Skip to main content

7 Alat Masak Produk Home dan Living Bisa Membuat Masakan Ibu Seperti Masterchef

Mamis,

Aku mau membuat sebuah pengakuan nih.
Bahwa sebenarnya Aku itu tidak pandai memasak. Hiks.

Mamis, pernah masak ceker ayam nggak ? Bagian kuku cekernya Mamis hilangkan tho ? Nah aku nggak loh, Mamis. Aku nggak tahu dan nggak peka juga sih bahwa seharusnya kuku ceker harus dihilangkan. Bukan malah dibiarin utuh. Parah kan ?.

Trus, Mamis pernah bikin sayur dan lupa naruh garam ? Nah aku pernah begitu. Sering. Selain itu, aku juga hampir nggak pernah bikin masakan yang mengandalkan rempah-rempah. Karena pasti rasanya bukan malah enak. Tapi berasa jamu. Haiyaaahhhh.

Maka dari itu, aku berusaha banget biar bisa masak. Aku juga rajin memperkaya pengetahuan aku tentang mengolah bahan yang mau dimasak. Biar kejadian kuku ceker yang masih utuh itu tak terulang lagi.

Beberapa usaha yang aku lakukan adalah mengumpulkan resep masakan. Baik dari google, blogpost teman-teman blogger atau timeline fb. Yaaaaa....meskipun ujungnya hanya begini, simpan dulu lalu entah kapan praktiknya. Bhahaha.

Usahaku yang lain yakni nonton acara Masterchef, terutama Masterchef Australia. Aku suka dengan kompetisi masak yang satu ini. Mereka nggak pelit ilmu. Rajin banget ngasih tips dan trik memasak sesuatu. Lumayanlah yah, aku bisa dapat ilmu masak gratis. Yihaaaa.

Trus dipraktekin nggak ?
Pertanyaan yang sama juga diajukan oleh bapak bocah. 
Wkwkwkwk.
Dan jawabanku adalah...............
Iyalah. Tidak banyak sih. Cuma sakndulit.


Aku pernah praktik membuat es krim pakai trik dari Matt (salah satu juri di Masterchef). Aku juga pernah mengikuti cara Jess, peserta Masterchef, soal bagaimana membuat adonan untuk gorengan jadi crispy dan tidak terlalu berminyak. Dan aku juga pernah mencoba membuat serpihan daun kering yang juga terinspirasi dari peserta Masterchef. Dah guaya men deh pokoknya yak. Hahay.

Soal rasa, itu urusan sekian. Kalau nggak enak, aku makan sendiri. Kalau enak baru aku bagi ke suami dan si kecil.

Kadang, pengen gitu, bisa membuat makanan seperti Masterchef. Sehat, dan (sepertinya) enak. Tapi susah mah. Soalnya aku tidak punya alat masak yang sering dipakai di Masterchef. Kalau punya, mungkin aku bisa membuat masakan seperti Masterchef. Ya kan yakan ?.

Emang ngaruh ya alat masak sama masakan ?

Bagi aku sih, berpengaruh lah yah.  Contohnya nih, kue yang dibuat menggunakan mixer tentu berbeda dengan kue yang hanya dikocok pakai tangan. Trus, daging yang dimasak dengan presto jauh lebih enak dan empuk daripada daging yang dimasak dengan wajan biasa. Bener kan ? Iyup.

Lalu apa saja alat masak yang membuat masakan ibu atau kita sendiri seperti masakan Masterchef ?.

Ada 7 alat masak produk home dan living bisa membuat masakan ibu seperti Masterchef :
  
Pisau dapur
Sumber gambar : mataharimall

Di Masterchef, pisau memegang peran penting. Hasil irisan pisau menjadi bahan penilaian juri. Seperti bagaimana memfillet ikan, memotong daging, dan lain sebagainya.


Wajan anti lengket
Sumber gambar : matahari mall

Ini biasanya dipakai untuk membuat saus atau membuat tekstur pada daging. Setelah itu baru deh dimasukin oven.


Alat Penggiling Daging atau alat penggiling serbaguna
Sumber gambar : mataharimall

Alat ini juga ada di Masterchef. Dipakai untuk menghaluskan daging lalu dibuat menjadi meatball atau sosis.


Sering juga dipakai untuk menghaluskan bumbu. Dah, kalau ada ini mah, masak jadi lebih cepet yak. Secara ngulek kan lama, apalagi dengan kekuatan tangan lemah gemulai seperti aku ini. Halusnya lama. Ahay.

Ini alat masak yang paling dibutuhkan. Terutama saat idul adha tiba. Apalagi kalau bukan untuk menghaluskan daging lalu dibuat menjadi bakso.

Panci Presto
Sumber gambar : mataharimall

Kalau di sini, presto dipakai untuk menanak nasi dan membuat daging empuk. Sedangkan di Masterchef ini juga dipakai untuk membuat kaldu.


Oven
Sumber gambar : mataharimall

Sebelum nonton Masterchef, aku pikir oven hanya bisa dipakai untuk membuat kue kue loh. Katrok banget yoooo. Wkwkkwwk.  

Tapi ternyata di Masterchef malah digunakan untuk segala hal. Mulai dari membuat kue, memasak daging, membuat keripik dari kulit dan dari dedaunan, buah buahan, dan lain sebagainya. Cucok yes.

Alat pembuat es krim (Ice Cream Maker)
Sumber gambar : mataharimall

Alat ini bisa menghasilkan es krim dengan cepat banget. Cukup memasukkan adonan es krim ke alat tersebut trus tinggal tunggu puluhan menit. Selesai. Kualitas es krim tak kalah kece dari produsen es krim terkenal.


