Wednesday, August 31, 2016

Antar Si Kecil Menuju Masa Depan Gemilang dengan Mempersiapkan Dana Pendidikan Untuknya

Ternyata, seperti ini ya yang dirasa oleh orangtua. Selalu  saja ada keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati. Terutama untuk masa depannya nanti. Pasti akan ada rasa bahagia yang menyeruak di dada saat melihat si kecil berhasil meraih apa yang ia cita-citakan. Apalagi saat bisa menyaksikan si kecil mulai menapaki masa depannya dengan gemilang dan penuh suka cita. Itu pasti menjadi moment yang paling bahagia bukan ?.

Memang, untuk saat ini, si ken belum paham dengan makna cita-cita. Namun ia telah menunjukkan beberapa bakat yang ia miliki. Salah satunya yaitu menggambar.
Perahu mobil

Aneka macam kendaraan

Bunga-bunga dimana-mana

Oleh sebab itulah, aku dan suami sangat ingin bisa mendukung dan mengantarkan si kecil menuju masa depan gemilang dengan cara mempersiapkan dana pendidikan untuknya.

Si Kecil Ken sedang menata kota mini miliknya
Jika membicarakan soal mempersiapkan dana pendidikan untuk si kecil, maka kita harus menjadikan kondisi ekonomi sebagai acuan saat mengkalkulasi dana pendidikan yang harus kita siapkan nanti. Sekarang hingga kondisi ekonomi ke depan nanti.

Kondisi ekonomi Indonesia
Menurut Kemenkeu, perekonomian Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan sekitar 6%. Namun sayangnya pertumbuhan ekonomi tersebut tidak terasa sampai ke ekonomi rumah tangga. Sebab harga kebutuhan pokok, sampai saat ini, masih membuat ibu rumah tangga seperti aku ini menelan ludah 'GLEK' saat mendengar abang bakul sembako menyebutkan harga dari bahan-bahan dapur yang akan aku beli.

"Bawang merah seperempat 9ribu mbak, ayam e setengah kilo 16ribu, lombok cilik e sak ons rong ewu limang atus (cabe kecil 1 ons 2000), sop2an 4ribu ae tak kek i (aku kasih ) bonus bawang prei karo seledri ngge mbk, tahu 3rb, tempe 2rb, totale (totalnya) 36 ribu ngge mbk".

GLEK

Noh, belanja untuk dapur saja sudah habis segitu banyak. Belum lagi untuk kebutuhan lainnya. Seperti bayar air, bayar listrik, dan sebagainya. Lalu apa kabarnya nih biaya pendidikan untuk si kecil nanti. Sementara, saat ini, biaya pendidikan untuk di sekolah dasar saja sudah berjut-jut alias jutaan rupiah. Gimana 15 tahun nanti, saat si ken (insyaAllah) lulus sma dan lanjut ke perguruan tinggi ?. Duuuhhh. 

Biaya pendidikan yang terus merangkak naik
Yup, biaya pendidikan saat ini memang menakjubkan. Apalagi sekolah-sekolah yang memiliki kualitas yang alakazam alias oke punya. Pasti biayanya juga luar biasa dan mengalami perubahan setiap tahunnya. Tentu saja biayanya akan bertambah naik atau lebih mahal dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data BPS tahun 2014. Rata-rata kenaikan biaya pendidikan sekitar 10% per tahun. Sementara menurut hasil survey yang dilakukan ZAP Finance, kenaikan tersebut berkisar antara 7%-15% per tahun. Jadi misalkan saja uang pangkal untuk masuk ke perguruan tinggi saat ini sekitar Rp. 50.000.000, maka untuk 15 tahun mendatang, bisa jadi uang pangkal untuk masuk ke perguruan tinggi sebesar Rp. 400.000.000. 

Jujur, fakta ini tentu saja sangat membuat kami khawatir. Khawatir kami tidak mampu mengantarkan si kecil untuk menggapai masa depan yang gemilang. Jadi untuk mencegah hal tersebut terjadi, kami pun segera mencari informasi tentang bagaimana cara atau langkah-langkah yang harus kami ambil dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk si kecil nanti.

