#BelajarAsyik : Mengenal Huruf Hijaiyah

Hai
Beberapa waktu yang lalu, aku mendapat beberapa komentar yang cukup menggelitik yes. Inti dari komentar itu pun sama yakni seperti ini :"Sinau nulis ae rek, dunyoooo wae, wes isok ngaji ta (belajar nulis aja ini, ilmu dunia aja yang diajarin), sudah bisa ngaji belum ?".

Mendengar perkataan tersebut, sontak aku pun menjawab " Ngge sudah buk, belajar ngaji di rumah saja, sama saya saja, alhamdulillah sudah hafal huruf hijaiyah, nama berikut bentuknya, sekarang belajar npmengeja huruf hijaiyah, cobak ken, ibuk blabla pengen tau" ucapku.

Sayang, keinginan mengajak si ken bekerja sama membuktikan perkataanku itu tak disambut oleh ken. Ia tetap fokus dengan kegiatannya, Sementara aku, agak merasa gimanaaaa gitu. Baper cyiin. Hahaha.

Seiring berjalannya waktu, lama-lama, aku nggak ambil pusing lagi dengan perkataan orang-orang yang menilai bahwa orangtua, terutama aku, hanya mengenalkan ken pada ilmu duniawi saja. Nggak peduli. Karena aku nggak demikian. Aku tetap koq ngenalin si ken dengan nama-nama dan bentuk huruf hijaiyah, dan juga membaca jus 30, surat surat pendek, saat si ken hendak tidur.

Love at the first sight. Nah inilah yang aku pegang kuat-kuat. Aku ingin memberikan kesan menyenangkan saat si ken pertama kali mengenal huruf hijaiyah. Pengen seperti itu.

Untuk mewujudkan misi di atas. Aku pun mencoba beberapa cara untuk membuat si kecil ken merasa familiar dengan aneka huruf hijaiyah. Antara lain sebagai berikut :

1. Menulis atau memasang poster huruf hijaiyah di tempat-tempat si kecil bermain di rumah.
2. Menggunakan gaya belajar si kecil. 
Nah karena gaya belajar si ken adalah visual kinestetik. Jadi aku sering mengajaknya menonton bersama video tentang huruf-huruf hijaiyah. 
3. Mendengarkan murottal, atau mengajak bernyanyi tentang kagu huruf hijaiyah.
4. Lakukan perulangan. Kalau bisa dengan cara-cara yang berbeda.

Kuncinya satu yak. Kudu telaten. InsyaAllah pasti menuai hasil. Dan hasilnya pun akan uwow banget. So yuk kenalin si kecil sama bekal 'masa depan' nya sejak usia dini. Agar kehidupan si kecil menjadi seimbang, ya dunia, ya bekal akhirat juga. (Duuhh berat yak bahasannya). Dan juga agar nggak dibilangin aneh-aneh sama orang, terutama ibu-ibu. Gitu.


Nah kalian punya cara asyik ngenalin si kecil dengan huruf hijaiyah nggak moms ? share dimari yak. Tengkiu :)

Cara Mengetahui Kesiapan Anak Menulis dan Membaca dari Gambar

Tahukah Kamu, Mam. Bahwa kesiapan anak menulis dan membaca dapat dilihat dari gambar yang si kecil buat ? Nggak tahu, soal ini, aku ma...