Freezer
Kalau aku biasanya memanfaatkan freezer untuk jualan es batu. Sementara di Masterchef ini dipakai untuk membuat granita, puding, dan sebagainya. Jomplang banget yak. Jauuuuhh. Wkwkwkwk.


Itulah beberapa alat masak yang dipakai oleh para peserta di Masterchef Australia. Dan dari 7 alat masak itu, aku baru punya............ 
Dua. 
Pisau sama wajan anti lengket. Wahahaha.


Tapi tapi....sekarang aku tengah giat nabung koq, Mamis. Demi apa coba ? Ya demi bisa membeli alat masak produk home dan living yang bisa membuat masakan ibu seperti Masterchef. Masakan aku bisa jadi lebih cucoklah yah.

Kalau Mamis, sudah punya alat masak apa aja nih ? Trus dari sekian alat masak produk home dan living itu, menurut Mamis, enaknya aku beli yang mana dulu nih selain pisau sama wajan anti lengket tentunya ? Bantuin aku mutusin ya, Mamis. Matur nuwuuunnnnn.

Comments

  1. Mm.. Kalau freezer sih aku merasa cukup dengan freezer yang ada di kulkas.
    Dari semua itu, menurutku yang paling membantu itu chopper ya buat giling daging dll. Biasanya belinya sepaket ya sama blender?

    ReplyDelete
  2. saya punya pisaunya mbak, hihi, tjakep n pas banget digenggaman

    ReplyDelete
  3. Aduh2 kok jd pengen beli semua. Kasi bocoran harga donk mba yang penggiling daging itu keceh..

    ReplyDelete
  4. penggiling dagingnya bisa bantu buat bakso dung hehe.. alat membuat ice creamnya juga pengen.. kalau saran saya buat mbak belinya sesuai kebutuhan aja mbak..kebutuhan mendesak diprioritaskan.. :)

    ReplyDelete
  5. hahhaha samaan kita gak pandai masak, yang gak pandai dan malas masak jadi lebih semangat kalau alat masak lengkap dan bagus2 kayak gitu yaaaa

    ReplyDelete
  6. wah aku mah gak pinter masak, kl alatnya mewah sekali, rasanya gimana gitu

    ReplyDelete
  7. Tapi gak smeua wajan anti lengket bisa dimasukkan ke oven, Mbak. Pengen juga sih saya punya yang bisa dimasukkan ke oven. Cuma agak susah carinya

    ReplyDelete
  8. Duuhh impian banget punya alat-alat dapur kayak begini nih. Sekarang yang ada baru teflon. Semoga satu per satu bisa kebeli.

    ReplyDelete
  9. nggak punya penggiling daging, seringnya dagingnya dipukul - pukul aja pakai uleg2 :D

    ReplyDelete
  10. Wah.. Kayaknya si mbak hak jauh beda deh sama istri saya dirumah. Sering lupa naruh bumbu yang benar pada masakannya. 😂

    Dan saya sepakat, alat memasak sangat berpengaruh pada rasa masakan itu sendiri. Pengalaman pribadi. 😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Popular posts from this blog

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari ce…

4 Merek Panci Presto Terbaik

Satu atau dua hari sebelum lebaran biasanya para ibu rumah tangga, seperti kita-kita nih, sudah mulai mempersiapkan beraneka macam hidangan yang lezat seperti opor ayam dan ketupat donk ya. Nah untuk menghasilkan opor ayam yang empuk, kita pasti membutuhkan yang namanya panci pressure cooker (presto). Dengan menggunakan panci presto ketika merebus ayam, daging akan cepat matang dan empuk dalam waktu yang singkat. Selain itu penggunaan gas juga akan lebih hemat dan makanan akan menjadi lebih sehat karena gizi yang terkandung dalam ayam akan tetap terjaga. Berikut adalah daftar empat merek panci presto terbaik yang bisa kita dapatkan di online shop banyak diskon MatahariMall.
1. Airlux Panci Presto PC7216 Panci presto berkapasitas 16 liter ini bisa memasak makanan 3-10 kali lebih cepat daripada panci yang biasa kita gunakan. Panci ini dilengkapi dengan safety valve dan safety cover lock yakni lubang pembuangan uap atau udara yang berfungsi sebagai pengaman pada saat panci presto diguna…

20 Foto Kreatif Bayi di Atas Kasur! Nomor 18 Greget!

Hai hai sobat Finspi.
Kasur merupakan salah satu tempat ternyaman bagi seorang bayi. Karena nih seperti kita tahu, seorang bayi dapat menghabiskan waktu 18 jam hanya untuk tidur. Terlepas dari hal itu, kasur merupakan tempat paling empuk dan nyaman untuk digunakan bermain oleh siapa saja. Termasuk kita-kita nih. Iya kan ?.
Dulu, waktu kecil, pasti kalian sering bermain di kasur bukan ? Tos dulu kita, sama. Hahayyy. Aku juga dulu suka bermain di kasur. Bermain sama Adek. Mulai dari bermain lempar guling, saling menggelitik, atau bermain petak umpet di balik selimut. Tidak hanya seru, tapi juga nyaman. Secara nih, mainnya di kasur. Jadi kan empuk gitu.  
Nah, kali ini Finspi Asia membahas hal-hal keren yang berhubungan dengan bayi dan kasur. Hal tersebut dimulai saat sang orang tua memanipulasi gaya tidur si anak di kasur. Meski hanya di atas kasur dan bermodalkan alat-alat seadanya, namun karya ini SANGAT LUAR BIASAlho!.

Bagaimana tidak, karya-karya di bawah ini sangat menakjubkan dan ten…