Langkah-langkah untuk mempersiapkan dana pendidikan dari Pakar Perencana Keuangan.
Aku dan suami sepakat untuk menggunakan atau menerapkan langkah-langkah mempersiapkan dana pendidikan untuk si kecil dari Prita Hapsari Ghozie, Seorang Pakar Perencana Keuangan dari ZAP Finance. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah pertama :
Diskusikan pendidikan anak sejak anak masih dalam kandungan.
Lakukan survey dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau bisa datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan.
Langkah kedua :
Berdasarkan pilihan favorit orangtua dan anak
Lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan tahun ini
Langkah ketiga :
Sesuaikan kebutuhan dana yang dihitung
Silahkan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan
Langkah keempat :
Periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi

Untuk point pertama, bisa dibilang aku telat lah yah. Sebab aku baru mulai mendiskusikan ini dengan suami saat si kecil berusia 2 tahun dan mulai menunjukkan kecerdasan dominannya. Lalu hasil diskusi aku dengan suami adalah merumuskan kriteria sekolah dasar untuk si kecil ken yakni sebuah sekolah yang didalamnya menanamkan nilai-nilai religius, juga mengedepankan multiple intelligence siswa, tenaga pendidik yang profesional, serta aman. Selanjutnya kami pun melakukan survey, lalu memilah dan memilih sekolah yang sesuai dengan kriteria yang kami buat dan sesuai dengan karakter si kecil ken.

Alhamdulillah, suami pun sudah menemukan sekolah dasar yang memenuhi kriteria yang kami buat. Setelah itu kami pun segera mengkalkulasi dana pendidikan untuk si kecil ken nanti. Tentu saja dengan menggunakan perhitungan yang tepat dan akurat.

Menghitung biaya pendidikan dengan mudah dan memberikan hasil yang tepat
Untuk menghitung dana pendidikan agi si kecil, aku akan menggunakan sebuah alat hitung yang akurat juga tepat dan yang paling utama adalah, alat hitung ini sudah dilengkapi dengan kondisi ekonomi atau rata-rata kenaikan biaya pendidikan per tahun. Alat hitung ini bernama Kalkulator Financial atau Kalkulator Dana Pendidikan

Bagaimana cara mendapatkannya ? Gampang. Tinggal meluncur ke url di bawah ini,
http://www.bekalmasadepan.com/articles/mempersiapkan-masa-depan-pendidikan-anak .

Nah selesai download, aku pun segera memakai kalkulator tersebut serta menggunakan informasi biaya pendidikan di sekolah dasar favorit kami (juga favorit ken nanti, insyaAllah) dan hasilnya sebagai berikut :


Biaya pendidikan yang harus disiapkan untuk si kecil
Hasil di atas menunjukkan berapa banyak dana pendidikan sekolah dasar yang harus aku siapkan untuk si kecil ken nanti. Dan ternyata, banyak ya. Hahayyy. Tabungan baru segitu. Investasi ? Iyup, ini bisa jadi solusi bagiku dan suami. Terutama untuk mempersiapkan biaya pendidikan bagi si kecil ken saat di perguruan tinggi nanti.

Investasi yang bisa aku dan suami lakukan adalah investasi dalam bentuk asuransi pendidikan. Mengapa demikian ?.

Dari artikel yang aku baca dan ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, seorang pakar perencana keuangan, terdapat manfaat yang dapat diperoleh dari investasi dalam bentuk asuransi pendidikan. Yakni dapat memberikan proteksi yaitu perlindungan kepada pemegang polis hingga berusia 99 tahun (tergantung jenis produksi asuransi jiwa). Sehingga, jika anak belum selesai sekolah hingga sarjana nih ya, dan terjadi resiko kematian kepada orangtua, maka anak tetap memiliki dana untuk meneruskan pendidikannya. Seperti itu.

Kemudian, cara lain nih yang bisa aku lakukan dan aku usahakan, untuk mendapatkan dana pendidikan bagi si kecil. Yakni dengan mengikuti Program Bekal Masa Depan Morinaga Chil Go di www.BekalMasaDepan.com . Program Bekal Masa Depan yang digagas oleh Morinaga Chil Go yang merupakan salah satu produk unggulan KALBE Nutritional ini mengajak para orangtua yang memiliki anak berusia 1-12 tahun untuk berbagi ide dalam menstimulasi Multiple Intelligence si kecil. Selain mengajak berbagi ide, program ini juga memberikan peluang untuk mendapatkan dana pendidikan sebesar 500 juta rupiah. Duuhhh. Mantab kan ? Iya donk ya.


