Monday, April 18, 2016

Cara Menstimulasi Kecerdasan Intrapersonal Anak

Cara Mentimulasi Kecerdasan Intrapersonal Anak Kinestetik ~ Kecerdasan intrapersonal menirut Howard Gardner adalah kemampuan dalam memahami diri sendiri. Baik itu mengetahui apa yang diinginkan atau dicita-citakan, mengetahui apa yang paling disukai serta tahu seperti apa reaksi yang harus dilakukan saat menghadapi sesuatu hal.

Ciri-ciri dari anak dengan kecerdasan intrapersonal adalah memiliki keinginan yang kuat. Memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan/membuat sesuatu. Jarang mau disalahkan. Mandiri dan sebagainya.

Sama dengan 7 kecerdasan lainnya, stimulasi untuk kecerdasan intrapersonal ini juga perlu dilakukan. Sebab dengan memiliki kecerdasan intrapersonal yang cukup kuat maka nantinya anak tidak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Ia paham dengan dirinya sendiri. Ia paham dengan kemampuannya sendiri. Dan ia paham dengan apa yang paling ia cita-citakan atau ia inginkan.

Cara menstimulasi kecerdasan intrapersonal ini bisa dilakukan dengan sering mengajak si kecil berkomunikasi. Misalnya dengan menceritakan arti nama dari si kecil. Kemudian menanyakan warna apa yang ia sukai. Apa makanan yang ia suka. Mengapa suka dengan film kartun ini dan lain sebagainya.

Komunikasi seperti ini harus sering dilakukan dan terus berlanjut serta disesuaikan dengan tahapan perkembangannya. Misalnya saat si kecil sudah sekolah dasar. Maka pertanyaan yang diajukan seperti pelajaran apa yang ia suka ? mengapa suka pelajaran itu ? lalu langkah apa yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil maksimal di pelajaran yang ia sukai itu dan sebagainya.

Lalu bagaimana menstimulasi anak yang aktif bergerak seperti si kecil ken yang merupakan anak kinestetik ini ?. Sama seperti menstimulasi 6 kecerdasan lainnya yakni dengan memanfaatkan kecerdasan kinestetik itu sendiri. Jadi menstimulasi kecerdasan intrapersonal pada anak kinestetik adalah dengan gerakan juga. Antara lain sebagai berikut :

● Sebutkan nama si kecil seraya meletakkan tangan kita padanya.

● Ajak si kecil mewarnai lalu tanyakan warna apa yang ia suka.

● Tunjukkan kartu bergambar buah-buahan lalu tanyakan buah apa yang ia suka.

● Minta ia memilih mainan apa yang ia suka.

● Dan sebagainya.

Dengan melakukan stimulus ini, akan membuat si kecil belajar meraba-raba apa saja yang ia sukai dan tidak ia sukai. Apa saja yang membuat ia nyaman dan tidak. Serta apa saja yang ia inginkan dan tidak. Kemudian ia juga akan berani mengungkapkan apa yang ia suka, mana yang ia pilih dan apa yang ingin ia lakukan. Lalu dampak positif jangka panjangnya adalah nantinya ia tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan. Terutama saat ia berada di lingkungan yang tidak baik.

Seperti itulah hasil stimulasi kecerdasan intrapersonal pada si kecil ken. Selain itu ia juga punya pilihan sendiri juga punya cara sendiri. Terutama cara untuk memainkan mainannya.

Jadi, yuk menstimulasi kecerdasan intrapersonal si kecil sejak dini. Sebagai bekal untuk masa depannya nanti. :)

5 comments:

  1. Lama tak mampir ke sini, mbah inda Chakim, tetap semangat ngeblognya, so soal menstimulasi kecerdasan anak apalagi yang di sebut dengan Kecerdasan intrapersonal, saya rasa penting biar sikecil semakin beretika dalam berinteraksi sosial dengan temannya

    ReplyDelete
  2. Saya baru bisa nyimak nih Mbak, semoga bisa saya terapkan nantinya :)

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya Mba Inda, sepertinya saya sudah menerapkan beberapa cara diatas :)

    ReplyDelete
  4. Baru tahu tentang ini.
    Anak tetangga saya juga tipe anak kinestetik, lincah banget ya mereka.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)