Memanfaatkan Momen Libur Ramadhan dan Lebaran untuk Menstimulus Karakter Sholeh Si Kecil dengan Bermain Game Anak Sholeh

Assalamu'alaikum
Hai Mamis
Apa kabarnya nih ? Semoga Mamis dalam keadaan baik-baik saja yak, lahir maupun batin. Amin.

Eh ngomong-ngomong, Mamis pada mudik kan ? Mudik kemana nih Mamis ? Dimanapun tujuan mudiknya, yang pasti ada gemuruh rasa senang di hati donk yah ? Tos dulu kita Mamis. Aku pun merasa seperti itu. Senang banget bisa mudik. Alhamdulillah. Bisa melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman, silaturahim, icip-icip masakan khas kampung halaman, dan masih banyak lagi aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan saat mudik. Yihaaaa.

Selain bisa menikmati aktivitas menyenangkan tersebut, ada lagi nih hal positif yang aku dapatkan saat mudik. Apakah itu ? Nasihat bapak juga ibu. Nasihat dari pengalaman hidup yang bapak ibu alami. Salah satunya tentang parenting. Kata bapak juga ibu : "Didik anak yang baik, Nduk. Jangan hanya dicekoki ilmu dunia, tapi juga diberi pondasi agama. Biar seimbang".
Siap laksanakan Pak, Bu. InsyaAllah.

Aku dan suami sependapat dengan nasihat bapak dan ibu. Bahwa menstimulus karakter sholeh sejak dini pada si kecil itu amat penting. Dengan ikhtiar seperti ini, aku dan suami berharap si kecil memiliki rem cakram spiritual yang tangguh saat menjalani kehidupannya nanti. 

Cara Seru Menstimulus Karakter Sholeh Si Kecil
Salah satu cara yang aku lakukan yakni dengan memanfaatkan momen Ramadhan hingga Lebaran seperti saat ini nih, Mamis. Apalagi kali ini, libur Ramadhan hingga lebaran cukup lama kan ya. Jadi okelah yah kalau libur ramadhan hingga lebaran ini aku manfaatkan untuk menstimulus karakter sholeh si kecil.

Cara yang aku pakai untuk menstimulus karakter sholeh si kecil nih Mamis, sama koq dengan cara saat aku menstimulus kecerdasan majemuk si kecil. Yakni dengan menggunakan aneka permainan atau game. Menurut aku, ini merupakan cara seru untuk menstimulus si kecil.

Nah, berubung saat ini aku ingin menstimulus karakter sholeh si kecil dan juga bertepatan dengan momen spesial yakni Ramadhan dan Lebaran, maka kriteria permainan atau game yang aku pilih adalah game yang ramadhanable banget. Game Ramadhan Pengisi Liburan. Yang mana di dalam game tersebut, terdapat aktivitas-aktivitas yang kita lakukan selama ramadhan. Jadi sikronlah yah antara tujuan, momen, dan aktivitas. Kalau sudah sikron begini nih Mamis, menurut aku, peluang keberhasilan dalam menstimulus karakter sholeh si kecil akan semakin besar. InsyaAllah.

Dari kriteria itu, aku pun mulai berburu informasi tentang permainan atau aneka game. Mulai dari baca-baca review, mencoba game-nya, melihat respon si kecil dan sebagainya. Hingga akhirnya pilihanku jatuh pada sebuah game yang bernama Game Anak Sholeh.

Selain karena Game Anak Sholeh ini sesuai dengan kriteria yang aku inginkan, ada alasan-alasan lain juga yang membuatku makin mantap memilih game ini untuk si kecil untuk menstimulus karakter sholeh si kecil ?.

Pertama, Si Kecil Tertarik dan Suka.
Game Anak Sholeh yang memiliki tampilan yang asyik ini dengan gambar animasi yang lucu, sukses menarik perhatian si kecil. Begitu aku tunjukkan Game Anak Sholeh ini, si kecil langsung tertarik untuk memainkannya. Ia juga menunjukkan ekspresi senang atau suka saat memainkan Game Anak Sholeh ini.


Bagi aku, ketertarikan si kecil adalah poin penting. Karena dengan rasa tersebut, si kecil jadi antusias, dan mudah fokus. Terlebih lagi apabila rasa ketertarikan tersebut disertai dengan rasa suka. Maka menstimulus si kecil akan jadi lebih mudah. Dan insyaAllah tujuan menstimulus si kecil pun akan tercapai.

Kedua, Belajar Nilai-nilai Islam Menjadi lebih Asyik dan Seru
Di dalam Game Anak Sholeh, yang diproduksi oleh AGATE ini, terdapat aneka macam edukasi yang bernilai Islami yang dikemas dalam bentuk cerita-cerita menarik serta game-game mini.  

sahabatsholeh.com

Selain itu juga, memiliki konsep bermain sambil belajar. Terlebih lagi nih Mamis, di dalam Game Anak Sholeh ini ada game mini tentang aktivitas-aktivitas yang biasanya kita lakukan saat ramadhan. Jadi sesuai banget dengan kriteria yang aku buat serta cara yang biasanya aku lakukan untuk menstimulus kecerdasan majemuk si kecil yakni bermain sambil belajar.

Ketiga, Variatif.
Game Anak Sholeh ini memiliki banyak variasi, antara lain :
1. Ada quote-quote yang bersifat edukasi yang berbeda-beda dan menjadi pembuka aplikasi. 
Begini tampilan awal saat aku dan si kecil akan memainkan game ini
2. Ada cerita-cerita menarik dengan nilai-nilai islami.
3. Serta ada puluhan mini games yang atraktif serta memiliki nilai-nilai edukasi. Seperti berwudhu, surat pendek, shalat dan lain-lain. Lengkap deh.

