juga, perasaan menjadi lebih sensitif. Iya, aku juga mengalami hal itu. Saat ada yang mengatakan sesuatu yang menurutku membuat perasaanku tak enak, rasanyaaaa, beuugghh, sedih bin hancur bin lalu nangis sesenggukan. Tapi setelah aku pikir kembali, memiliki perasaan sensitif begitu tidak ada untungnya malah akan mengundang yang namanya stress. Jadi sebisa mungkin aku berusaha untuk berpikir positif.

Perbanyak ibadah
Bukan pencitraan apalagi bermaksud untuk riya'. No no no. Saat aku memantabkan hati ingin segera hamil lagi, saat itu juga aku mulai mengoreksi ibadah yang aku lakukan lalu melist ibadah ibadah yang harus aku lakukan. Seperti Memperbanyak istighfar, istiqomah sholat dhuha, perbanyak membaca ayat suci al qur'an, berusaha istiqomah sholat tahajud meskipun lebih sering bolongnya, puasa sunnah senin kamis, sedekah dan silaturahim.
Saat itu, aku hanya berharap, ibadah ibadah yang aku lakukan itu dapat merayu Sang Kholik agar mau menitipkan amanah lagi kepadaku.

Tawakal
Ini adalah puncaknya. Setelah memaksimalkan usaha, aku memilih untuk memasrahkan hajatku kepadaNya. Dialah yang Maha Mengetahui yang terbaik untuk hambaNya. Kapan saat yang tepat dan segala sesuatunya. Kita hanya harus meningkatkan kadar kesabaran saja. Karena, Innallaha ma'asshobiriin.

Ingat, kuret bukan akhir segalanya. La tahzan yow.

***
Baca baca ini juga boleehhh :D

Hamil dan Asma

Menghitung Gerakan Janin Saat Trimester Ketiga

Membaca Ayat-ayat Al Quran Saat Hamil

Overdosis Rumput Siti Fatimah

8 comments:

  1. Yang penting tetep semangat dan positif thingking ya bun

    ReplyDelete
  2. Aku abis kuret disuruh jgn Hamil Dulu sblm 3 bulan. Dikau gitu juga ga mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mak, cm disuruh jga kesehatan plus konsumsi yg bergizi, biar rahimnya cepet pulih en bisa segera ditempati janin lg,..
      mungkin stiap dokter beda2 kali ya mak..
      yoyoyw, semangat mak, ikhtiar lg dan semoga Allah sgera menitipkn amanah lg ke dirimu ya mak, amiiiinnnn...
      segera kunbal :)

      Delete
  3. Semoga diberikan kesempatan kembali ya Mbak untuk hamil. Selalu sehat selalu

    ReplyDelete
  4. nggak mau bayangin rasanya di kuret,kata adikku sakitnya lebih dari melahirkan yaa mbak..sing sabar yaa..semoga Ken segera dapat adik..

    ReplyDelete
  5. adik ku pernah dikuret tapi beberapa bulan setelahnya subur lagi

    ReplyDelete
  6. harus disiplin dna selalu positif thinking kuncinya, ya :)

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)