Cara Cepat Membuat Daging Empuk

Hai
Daging kurban di kulkas kalian sudah abis belum ? Aku sudah sih. Malah tu daging kurban (kambing) nggak sempet mampir di kulkasku. Soalnya suami memutuskan untuk dihabiskan aja. Hari itu juga. Dijadikan sate semua. Trus dimakan bareng-bareng deh sama sodara.

Aku sih oke-oke aja, setuju-setuju aja dengan ide suami. Cumaannn, aku khawatir sate yang akan kami buat nanti tidak bisa menggoyang lidah sodara-sodara kami. Sebab, pengalaman yang lalu-lalu begitu. Bumbu satenya sih enak, mantap surantap, endes markendes. Tapi satenya alot. Wkwkwkwkwk.

"Tenaaanngg, aku sudah tau caranya bikin daging cepet empuk" Kata suami. Dengan ekspresi meyakinkan.

"Beneran" lanjutnya lagi.

Hhhhh.

Ya weslah. Aku pilih percaya aja deh. So yuk, dieksekusi.

Aku pun segera membersihkan daging kambing tersebut. Cuci sampek bersih (hilang darah serta tanah-tanah yang nempel di daging). Soal bau, alhamdulillah, aku nggak perlu ngoyo menghilangkan bau kambing yang khas di dagingnya. Sebab daging kambing-nya nggak bau kambing sama sekali. Asli. Kata suami, kalau daging kambingnya nggak bau kambing, berarti tukang jagalnya paham dengan ilmu perkambingan, eh, ilmu penyembelihan maksudnya. Bau nggaknya daging kambing tergantung dari yang menyembelih. Begitu kata suami.

Selesai cuci bersih daging kambing, aku pun menyerahkannya kepada suami untuk segera dipotong-potong.

Sementara suami potong-potong daging kambing. Aku bikin sambel kacangnya donk.

Bahannya apa aja ? Ada bawang merah, bawang putih, kacang tanah, cabe sama kecap, garam dan gula pasir. 

Trus cara bikinnya. Bawang merah putih digoreng dulu. Kacang tanahnya juga digoreng. Setelah itu diulek deh. Kalau hasil ulekannya sudah sedikit halus. Tambahkan cabe. Ulek lagi. Biar nguleknya gampang, tambahkan sedikit air minum. Sudah halus. Tambahkan gula garam. Cicipi. Kalau sudah pas, sesuai selera, tambahkan kecap manis. Sreeetttt. Cicipi lagi, Sudah pas. Selesai deh. Gampil markopil kan ?.

Sambel buat cocolan sate sudah jadi. Aku pun menghampiri suami yang sepertinya tengah menghayati betul profesinya sebagai tukang sate dadakan. Wkwkwkwk. Anteng bener motong-motong dagingnya.

Disela-sela itu, aku lihat ada tahapan yang nggak biasa kami lakukan. Yakni tahap pencelupan daging kambing ke sesuatu.

"Ini cara cepat membuat daging empuk" kata suami.

"Tinggal dicelup di sini, tunggu 5 menit, empuk deh" lanjut suami.

La itu celupan untuk dagingnya terbuat dari apa itu ?

"Air nanas aja. Udah. Boleh dicampur garam atau penyedap rasa, biar dagingnya lebih nampol".

Loh bukannya si daging kudu dibungkus sama nanasnya ya ? Bukan sama air nanasnya aja.

"Airnya aja bisa koq" jawab suami dengan percaya diri. Udah macem chef juna aja. Apanya ? Wajahnya ? Bukan, gaya jawabnya. hahayyy.

Tapi masak sih bisa ?. Bukannya kalau ingin daging kambing empuk itu caranya harus dipotong tanpa harus dicuci dulu. Kata iklan tv begitu kan, Kalau kata masterchef, cara biar daging cepat empuk adalah dengan memotongnya berlawanan arah dari garis seratnya. Noh. Nggak ada yang pakai air nanas kan ?.

Sodara kami mulai berdatangan. Mereka secara bergantian membantu suami mengipas sate. Cukup lama sih. Sampek bikin perut aku nyanyi keroncong loh. Hahahaha.

Tibalah waktu pembuktian. Sate sudah selesai dibakar. Aku ambil satu. Cocol di sambel kacang. Arahkan ke mulut. Hap. Kunyah. Kunyah. Abis. Soalnya Gampang banget ngunyah dagingnya. Nggak alot bin keras sama sekali. Empuuuukkkk. Wah, 10 jempol nih buat suami. Cara suami membuat daging empuk dalam 5 menit berhasil. Rasanya daging satenya pun nggak hambar. Ada gurih-gurihnya juga. Duuhh, kalau seperti ini mah, rasanyaaaaa, pengen ngajak suami jualan sate aja. Bakat jadi tukang sate rupanya dia. Hahahahaha.

Jadi ya itulah cara membuat daging empuk dalam 5 menit ala suami aku alias si ayah ken. Kalau kalian punya cara lain nggak ? share di mari ya teman-teman. Matur nuwun, :)

7 comments:

  1. wah papinya Ken uda prepare banget y bikin sate sampe nyiapin nanas hahaha kemarin siy kami dadakan jadi seadanya bikin sate :)

    ReplyDelete
  2. Kemarin aku direndam pakai parutan nanas dan kudiamkan 30mnt. Terlalu empuuk

    ReplyDelete
  3. oalahhh, sama air nanas bis atho mbak, aku mah pake daun pepaya aja buat bikin empuk, baru tau aku, makasih ya atas infonya

    ReplyDelete
  4. Nanas yang bisa bikin daging empuk ini yang sering dijadikan alasan buat bumil untuk nggak makan nanas he he. Tapi saya tetep makan sih wlo nggak sampai seminggu sekali. Ada yang tiap hari makan nanas di 3mester pertama juga nggak apa2. Kalau di rumah si biasanya pakai daun pepaya buat bikin daging empuk krn tinggal metik di belakang rumah :D

    ReplyDelete
  5. wahh, pake air nanas toh rahasianya :)
    nanti tak bilang mertua ah, soalnya masih ada sisa daging kurban kemarin di kulkas :)

    ReplyDelete
  6. makasih infonya, aku pakai daun pepaya lebih praktis ya

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing Mba. Beneran udah mcm Chef Juna ini mah hihihi.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...