"Kenapa, Mah ? Kenapa ?"

Alhamdulillah, aku sampai dalam tahap ini. Tahap dimana si ken mulai menanyakan segala hal yang tidak boleh ia lakukan.

Yup. Kalau aku perhatikan nih, sejak si ken usia 4 tahun, perkembangannya meningkat drastis banget. Terutama dalam segi linguistiknya. Seneng. Seneng banget. Secara dulu si ken pernah dianggap bisu sama beberapa orang hanya karena si ken, usia 2 tahun, masih bubbling dan tidak seperti anak-anak seusianya yang sudah pandai bicara.

Perkembangan linguistik si ken, 4 tahun 7 bulan, ini berupa ia mulai pandai mengungkapkan perasaannya, pendapatnya, mulai belajar membuat cerita sendiri saat bermain, dan yang paling utama adalah ia semakin suka bertanya. Terutama menanyakan alasan mengapa ia tidak boleh begini atau begitu.

Saat aku berkata seperti ini : "Ken, ayo tidur !".
Maka dengan cepat ia akan menjawab seperti ini : "Tidak mau".
"Tidur dulu" Kataku lagi.
"Kenapa, Mah ? Kenapa ?".
Dan ini akan berlanjut terus sampai ia mendapatkan penjelasan yang dapat ia pahami. Misalnya seperti 'biar tidak capek'.

Kalau si ken sudah begini, rasanya, aku pengen jejingkrakan, salto salto deh kalau perlu. Seneng banget. Tapi nggaklah yah. Cukup hati aja yang jingkrak jingkrak jedug jedug di dalam. Ekspresi yang aku tunjukkin ke si ken tentu saja, stay cool meeennn.

Selain senang dan bersyukur banget dengan peningkatan kecerdasan linguistik si ken, ada hal lain juga yang patut aku syukuri. Bahwa apa yang aku juga suami lakukan selama ini yakni memberi penjelasan ini itu kepada si ken, terutama penjelasan di setiap kata-kata "Tidak boleh, Ken" atau "Jangan Ken", mulai berbuah. Alhamdulillah.

Memang benar, apa yang dikatakan oleh temen-temen yang putra-putrinya sudah lebih dulu mencapai tahap ini, bahwa menyenangkan banget saat si kecil mulai suka menanyakan ini itu, merasa tertantang juga untuk mencari jawaban yang dapat ia pahami, sekaligus deg-deg an kalau si kecil mulai bertanya hal-hal yang 'amazing'. Alhamdulillah.

6 comments:

  1. Wah.. Ilmu baru nih buat saya. Secara anak sudah hampir berusia dua tahun dan mulai banyak ngoceh.
    Terimakasih, Mbak.

    Salam bahagia dari Bondowoso..

    ReplyDelete
  2. wah Neyna ampun bawelnya ga umum mak Ken, aku kadang klo lagi ga mood jelasin hooh hooh aja tapi sembari dy ngambek kenapaaa bun?iya kenapaa?yang mana?hahaha >> emak2 pemalas aku ni :p

    ReplyDelete
  3. Siap2 mulut berbusa kalau sudah melewati tahap ini mak.

    Di rumah yang sanggup meladeni celoteh Alfi cuma saya aja yang lain udah kibarin bendera putih :)

    ReplyDelete
  4. Aihhhh seru banget, anak kreatif emang gitu mbak, banyak pengen taunya.

    ReplyDelete
  5. Kdg aku jg happy kalo anakku mulai banyak nanya.. Tp terkadang jg pusing sendiri dan lgs nyuruh papinya yg jwb :p. Kyk pertanyaan, "kenapa mi, adekku cowo.. Kenapa bukan cewe aja". Wkwkwkkw lah piye itu jawabnya :p

    ReplyDelete
  6. Senangnya yaa kalo anak punya antusiasmtinggi. Bagus Ken, kamu cerdas!

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...