Thursday, January 28, 2016

Asyiknya Mencuci Tanpa Deterjen

Asyiknya Mencuci Tanpa Deterjen dengan Ecowash Laundry Ball ~ Dari segambreng pekerjaan rumah tangga yang harus aku lakukan nih, ada satu pekerjaan yang paling aku suka. Yaitu, goler goler di kasur *halah. Nggak bukan itu. Pekerjaan rumah tangga yang paling aku suka adalaaahhhh MENCUCI. Yeayyyy *mulai lebayyyy.

Alasanku suka mencuci adalah karena mencuci berhubungan dengan air, nah kalau air paling cocok bekerja di bidang ngerawat kuda nil *apa sih iniih*, hehe. Iya kalau berhubungan sama air kan rasanya seger bin nggak bikin gerah. Selain itu, mencuci juga bisa membuatku seperti sedang bermain peran sebagai bajak laut. Macam jack sparrow gitu yang suka memburu harta karun. Bedanya kalau si jack nyari harta karunnya di samudra sementara aku di kantong baju si ayah *ahayyyy.

Dua alasan itulah yang membuat aku selalu tersenyum manis nan indah mempesona. Layaknya bidadari yang kecemplung empang. Saat melihat baju baju kotor yang menggunung tinggi, tinggi sekali itu. Entah kenapa bisa setinggi itu. Padahal aku nyuci baju sudah setiap 2 atau 3 hari sekali loh. Belum sampek seminggu. Pernah juga sih aku nyuci 1 minggu sekali dan berhasil membuat teras rumah aku jadi seperti area jual baju bekas.

Setelah itu, nggak lagi lagi deh nyuci seminggu sekali kecuali kalau kulit jari jariku ini mulai nggelodoki alias terkelupas dan gatal. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kulitku terlalu sering terpapar deterjen. Baik itu saat berusaha menghilangkan noda membandel di baju atau bolot membandel yang biasanya ada di kerah baju, pergelangan lengan baju dan beberapa bagian lainnya.

Inilah penghalang tumbuh suburnya cintaku pada kegiatan mencuci ini *uhuy. Yang membuat kegiatan mencuci jadi tidak asyik lagi. Andai saja kulit jari-jariku ini nggak seperti itu. Pasti aku sudah buka usaha laundry baju *eyak. hehe.

Tapi alhamdulillah. Penghalang cintaku pada aktivitas mencuci tak berlangsung lama. Sebab aku sudah punya solusinya nih. Nah solusinya adalah Nggak Usah Pakai Deterjen. Loh.

Sekarang aku nyuci baju nggak selalu pakai deterjen, tapi lebih sering pakai Laundry Ball. Apa itu laundry ball ?. Ecowash Laundry ball ini adalah bola pencuci pengganti deterjen hasil inovasi baru yang diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih dan modern bersertifikasi standar internasional di Eropa. Terbuat dari bebatuan mineral alami berkualitas tinggi. Nah butiran keramik mineral alam tersebut memiliki kemampuan merubah pH air seperti sifat deterjen yang mampu membersihkan noda dan mencuci pakaian. Sekian dan terima kasih. hehe.



Mencuci menggunakan Ecowash laundry ball ini nggak hanya membuat kegiatanku mencuci baju orang orang rumah menjadi lebih asyik. Akan tetapi juga banyak manfaatnya. Seriusan.

Pertama
Aman untuk kulit apabila bersentuhan secara langsung sekalipun. Terutama kulit yang sensitif atau alergi-an seperti aku ini. Karena, di lembaran yang aku baca, ada keterangan yang mengatakan bahwa laundry ball tidak mengandung residu maupun bahan kimia berbahaya.

Kedua
Ini cocok banget dipakai untuk mencuci pakaian bayi dan anak anak juga cloth diapers. Karena ya itu tadi. No residu No bahan kimia berbahaya.


Ketiga
Karena no bahan kimia jadi bisa dikatakan laundry ball ini ramah lingkungan. Tidak merusak ekosistem air. So bisa ikut GO GREEN donk yak. Sipsip.


Ke-empat
Meskipun laundry ball ini tidak ada bahan kimianya, tapi tetap ampuh menghilangkan bau tak sedap di pakaian. Celana si ken yang pesing saja bisa hilang loh baunya. Beneran. Dan meskipun pakaian dijemur tidak terkena matahari langsung, bau pakaian juga tidak apek. Selain itu juga, waktu aku kelupaan nge-rendam baju nih, ternyata rendamannya tidak bau sama sekali. Padahal kan biasanya kalau nge-rendam baju terlalu lama bisa bikin rendamannya bau kan ?.

Nggak apek, meskipun dijemur di sini


Ke-lima
Sekali lagi nih, meskipun nggak ada bahan kimianya, tapi hasil cucian tetap bersih koq. Kalau ada kotoran atau noda membandel bisa digosok pakai Stick Penghilang Noda. Dan.... ting.. kotoran di kerah baju si ayah pun jadi hilang.

Before


After

Ke-enam
Mencuci pakai laundry ball ini sama sekali nggak ada busa sabunnya loh. Jadi cukup satu kali bilas aja selesai dah.


Ke-tujuh
Karena satu kali bilas, berarti kita bisa hemat air, hemat listrik (kalau pakai mesin cuci), dan hemat tenaga.


Ke-delapan
Menurut lembaran tentang laundry ball ini, bola pencuci pengganti deterjen ini bisa digunakan hingga 1000x cuci loh. Asalkan digunakan sebagaimana aturan pakai yang ada di lembaran tersebut. Berarti dengan begini, pengeluaran untuk membeli deterjen bisa dicoret *aseg.


