Manfaat Ikut Lomba

Jika dibandingkan lebih banyak dulu (waktu kecil hingga sebelum mengenal dunia blogging) atau sekarang aku ikut perlombaan ?. Tentu saja jawabannya adalah lebih banyak sekarang. Lalu mana yang lebih sering kalah ?. Ya jawabannya lebih sering kalah yang sekarang sih. *huuuu. Kalau dulu malah jarang kalah, la wong pesaingnya temen main sendiri, atau temen sekolah sendiri, pastilah sedikit banyak tahu bahkan paham dengan keunggulan atau strategi mereka. Kalau perlombaan di dunia maya mah lebih luas cakupannya. Lawannya bukan lagi temen main, atau tetangga desa, atau anak Pak Aji Jaky, melainkan pesaingnya adalah siapa saja yang menjadi warga negara Indonesia. Baik yang berada di Sabang hingga Merauke. Bisa dibilang skala nasional lah ya.

Akan tetapi meskipun sering kalah, aku tak gentar ikutan lomba. Karena ini adalah jalan ninjaku *emang situ naruto. hehe. Soalnya ada banyak manfaat yang dapat aku peroleh dari ikut perlombaan. Apa saja itu ?.

1. Dapet ilmu baru
Entah sudah berapa kali aku mengikuti kompetisi blog tentang smartphone. Namun belum ada satupun yang aku menangkan. *kasihan yak*, hiks. Akan tetapi berkat itu, aku jadi tahu kalau baterai smartphone dengan RAM segini tidak membuat performa smartphone menjadi lebih maksimal. Lebih tahu juga soal teknologi yang lagi tren di kalangan smartphone, dan lain sebagainya.

2. Melatih ketrampilan menulis
Kata si ayah, ketrampilanku menulis sudah sedikit membaik. WHAT ? sedikit ?. Iya kata si ayah baru sedikit. Kalau dulu tulisanku tidak pernah fokus. Kalau sekarang lebih fokus dan terarah.

3. Latihan buat otak
Pasti sering denger kan, kalau kita rajin nulis, maka lama kelamaan jari jemari pun berasa menari nari di keyboard. Gerakan jari jemari tersebut tentu saja bergegerak atas instruksi otak. Jadi apabila otak sudah terlatih, maka menangkap ide lalu menuangkannya dalam sebuah tulisan akan semakin cepat.

4. Melatih mental untuk menerima kekalahan
Dulu, waktu awal-awal ikutan lomba, begitu tau bahwa aku bukan salah satu pemenang, rasanyaaa beuughhhh, nyelikiiitt, lebih sakit dari sakit gigi cyiiinnn. Baper berhari hari. Tapi sejak aku sering ngontes, rasa nyelekit saat kalah tersebut perlahan mulai hilang dan berhasil jadi nggak baper lagi. Hari ini kalah, suatu hari pasti akan tiba saatnya aku jadi juara. Masalahnya, datangnya hari itu kapaaaannnn ?. Entahlah, nanti akan kutanyakan pada semak semak yang bergoyang.

5. Merasakan sensasi meletup meletup kembang kuncup
Sensasi ikut lomba ituuuuu..seruuuuuu. Apalagi waktu melihat nama kita ada di daftar pemenang, beuuuggghh, rasanyaaaa, bahagia banget. Lebih bahagia dari melihat timbangan berat badan yang jarumnya bergerak turun dari tempat sebelumnya *hahayyyy.

6. Menghindari pikiran yang tidak tidak
Ikut lomba adalah salah satu cara menghindari muncul bahkan berkembangnya pikiran yang tidak tidak. Tahu sendiri kan dampak dari memikirkan sesuatu hal yang tidak tidak yakni bisa membuat suasana hati menjadi tak enak. Jadi kalau ikut lomba, pikiran sibuk menemukan lalu memilah dan memilih ide yang pas untuk diikutkan lomba.

O iya, buat adek adekku, yg masih muda belia dan tengah susah move on dari mantan, ikut lomba ini juga bisa dijadikan salah satu cara ampuh utk move on dari memikirkan mantan loh *pengalaman ngelupain abang lee min ho.

7. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin
Sebagai seorang ibu rumah tangga tanpa ART dan memiliki seorang anak usia 3 tahun bisa dibilang tidak ada waktu yang terbuang percuma sih. Waktu si kecil tidur pun aku manfaatkan buat mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Waktuku luang itu yaaaa, kalau sedang dilanda susah tidur. Nah sebelum kenal dunia blogging, kalau aku susah tidur biasanya suka bingung mau ngelakuin apa. Ujung-ujungnya malah mantengin baju baju atau sepatu sandal di online shop. Tapi sekarang kalau susah tidur yaaa mending dimanfaatin buat bikin tulisan buat lomba aja. Begitcu.

8. Menambah pengunjung blog
Bisa begini ?. Bisa banget. Kalau di dunia blogging, menurutku, Perlombaan berlangsung dengan baik. Aura aura persaingan pun tak terlalu kentata. Yang kuat malah seperti suasana kekeluargaan gitu. Tak segan untuk saling mendukung dengan berkunjung ke blog milik peserta lain. Dengan begitu jumlah pengunjung blog pun akan bertambah.

9. Menambah rejeki
Nah ini bo to the nusssss. BONUS.

Jadi inilah alasan mengapa sampek sekarang aku suka gentayangan di banyak perlombaan. Menang kalah urusan belakang. Yang penting bisa dapetin manfaat yang aku sebutkan itu tadi, dan satu lagi......Bisa......EKSIS cyiiinnn *uhuy. Kalau kalian gimana ?. Masih suka ikutan lomba juga kaannn ?. Atau malah suka ngadain lomba ?. Jika iya, jangan lupa...colak colek daku yak. :D

14 comments:

  1. iya mbak..apalagi buat aku yang baru lahir ini..hehehe. dengan ikutan GA atau lomba,,jadi makin nambah spot blogwalking

    ReplyDelete
  2. keren mbak, semoga rezeki lomba tambah lancar, aku juga sering ikutan lomba tahun ini aja udah hampir 20 x ikutan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinn, smoga rejeki dikau jg lancar ya mbak, amiinn

      Delete
  3. salut..,mba Inda pantang menyerah! saya masih ngumpulin kepercayaan diri untuk ikut lomba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena aku adalah naruto, si pantang menyerah *kumat*...
      mbk nunu, tulisan dikau lo cakepp, masak masih gk percaya diri, lain kali ikutan yak, :)

      Delete
  4. iyaaaa bener.... aku malah mulai belajar nulis rada gak curhat berkat lomba :v :v

    mari semangattttt

    ReplyDelete
  5. Selain yang Mbak Indah Chakim, ikut lomba juga bisa dijadikan sebagai pengingat buat kita, apakah kita siap berkompetisi atau tidak? Karena terkadang banyak orang inginnya menang terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran dikau udh aku masukin list mas bro..
      makasih yak udh ngingetin, kunbal agak siangan yak :)

      Delete
  6. Ha...ha... merasakan sensasi meletup ..kembang kuncup? Hi...hi ....asyik ya Mak. Saya juga suka ikut lomba. Meski tak terlalu sering juga. Maklum bloher merangkap kuli pemerintah. Tantangan juga ngebagi waktunya :)

    ReplyDelete
  7. semua yang dikau sebutkan itu benar adanya mbak inda :)
    ikut lomba blog memang banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
  8. daku belum berani ikut lomba...hiks...

    ReplyDelete
  9. merasakan sensasi meletup letup... lah dikata pop corn...
    wkwkwkw :))

    tapi bener juga sih, gue waktu ikut lomba sering main ke blog peserta lain... hehehe

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Tips Lancar Berpuasa di Bulan Ramadan bagi Penderita Sesak Nafas

 Assalamu’alaikum, Dear, Mombeb. Apa kabar? Aku do’akan semoga kamu selalu dalam kondisi sehat dan bahagia aamiin ya robbal’alamiin. Doa...