Game mini yang dimainkan Ken 

Ada game ini juga lho
Dengan variasi yang banyak begini, maka si kecil jadi tidak cepat bosan. Daaannnnn, tentu saja aku jadi lebih mudah menstimulus si kecil. Alhamdulillah. Game-nya satu, manfaatnya buanyak. Ahay.

Keempat Aman untuk Si Kecil
Pernah menemukan hal ini Mamis ? Saat si kecil sedang asyik-asyik nge-game, eee muncul iklan yang maknyonyor banget alias iklan untuk usia dewasa. Duuhhh.

sahabatsholeh.com
Nah, kalau di game anak sholeh ini, nggak ada iklannya, tidak mengandung konten negatif bagi si kecil. Jadi dijamin aman.

Kelima, Sesuai Usia Si Kecil Ken
AGATE membuat Game Anak Sholeh ini untuk anak dengan rentang usia 4 sampai 10 tahun. Jadi bisa dibilang, Game Anak Sholeh ini dibuat dengan memperhatikan perkembangan anak pada usia tersebut.

Maka dari itu, tak heran kalau si kecil dapat dengan mudah memainkan game tersebut. Bonusnya, si kecil dapat dengan mudah juga memetik manfaat dari game yang ia mainkan. Seperti lebih kenal dengan huruf hijaiyah, tahu tata cara berwudhu, dan sebagainya.

Keenam, Meningkatkan Bonding dengan Si Kecil
Bonding antara orangtua dan anak merupakan hal yang penting. Dengan bonding yang kuat maka akan terjalin hubungan yang baik antara orangtua dan anak. 
Ken sdg memperhatikan cerita yang ada di Game Anak Sholeh
Membangun bonding - bermain bersama
Salah satu cara untuk membangun serta meningkatkan bonding antara kita dan anak kita nih Mamis adalah melalui aktifitas bermain bersama bukan ? ho oh. Nah alhamdulillah nih Mamis, kita bisa membangun dan meningkatkan bonding dengan anak melalui game ini. Karena apa ? Game Anak Sholeh ini didesain agar anak tidak asyik bermain game sendiri melainkan tetap memerlukan dampingan dari orangtua. Cihuy kan Mamis ? Yuhuuuu.

Nah itu tadi, alasan aku memilih Game Anak Sholeh sebagai Cara Seru untuk Menstimulus Karakter Sholeh Si Kecil. Harapanku nih Mamis, dengan ikhtiar seperti ini, benih-benih karakter sholeh si kecil dapat tumbuh subur sejak dini, dan apabila terus distimulus akan mengakar atau menjadi pondasi yang kokoh. Amin.

Mamis, sering terngiang diingatan kita bahwa Anak adalah amanah dari Allah Swt. Kita, sebagai orangtua, sebagai hamba yang dipilih dan dipercaya Allah Swt, sudah seharusnya menjaga amanahNya sebaik mungkin, semaksimal mungkin, senantiasa berikhtiar sambil berharap serta berdo'a agar Allah selalu membimbing kita. Amin. Sebab, tugas sebagai orangtua itu, tidak mudah, benar-benar tidak mudah.

Jadi, bagi kalian nih, Para Mama yang manis-manis alias Mamis, yang mencari game atau permainan untuk menstimulus karakter sholeh si kecil, silakan coba game ini deh Mamis. InsyaAllah membantu banget dalam menstimulus karakter sholeh si kecil sejak dini.

Untuk informasi lebih lanjut silakan berkunjung ke sini nih Mamis :
www.sahabatsholeh.com
Ig : @sahabatanaksholeh
Fp : Sahabat Anak Sholeh

***
Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Ramadhan

14 comments:

  1. Grafisnya baguuuus! :D

    Sebagai pencinta game, keknya aku harus rekomenin ini ke adek-adek sepupuku. Thanks for sharing, Mbak! :D

    ReplyDelete
  2. Asik ya kalau ada games yang ada banyak nilai nilai belajar agama sehingga anak juga lebih senang belajar agama ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Mauu install jg ah buat si Babang main :D

    ReplyDelete
  4. Seru juga nih gamenya. Mau nyoba ahh kl anak ngotot main game

    ReplyDelete
  5. Game edukasi anak yaa sangat bagus untuk perkembangan anak..

    ReplyDelete
  6. wah ketinggalan nih saya, sangat bermanfaat banget nih ...

    ReplyDelete
  7. Baru tahu ada game seperti ini. Bisa direkomen ke sodara nih, biar bisa dikasihkan ke anak juga..

    ReplyDelete
  8. nyari game buat main di gadget yang pas buat si anak tu susah-susah gampang. coba deh yg ini, siapa tau cucokk :) TFS, mbak

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ada GAS. Cocok nih sepertinya buat Fahmi.

    ReplyDelete
  10. memang penting banget untuk menumbuhkan karakter positif ke anak y mbak

    ReplyDelete
  11. main game yang bermanfaat yaa. sha juga jadi tahu banyak hal dari game :D

    ReplyDelete
  12. wahh asyik ya gamenya. mau donlot ahh

    ReplyDelete
  13. menarik gamenya, bisa membantu belajar Quran ya, tapi ini mesti install ya..masalhanya hape terbatas emmori :(

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...