Gaya Hidup Sehat untuk Anak

Karena nama adalah doa, maka Aku memutuskan untuk memberi nama Ken, yang bermakna sehat kuat dan tangguh, kepada janin yang ada di rahimku. Ya itulah harapanku. Berharap agar Aku tak kehilangan calon bayiku lagi. Berharap agar Ia tumbuh sehat sempurna di rahimku hingga saat proses persalinan dan sampai besar nanti.

Gayung bersambut. Usahaku berbuah manis. Ken tumbuh dan berkembang dengan baik. Ia memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Demam  hampir tak pernah mendatanginya, baik itu saat giginya mulai tumbuh satu-persatu, setelah imunisasi, maupun saat musim pancaroba. 


Mungkin melihat Ken yang selalu nampak sehat nan ceria, membuat orang-orang sekitar, sering menanyakan tentang Si kecil Ken. Susu yang diminum Ken, makannya doyan atau tidak, suka sayur buah atau tidak dan lain-lain. Maka Aku selaku Ibu Ken, dengan senang hati berbagi Gaya Hidup Sehat yang Aku kenalkan, terapkan dan kemudian dilakukan oleh Si Ken. Apa saja itu ?.

1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.
Sebagai stay at home mom, tentu saja sebagian besar waktuku tercurahkan untuk mengurus si ken dan rumah. Serta membuat makanan sehat, juga camilan untuknya
.



2. Sarapan.
Untuk bekal tenaga Ken dalam melakukan aktivitasnya di pagi hari, Aku membiasakan Ken untuk sarapan roti yang di campur dengan susu hangat.



3. Minum air putih.
Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari minum air putih. Tidak hanya untuk memperlancar aliran darah, membantu dalam proses pencernaan, dan lain sebagainya. Hal yang sederhana tapi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.




4. Tidak makan makanan ringan serta tidak jajan sembarangan.
Sementara teman-teman bermain Ken sudah kenal dengan dunia makanan ringan, Ken masih asyik menyantap makanan buatanku, juga melahap habis potongan-potongan buah yang Aku berikan padanya.



5. Rajin olahraga
Salah satu olahraga yang paling disukai Ken adalah lari. Hal ini Ia lakukan setiap hari. Sekali saja Ken bolos melakukan kegiatan ini, Ia akan nampak lemas dan sulit tidur nyenyak.


6. Istirahat cukup
Beristirahat dengan cara duduk diam ?. Hampir tak pernah. Hanya bertahan beberapa menit saja. Setelah itu Ia beraksi lagi. Bagi Ken, tidur adalah istirahatnya yang paling sempurna.


7. Membersihkan anggota tubuh.
Ken yang suka main air tentu saja begitu semangat kalau diajak mandi. Membersihkan badan, rambut juga menggosok gigi.



8. Happy selalu.
Setiap hari, setiap waktu, ken hampir selalu nampak gembira dan bersemangat. Dimanapun Ia berada, Ia selalu mampu menemukan cara untuk membuat dirinya bahagia. 



Itulah beberapa point Gaya Hidup Sehat yang Aku kenalkan dan kemudian dilakukan oleh Ken hingga saat ini. Alhamdulillah.

Kami, Aku dan suami, sudah memutuskan untuk menjadi #HealthAgent untuk Si kecil Ken. Mempertahankan gaya hidup sehat yang sudah dilakukan oleh Ken. 

Kami juga berharap, keluarga, orang-orang sekitar Kami juga 'tertular' dan bisa melakukan hal yang sama. Menjadi #HealthAgent untuk anak juga keluarga mereka masing-masing. Mengenalkan dan menerapkan Gaya Hidup Sehat sejak anak usia dini.

***
Tulisan ini diikutsertakan dalam Health Agent : "Sharing Inspiration"
Nutrifood.

Cara Mengetahui Kesiapan Anak Menulis dan Membaca dari Gambar

Tahukah Kamu, Mam. Bahwa kesiapan anak menulis dan membaca dapat dilihat dari gambar yang si kecil buat ? Nggak tahu, soal ini, aku ma...