Tuesday, October 4, 2016

Seluk-beluk Beli Barang Lewat COD

Setiap orang pasti membutuhkan barang tertentu dan hanya dengan menggunakan cara online, barang tersebut dapat diperoleh. Ada beberapa cara untuk bertransaksi atau melakukan beli barang dengan cara online yaitu :
  • COD  atau cash on delivery yang memungkinkan kita nih sebagai pembeli membayar langsung setelah mengetahui kondisi dan barang yang dibawa oleh penjual setelah sepakat untuk bertemu dan bertransaksi di suatu tempat.
  • Transfer : kita harus mencermati dengan teliti track record dari penjual dan bagaimana pendapat konsumen sebelumnya yang pernah berbelanja di tempat tersebut.
  • Rekening bersama atau jasa pihak ketiga yang menjadi perantara bagi penjual dan pembeli.
  • Website resmi yang dapat dipercaya hampir 100% untuk membeli berbagai produk.

Jika dibandingkan, transaksi dengan menggunakan cara COD lebih aman dibandingkan dengan cara yang lainnya, iya kan ? ho oh. Kita sebagai pembeli dapat menilai apakah penjual tersebut menipu atau tidak, terlebih jika barang yang ditawarkan tersebut memiliki harga yang murah. Jika barang tidak sesuai dengan yang kita harapkan atau tidak sesuai dengan yang dideskripsikan oleh penjual kepada kita, maka kita berhak untuk menolak membeli produk tersebut atau meminta yang sesuai dengan yang ditawarkan sebelumnya.
 
sumber : google 
Namun, saat transaksi COD, dapat terjadi beberapa masalah, bagi si penjual maupun si pembeli. Beberapa kasus nyata yang terjadi terkait dengan jual beli barang dengan cara COD yaitu, pertama, ketika kedua belah pihak sepakat untuk melakukan pertemuan di waktu dan tempat yang telah ditentukan, dan ketika waktunya telah tiba dan penjual datang tepat waktu, pembeli justru susah untuk dihubungi dan tidak kunjung datang. Karena tidak adanya kepastian, akhirnya penjual pulang dengan tangan hampa.

Kedua adalah aksi gendam secara langsung. Penjual atau pembeli yang melakukan gendam kepihak yang bersangkutan. Misalnya ketika tiba di tempat yang telah disepakati namun ternyata setelah sadar, salah satu dari kedua belah pihak tersebut sadar jika uang ataupun barang yang akan dijualkepembeliraibdanhilang. Setelah disadari, pihak yang menjadi korban tersebut hanya dapat diam saja dan melapor ke pihak yang berwajib dan tidak memiliki keuntungan apapun.

Ada beberapa tips bagi kita-kita yang ingin melakukan transaksi lewat COD untuk membeli produk tertentu yaitu pertama, ketika kedua belah pihak mengajak untuk bertemu di suatu tempat yang akan dijanjikan sebagai tempat transaksi, maka sebaiknya Anda membawa minimal 1 orang teman sebagai jaga-jaga jika orang tersebut (penjual/pembeli) melakukan hal yang tidak diinginkan misalnya barang atauuang yang raib.

Tips lainnya untuk melakukan transaksi jual beli barang dengan cara COD agar tetap aman yaitu:
  • Jika kita merupakan seorang konsumen, maka, sebelum kita membeli produk tersebut, cek terlebih dahulu latar belakang dari penjual tersebut dan jangan mudah percaya pada testimonial. Ada baiknya jika kita juga menanyakan ke teman kita perihal penjual yang akan kita ajak untuk bertransaksi.
  • Apabila kita adalah seorang penjual, kita dapat memberikan opsi untuk pembeli agar melihat sendiri ke tempat kita sehingga pembeli dapat lebih percaya kepada kita.
  • Jangan terlalu percaya pada orang yang baru saja kita kenal karena mungkin saja orang tersebut berencana jahat kepada kita. Ingat pesan bang napi, waspadalah..waspadalah.
  • Jangan mudah dibujuk terlebih dengan penawaran dengan harga yang terlampau murah.
  • Sebaiknya minta garansi terlebih jika barang tersebut baru sehingga jika rusak, dapat ditukarkan atau diganti.

5 comments:

  1. Suamiku waktu masih bujang pernah ketipu mba pas COD-an melayang jutaan rupiah :( udah di cek penjualnya meyakinkan halah pas COD minta ketemuan di warung Padang bilangnya kek gini bayar dulu nanti saya ambilkan HP-nya di mobil udah saja ternyata doi kabur suami pulak yang bayarin makannya. hahaha jangan pernah percaya sama orang setuju banget mba *malah curhat :p

    ReplyDelete
  2. Di Bau-Bau belum ada pembelian barang dengan sistim COD ini Mba Inda, jadi kalo transaksi sama OS biasaya via transfer

    ReplyDelete
  3. kudu hati hati kalau cut, tapi berdasarkan pengalaman saya, selama ini cod aman aman saja

    ReplyDelete
  4. Agak-agak susah emang ya mba milih-milih trusted online shop. Aku selalu gambling setiap belanja online. Alhamdulillah selalu dapet yang bener.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya lebih suka transfer, sih. Tapi suami pernah beberapa kali COD. Kayaknya boleh juga :)

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)