Ke-Sembilan
Karena hemat air, hemat listrik, mengurangi pengeluaran untuk membeli deterjen, berarti bisa dibilang dengan laundry ball ini kita bisa hemat biaya juga. Duuhhh senengnyaaa *saya suka saya suka. hehe.


Ke-Sepuluh
Laundry ball ini bisa dipakai untuk segala jenis mesin cuci. Juga bisa digunakan secara manual alias mencuci menggunakan tangan. Cara memakainya juga sangat mudah dan praktis. Sudah aku praktekin. Kira kira tahapannya seperti di bawah ini nih :


Mencuci dengan Mesin Cuci Menggunakan Ecowash Laundry Ball
● Masukkan pakaian dan laundry ball ke dalam mesin cuci.



● Utk memaksimalkan daya cuci, rendam pakaian bersama Ecowash laundry ball selama kurang lebih 30 menit.
● Setting mesin cuci seperti biasa.
● Pencet 'start', tunggu hingga proses membilas dan mengeringkan selesai.



● Angkat pakaian lalu jemur, sementara si Ecowash laundry ball disimpan di tempat yang kering.


Mencuci Secara Manual (dengan Tangan) Menggunakan Ecowash Laundry Ball
● Letakkan pakaian dan laundry ball ke dalam bak yang sudah terisi air.



● Supaya hasil lebih maksimal, rendam pakaian bersama laundry ball selama  kurang lebih 30 menit.
● Aduk dan putar pakaian di dalam bak selama beberapa menit. Mengaduknya jangan seperti ngaduk kuah kare ayam ya, tapi adukannya penuh tenaga sampai bajunya ikut begerak berputar. Yaaa seperti adukan mesin cuci gitu.
● Kucek lalu bilas pakaian.
● Peras pakaian lalu di jemur dan simpan laundry ball di tempat yang kering.


Gimana ?. Cara menggunakan Ecowash Laundry Ball  ini benar benar mudah dan praktis bukan ?. Manfaatnya juga bejibun. Dan yang paling penting kulit aku jadi aman nih. Tidak khawatir akan terkelupas dan gatal lagi. Mencuci jadi makin asyik, happy dan full semangat. Mau setumpuk kek, dua tumpuk baju kotor kek, atau tiga tumpuk, hajaaarrr. Nggak jadi masalah.

Ah senengnyooooo. Jadi beneran pengen buka usaha laundry baju aja nih daku *eyak. Ada yang mau laundry ?. Jom kirim ke sini yak. :D

19 comments:

  1. Menarik juga tuh laundry ball-nya. Kalau saya setiap kali mencuci pasti bakalan buat kulit tangan jadi cepat terkelupas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samak, tapi pakai laundry ball ini gk ada lg yg namanya tgn terkelupas loh. seriusan.

      Delete
  2. Wahh boleh juga tuh,beli dmn mba?harganya berapa?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh, :D.
      laudry ball nya punya ecowash mbak, harganya jg terjangkau bgd

      Delete
  3. Wah bisa dipakai 1000x berati ndak harus beli berkali-kali kayak deterjen donk. Etapi harganya mahal ya Mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya nyaman di kantong koq mbk tarry, terutama di kantong emak2 heh3

      Delete
  4. Baru tahu ada laundry ball.
    Idem nanya beli dimana, harganya berapa?
    Kalau bisa pakai kan, ngirit itu.

    ReplyDelete
  5. woooh...dulu zaman smp pernah lihat bola ginian di majalah. tapi bola yang itu ada tiga, fungsinya membantu mesin cuci biar pakaian lebih bersih. cuma di situ nggak disebutkan nyucinya pakai deterjen atau nggak soalnya waktu itu kalo nggak salah masih berupa penemuan baru.

    ReplyDelete
  6. bikin penasaran euy... beli di mana mak?

    ReplyDelete
  7. hemat banget yah Mbak :)
    uang buat beli detergen bisa dipake buat beli keperluan rumah tangga yang lain :)

    ReplyDelete
  8. sudah lama liat iklan ini wara wiri ternyata terbukti ya mbaaa ramah lingkungan

    ReplyDelete
  9. Pernah baca tentang ini tapi belum perbah praktek mbak Inda. Kayaknya perlu dicoba deh kalau sudah ada rekomendasi kan jadi tambah mantap ya mbak :)

    ReplyDelete
  10. Wah keren juga ya. Selama ini terbiasa puas pake busa yg banyak pdhl nggak ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  11. Hahahaha.. Aku selalu ingin beli washing ball ini, tapi urung karena gak tau cara pakai nya.. Oohh ternyata begini ya. Makasih info nya ^.^

    ReplyDelete
  12. Ahhhh mau nyobain nih

    Paling males klo dah beres nyuci, e ternyata bgian kerahnya masih ada yang kotor huhu

    ReplyDelete
  13. Ahhhh mau nyobain nih

    Paling males klo dah beres nyuci, e ternyata bgian kerahnya masih ada yang kotor huhu

    ReplyDelete
  14. wow baru tahu ada laudry ball...*kudet* pengen nyoba, lumayan bis ahemat air banyak ya klo bilasnya hanya sekali eh tapi kalau bilasnya hanya sekali apa ga masih licin kainnya karena ph masih ph basa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak koq mbak, keset koq, hehe, beneran,

      Delete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)