Pengalaman Menyusui dan Tips Memperbanyak dan Memperlancar ASI dengan Cepat

Pengalaman Menyusui : ASI Hanya Sakuprit Setelah Melahirkan

"ASI aku bisa keluar tidak ya ?".

Itu adalah kalimat yang menghantui pikiranku, tepat setelah aku melahirkan. Yup rasa khawatir tidak bisa menyusui si kecil menyeruak di pikiran.

Kekhawatiranku itu, tentu, tidak makbedundug muncul begitu saja. Ada yang melatarbelakanginya donk ya.

Sebelum melahirkan, jauh-jauh hari, banyak yang share tentang pengalaman menjadi ibu. Salah satunya adalah momen memberi ASI eksklusif kepada si kecil. Ada yang mengatakan bahwa ia langsung bisa memberi ASI tepat setelah melahirkan. Kemudian ada juga yang selang beberapa hari setelah melahirkan. Dan ada juga yang tidak bisa memberi ASI karena sesuatu hal. Macam-macam. Cerita-cerita dari orang-orang sekitarku itu, membuatku beranggapan bahwa tidak semua ibu bisa memberikan ASI kepada si kecil. Dan anggapanku itu pun semakin menjadi-jadi, saat di hari kedua melahirkan, ASIKU HANYA KELUAR SAKUPRIT. Hiks. Tapi alhamdulillah, anggapanku itu dibantah oleh seorang perawat rumah sakit tempat aku melahirkan si kecil ken.

Hari itu, adalah hari kedua setelah aku melahirkan. Seperti biasa, setiap hari, pasti ada perawat yang datang (pagi dan sore) untuk mengecek apakah para ibu yang baru melahirkan, termasuk aku, sudah bisa cara menyusui yang benar. Untuk mengetahui hal itu, perawat memintaku untuk menyusui si kecil. Nah pada momen inilah, ANGGAPANKU yang MAKNYONYOR itu TERKIKIS drastis. Entah bagaimana, atau mungkin terlihat dari ekspresi wajahku yang menunjukkan rasa khawatir karena ASIku tak kunjung keluar banyak saat belajar menyusui si kecil. Perawat itu, tiba-tiba mengucapkan kalimat seperti ini :

"Ndak apa-apa Ma, yang penting harus sering distimulus, harus sering nyusuin, insyaAllah nanti bisa keluar koq asinya" begitu kata perawat tersebut seraya membenarkan posisiku saat belajar menyusui si kecil ken yang baru lahir dengan posisi yang benar.

"Posisi putingnya harus pas di mulutnya adek ya Ma, biar  adeknya nggak kembung" lanjutnya lagi.

"Makan yang banyak juga ya Mah, makan-makanan yang bisa membantu memperbanyak dan memperlancar produksi ASI".

Aku pun manggut-manggut mendengar penjelasan perawat itu. Dan tentu saja, ada deburan (DEBURAN) keyakinan baru bersemayam di hati, bahwa asal berusaha, aku pasti bisa menyusui si kecil ken. Dan...hoalah...seminggu kemudian, ASIku melimpah ruah. SAMPEK TUMPEH TUMPEH *halah. Hehe.
Bayi ASI nak ginuk ginuk

Tips Memperlancar dan Memperbanyak ASI Dengan Cepat

Nah, dalam masa seminggu itu, tentu ada hal yang aku lakukan. Penasaran ? Berikut aku jentrengin yah Tips Memperlancar dan Memperbanyak ASI Dengan Cepat versi aku.
  • Rajin menyusui si kecil
Sejak mendengar penjelasan dari mbak perawat rumah sakit, aku pun rajin menyusui si kecil ken. Setiap 2 jam sekali atau setiap si kecil bangun, aku pasti mencoba menyusui si kecil. Karena apa, kenyotan si kecil *halah,  merangsang produksi ASI ibu.

  • Bangun rasa percaya diri bisa menyusui
Bagaimana caranya ? Ya harus yakinin diri sendiri. Mensugesti diri sendiri. Kalau berusaha, pasti bisa menyusui si kecil dengan lancar dan sukses.

  • Berusaha untuk tetap bahagia
Caranya ? Dengan melakukan aktivitas yang disuka, entah itu mendengarkan musik, nonton india he, drama korea, menulis, menggambar, dan lain sebagainya, dapat menghadirkan hormon kebahagiaan di dalam jiwa. Dan jangan lupa, pasang mode on anti baper bin anti galau ya. Agar tak mudah baper kalau ada omongan-omongan yang membuat hati menjadi tak enak.

  • Konsumsi makanan yang dapat memperlancar ASI
Alhamdulillah, soal ini, aku mendapat bantuan dari emak mertua. Emak sering mengirimkan serantang SAYUR DAUN KATUK, atau URAP-URAP DAUN PEPAYA dan DAUN SINGKONG ke rumahku. Yippiiiee. Tengkiu ya Mak.


Alhamdulillah. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, ASIku jadi bisa keluar banyak dan lancar jaya.

