Sunday, August 7, 2016

Desain Undangan Pernikahan Pakai Pics Art

Bulan syawal kemarin, aku sekeluarga ngadain walimatul'urusy. Pernikahan adekku Si Ita sama Si Kukuh. Alhamdulillah, acaranya berlangsung sukses.

Di balik kesuksesan acara tersebut, ada usaha yang mak greng banget. Semua anggota keluarga terlibat. Termasuk aku yang berada jauh di sini. Sementara mereka di sana. Ahay.
"Kamu bikin undangan sama nyarik souvenir ye" kata ibuk dan aku pun segera mengiyakan.

Untuk souvenir gampang lah yah. Tinggal nyarik produsen souvenir aja. Biar dapet harga murah. Nah yang sedikit membutuhkan effort adalah bikin undangan. Kenapa begitu ? Karena si manten pengen undangan pernikahannya lain dari yang lain.

Demi menyenangkan hati si adek satu-satunya *aseg, aku pun mencoba untuk belajar bikin undangan pakai corel. Tapi.... dengdong. Mumet cyiiinn. Kemudian aku beralih belajar pakai Photoshop. Ladalah..nggak bisa-bisa juga. Sementara batas waktu undangan harus jadi semakin dekat. Walhasil aku pun segera beranjak ke aplikasi edit mengedit yang lumayan aku kuasai yakni Pics Art. Hahahaha.

Langkah pertama aku cari background buat undangan bisa search di google atau di free pic juga bisa. Dapet. Langsung aku konsultasiin ke manten. Setelah si manten setuju cus langsung bikin dah.

Cara design undangan pernikahannya adalah seperti ini :

Buka aplikasi Pics Art - > Pilih draw - > Pilih ukuran layar - > Masukkan gambar yang sebelumnya sudah disimpan di smartphone - > Trus tinggal otak atik sendiri dan dibentuk sesuai selera. Bisa ditambah wedding sticker yang ada di pics art, tulisan-tulisan kece, main warna, dan sebagainya.

Untuk lebih amannya, setiap selesai men-design satu bagian, langsung aku save. Agar tidak mengulang dari awal atau lebih jauh jika melakukan kesalahan. Misal typo, salah meletakkan pernak-pernik dan lain-lain.

Selain selalu aku save, aku juga menyimpan designnya dalam bentuk PNG bukan JPEG. Ini untuk memudahkan proses cetak undangan di percetakan nanti serta menghindari pecahnya gambar saat dicetak nanti. Seperti itu keterangan dari mbak-mbak percetakannya.

Nah bagi kalian yang ingin bikin design undangan pernikahan sendiri atau bikinin temen atau bikinin mantan *UHUK, bisa banget pakai aplikasi pics art. Enak koq pakai ini. Kita bisa ngedit sambil leyeh leyeh, sambil tiduran, sambil makan, sambil ngelaksanain panggilan alam juga bisak. Hasilnya juga oke. Lumayan lah yah.

Lalu bagaimana penampakan design undangan pernikahan yang aku buat dan sesuai dengan selera si manten ? Jom, bisa dilihat di bawah ini ya.

12 comments:

  1. Replies
    1. iya mbk, itu hasil stlh di cetak, kurang terang yak, maapkeuunn yah

      Delete
  2. wah bsai juga ya, aku sdh ada aplikasinya tinggal nyoba kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mah, monggo dicoba, pasti mama langsung bisak,

      Delete
  3. Wah...
    Aku selalu pake aplikasi picsart ini buat bikin segala macem meme & quote drama korea-ku di IG lho...

    Andalan banget lah, gampang kalo pake aplikasi ini mah soalnya :)

    ReplyDelete
  4. Tambah love picsart deh..! nggak kepikiran di saya buat desain kartu undangan,lumayan banget itu mangkas anggaran, tinggal cetak. Berbakat ni mama Ken, bisa terima order desain aja, cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, bisa aja mbak nunu, ini semacam hadiah spesial aja bwt adek atuk atuknya :)

      Delete
  5. wah, lumayan juga ya hasilnya. padahal cuma make picsart doang, jadi garibet sih kalo mau bikin design hehe. makasih juga infonya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, emak2 suka yg simple aja wes, sdh ribet soalnya dengan problematika kehidupan *aseg, haha
      makasih kunjungannya ya mas putra, :)

      Delete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)