Tuesday, February 17, 2015

Cara Menghaluskan Daging Tanpa Mesin

Idul Adha. Daging dimana-mana. Bingung mau dimasak apa. Akhirnya dibikin bakso saja.
Yup, meluncurlah kami, daku dan suami, ke pasar, bukan hendaak berkeliling keliling pasar, tp hendak menggiling daging kurban jadi adonan. Di rumah, tinggal dibentuk bulat bulat plus bikin kuaahnya saja.

Tiba di tempat giling daging. Beugghhh. Harum semerbak nan memblenek. Yah namanya jg tempat penggilingan daging. Jadi ya gitu ituh.

Kami memilih tempat yang sudah direkomendasikan tukang bakso langganan kami. Di tempat itu, kita bisa request mau adonan yg begini atau yg begitu. Kami sih memilih yg begini aja. Kan buat dikonsumsi keluarga.

Kami harus mengantri, karena banyak yg seperti kami. Bingung mau dimasak apa lagi tuh daging sapi.
Masa menunggu, membuat daku bergumam: "koq gitu?".
Kenapa ?.
Kebersihan tempat bisa dikatakan lumayan lah daripada sebelah2nya. Yg bikin perasaan jadi gimanaaa gitu, karenaaaaaa. Yg handle adonan itu lohhh, laki laki berkaos singlet. Kalau ada yg netes dari celah lengan dan bahu itu gimanaaaa.

Mungkin laki laki bersinglet itu kepanasan kali ya. Berada di ruang sempit. Banyak org antri lagi. Tanpa penghadir angin pula.

Selain itu jg, ngadoninnya, mbog mbog mbooogggg, pakek tangan jreng. Ampuuunnnn. Kudu kabuuurrrr.

Sejak itu, daku nggak mau lagi. Kapok.
Lalu kalau pengen bakso gimana ?. Ya beli.
Kalau daging sapinya banyak ?. Bagi tetangga.
Kalau tetangga jg udh punya ?. Malah kita dikasih lagi, gimana ?. Tau ah gelap. Daku masukkin aja ke freezer dulu.

Nah abis boboks cantik dan mau nyiapin maksi buat suami. Tiba2 daku dapet wangsit.
Daging yg udah agak beku itu, daku taruh di cobek batu. Trs daku uleg sambil ditinju2 dikit tu daging. Dan ternyata, berhasil. Si daging berhasil halus. Meskipun tak sehalus yg digiling. Tapi lumayan.

Masalah terpecahkan. Daku bisa menghaluskan daging tanpa mesin. Daku bisa menghaluskan daging dengan cara manual. Senengnyaaaa.

Jadi bisa bikin pentol bakso lagi nih. Aseeggg. Sajian bulan dzulhijjah, gk melulu sate gule rendang aja. Tapi bisa dijadikan bakso pula.

O ya, kalau daging ayam lebih mudah dihaluskan (seperti di gambar). Daging sapi, masih sedikit berserat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Baca juga : Cara cepat membuat daging empuk .

27 comments:

  1. pake uleg2 ya mbak...hehehe..iya mbak daging sapi emang sulit banget kalo dihaluskan pake begituan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak dwi.
      Daku lg kembali ke jaman batu nih..hehe..
      Makasih kunjungannya ya mak. Sukses bwt mak dwi :)

      Delete
  2. mak..aku bacanya mpe ngikik....itu daging di tinju2, wedew, tapi betul loh, agak kurang pede bawa daging ke penggilingan....bolehnech ditu kapan-kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...
      Monggo dicoba mak...
      Abis nyobak itu langsung berotototot

      Delete
  3. paling asik kalau lagi emosi, ya. Ninju dagingnya pake tenaga super hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beugghhh tambah manteb dah mak.. betul itu mak chi
      :D

      Delete
  4. mantap, jadi begini cara ibu-ibu :)

    ReplyDelete
  5. hahahaha... kalau ada yang netes di sela lengan, jadi bakso keju, asem - asem gimana gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eya ampuuunnnn....emak sariiii.....kagak mau dakuuuu...pilih kabur ajeee, drpde rasanya begetoo..:D

      Delete
  6. kalo ada yang netes dari bahu atau ketek itu namanya bonus mak... itu yang bikin daging cepet empuk, anggap aja gantinya nanas... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ebuseeetttt mak oriinnn, pengganti nanas ?. What ?. Ogyaahhh....:D

      Delete
  7. wah bisa dicoba nih mbak, kalo diblender suka nyangkut sih..harusnya pake food pocessor yah, tp belum punya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah blender dan nyangkut hahahahah.. blendernya rusak

      Delete
  8. Spt jaman flindstone ya mak... Uleg2 daging utk bakso ...hemmm kiyu2 asyekk..

    ReplyDelete
  9. Walah,, ternyata mudah banget ya mbak :D dan ane baru tau nih,,,

    ReplyDelete
  10. kayanya perlu sedikit kerja keras untuk daging sapi :D yah mba ???

    ReplyDelete
  11. Penasaraaaan... maag bisa halus pake cobek?? 😨😨😨
    Eman tenagane sih,, 😁😁
    Kl pake blender aja bisa ga ya jeng...

    ReplyDelete
  12. Penasaraaaan... maag bisa halus pake cobek?? 😨😨😨
    Eman tenagane sih,, 😁😁
    Kl pake blender aja bisa ga ya jeng...

    ReplyDelete
  13. perlu dicontoh nih, nanti kalo mau bikin empek2 bolehah kita haluskan pake cobek

    ReplyDelete
  14. kalo gak salah uwak saya jaman dulu punya penggiling daging pake tangan gitu... kayaknya bisa deh itu untuk bikin cincang..

    ReplyDelete
  15. Iyaa, seingatku dahulu almarhum ibuku kalau lembutin daging diulek atau kadang dicacah sama pisau dapur yang gede atau pisau daging

    ReplyDelete
  16. Pengen coba juga nih. Kasian daging membeku di freezer :)

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)