Pengalamanku ini, sering aku bagi-bagi ke kerabat atau teman yang mengalami hal yang sama seperti aku. Yakni ASI tak lancar setelah melahirkan. Namun, banyak yang mengeluhkan langkah terakhir. Mengingat, daun-daun tersebut, sekarang cukup sulit untuk didapatkan. Terlebih lagi daun katuk. Selain itu juga, mereka mengeluhkan bagaimana cara mengolah dedaunan tersebut agar terasa enak di lidah. Seperti itu. Oleh sebab itu, sekarang, kalau ada yang minta share pengalaman dan berbagi Tips Memperlancar dan Memperbanyak ASI Dengan Cepat , aku menambahkan satu langkah lagi yakni KONSUMSI ASI BOOSTER TEA.


Yup ASI BOOSTER TEA , merupakan minuman teh pelancar ASI alami pertama di Indonesia yang bisa meningkatkan jumlah ASI hingga 900% HANYA DALAM WAKTU 24 JAM

Keunggulan ASI Booster Tea nih yaitu :
• Melancarkan ASI hingga 900% dalam waktu 24 Jam – 72 jam 
• 100% herbal yang aman untuk ibu & bayi 
• Lebih ekonomis, tanpa konsumsi susu formula 
• Sudah dikonsumsi jutaan ibu menyusui


Trus trus Mengapa Asi Booster Tea bisa lebih unggul dari pelancar asi lainnya?
Karena e karena Asi Booster Tea diracik secara tidak main-main, dengan komposisi takaran bahan yang benar-benar tepat dan presisi sehingga ampuh melimpahkan asi sekaligus benar-benar aman bagi ibu & bayinya.


Komposisi Asi Booster Tea itu sendiri terdiri dari
ASI booster Tea (walaupun tanpa kandungan daun teh) adalah sebuah suplemen penambah ASI yang terbuat dari bahan alami (herbal) dengan komposisi Fenugreek seed, fenugreek powder, FENNEL SEEDS, Fennel powder, ANISE, cinnam venum, alpinia powder, dan habbatussauda.


Jadi nih, bisa dibilang, ASI BOOSTER TEA ini, bisa membantu banget para ibu yang baru melahirkan dan ingin segera bisa menyusui si kecil dengan kuantitas ASI yang banyak juga lancar. Dan ASI BOOSTER TEA ini juga bisa membantu bagi ibu yang ingin kembali menyusui si kecil.

Nah bagi kalian nih, para ibu yang ingin menyusui si kecil dengan lancar jaya namun masih belum bisa, tetep semangat yes. Kalian pasti bisa. Yakin deh. InsyaAllah. Amin amin ya robbal'alamin. :)

10 comments:

  1. Jadi ingat dulu juga menyusui dan melakukan banyak cara agar ASI tetap banyak :)

    ReplyDelete
  2. Aku yang pertama gagal..yang kedua, alhamdulillah bisa.

    ReplyDelete
  3. hoaa.. senangnya ya kalau bisa menyusui dengan lancar :)

    ReplyDelete
  4. Ya ampun lucunya si kecil, ginuk ginuk tenan mbak Inda. Bayi ASI memang selalu sehat, saya juga berjuang ngASI, biar anak sehat.

    ReplyDelete
  5. Pas awal-awal ngasih ASI itu memang perjuangan banget ya, mbak. Tapi pas udah berhasil rasanya bahagia banget

    ReplyDelete
  6. sebisa mungkin harus ada sugesti positif kalau ASI akan keluar ya. Tapi enak skr ada booster Asi

    ReplyDelete
  7. wah blognya sudah berubah, jadi cakep mbak, bersih. Baby ASI sehat tenan, insyaa Allah aku juga mau berjuang untuk terus menyusui untuk anak kedua nanti hehe

    ReplyDelete
  8. Banyak juga ya yg ngalamin drama di awal2 menyusui. Yg penting ending-nya ASI berlimpah.
    Bayi ASI mah memang ginak ginuk unyu gitu ya mbak. Anak2ku juga gitu. Hihihi ...
    Gemeeeesssshhh *gigit pipi baby Ken*

    ReplyDelete
  9. Yaaapun si adek itu gemes banget tangannya kayak roti sobek hehehe. Anakku juga ASI tapi gak semontok itu, jadi kalo ketemu eyangnya dulu pasti selalu dibilang kurang susu hiiks. Tapi no sufor sampai 2 tahun dan alhamdulilah sehat dan tumbuh dengan baik

    Pengalamannya aku tulis disini
    http://ceritanggita.blogspot.co.id/2014/02/drama-menyusui-pada-ibu-baru.html

    Semoga bisa membantu para bunda baru yaa

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Pengalaman Pertama Bikin Donat Rasa Endolita Tekstur Sinyorita

Jadi, sejak Ken sekolah, aku mulai rajin lagi belajar masak. Tapi kali ini, yang aku pelajari, khusus bikin cemilan, jajanan buat bekal s...