Cara ikutnya juga gampang. Kalian bisa lihat langkah-langkahnya di bawah ini :


Nah, gimana ? Kalian jadi pengen ikut juga kan ? Sippp. Ikut daah. Mudah-mudahan jadi rejeki kita yah. Amin.   




23 comments:

  1. semoga anak-anak kita kelak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan bakat dan minatnya yah Mba Inda, dan semoga kita diberi rezeki untuk membiayai pendidikannya, amin..

    ReplyDelete
  2. Aku juga ikutan program BMD loh... buat masa depan Arjuna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siippp, smoga menang hadiahnya ya mbk amin :)

      Delete
  3. Setuju mba Inda. Maunga mau bekal pendidikan harus disiapkan sejak dini ya. Apalagi biaya pendidikan sekarang tambah melangit. Ga tau deh gmn nanti kalau ga disiapkan dari dini.

    Baru tahu nih mba Inda. Tenryata morinaga punya program bagus gini ya. Thanks bgt infonya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo ikutan juga mbk iraaa, yukyukyuk

      Delete
  4. Mbak Indaa..si Ken usia berapa? Itu bakat menggambarnya udah kelihatan.. Jadi ingat Amay.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 tahun 9 bulan mbk rinta, iya ini slh satu bakatnya si ken yg udh kelihatan, slm sm bang amay yak :)

      Delete
  5. Biaya pendidikan makin tinggi mbak, kalo nggak nabung atau investasi bakal kerepotan nantinya mbak.

    ReplyDelete
  6. Penting sekali mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak di zaman sekarang yang serba mahal. Alangkah baiknya saat anak baru lahir. Karena dana pendidikan anak baik untuk masa depan ya mba

    ReplyDelete
  7. Biaya pendidikan lama-lama kayak harga property deh ya makin tahun makin naik. Aku berasa banget pas masaku kuliah dibanding pas adikku kuliah. Trus ngebayangin nanti pas anakku sekolah gimana ya. Makanya biaya pendidikan memang harus disiapkan sedini mungkin.

    ReplyDelete
  8. Dana pendidikan ini hal yang paling krusial selain dana kesehatan. Harus dipikirkan secara matang, mau investasi apa untuk dana pendidikan ini. Kalau sudah ada simpanan dana pendidikan, rasanya lega banget ya mbak.
    Ada baiknya memang dana pendidikan dimulai sejak anak berumur 0 tahun.

    ReplyDelete
  9. Memang kalau udah jadi orang tua itu orientasinya ke anak-anak ya mak... Mau ikutan juga dong. Ngintip videonya dulu aah :)

    ReplyDelete
  10. mules mba kalau bayangin dana pendidikan anak kita nanti, sekarang aja kayanya udah bikin ketar ketir ya. tapi saya yakin, segala cara pasti kita lakukan ya mba utk mewujudkan masa depan anak-anak yang lbeih baik. semoga anak-anak kita dimudahkan menjemput cita-citanya ya mba.. aamiin :)

    ReplyDelete
  11. Bayangin biaya pendidikan memang bikin pusing mbak, perencanaan memang penting banget, sambil tetap yakin dan percaya ada rezekinya,

    ReplyDelete
  12. Semoga menjadi rezeki ya mba, scara biaya pendidikan zaman sekarang nggak murah lagi. Super mehong cyiiiin hehehehe :D

    ReplyDelete
  13. Semoga menang, hadiahnya gede banget ya mbak

    ReplyDelete
  14. Hitung2 simulasi kebutuhan dana pendidikan harus dilakukan sejak skarang ya mba :)

    ReplyDelete
  15. Nggak lama stlh Rayyaan lahir yang kepikiran adalah investasi untuk pendidikannya, terutama untuk masuk universitas. Beruntung pas kerja punya tmn2 yg sdh nikah & punya anak. Jadi dapat kisikan kalau jgn sampai baru kelimpungan cari dana pas anak mau masuk sekolah terutama kuliah.

    ReplyDelete
  16. Semoga menang ya ... Sukses buat tulisannya

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)