Aktivitas di Hari-hari Ramadan versi Ibu Menyusui




Assalamu'alaikuuummmm.

Ramadan kali ini, alhamdulillah dan insyaAllah aku isi dengan hal-hal yang positif nan produktif. Ini memang sudah aku niatin jauh-jauh hari sebelum ramadan. Bahwa aku ingin lebih produktif positif di ramadan kali ini. Dan alhamdulillah bisa aku usahain. Malah rasanya produktif banget saking banyaknya hal yang aku lakukan di ramadan ini. 

Sebagai ibu yang tengah menyusui, nekat memang memiliki niat lebih produktif dari ramadan sebelumnya. Karena apa? Ngurus bayi aja udah rempong. Ini malah mau ngelakuin hal-hal yang produktif lain.  Dasar aku. Hehe.

Ada beberapa hal yang aku lakukan untuk mengisi lembar ramadan tahun ini yang meliputi:

1. Stimulus perkembangan si baby Nuha
Di bulan ramadan ini, alhamdulillah, Nuha masuk usia 6 bulan. Ini berarti si Nuha   memasuki masa mpasi. Yeaayyy. 

Aku antusias menyambut masa mpasi ini. Nggak sabar ingin mempraktekkan soal menu menu mpasi yang aku baca-baca di beberapa artikel tentang mpasi bayi. Namun karena masih masa awal awal, maka akupun tidak langsung mempraktekkan apa yang sudah kupelajari dan kubaca-baca. Melainkan aku ingin tahu lebih dulu gimana respon Nuha saat ada sesuatu selain niple mamaknya masuk ke bibirnya. 
Dan
Hoalaaahhh
Respon Nuha masih datar saja. Belum nampak menunjukkan usaha untuk mengecap, menyesap, sesuatu yang ada di sendok yang aku tempelkan di bibirnya. Dengan hasil begini, maka aku mengurungkan dulu keinginan ingin mencoba variasi menu mpasi. Namun lebih kepada mengenalkan aktivitas makan terlebih dulu. 

2. Ikut program 30 Hari Kebaikan BPN
Belakangan ini, aku sering banget kesulitan ide mau nulis apa. Jadi begitu aku baca tema tulisan yang disuguhkan BPN, aku pun memutuskan untuk ikutan program 30 hari kebaikan BPN, secara temanya kece-kece. 

3. Belajar bikin kue
Gegara ikut BPN 30 hari kebaikan, aku jadi belajar bikin kue dengan bahan selai skippy tentunya. Beberapa kali gagal, sekali berhasil. Dan ini salah satu resep kue yang berhasil aku buat. Aku share di bawah ini yak.

Bahan
2 buah pisang ukuran sedang
6 sdm tepung terigu
2 butir telur
6 sdm minyak goreng
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
4 sdm gula pasir 
4 sdm SKIPPY peanut butter

Cara membuat
Haluskan pisang terlebih dahulu lalu sisihkan. 
Campurkan telur, minyak goreng dan gula pasir lalu kocok sampai gula larut. 
Campur tepung terigu dengan garam dan soda kue lalu diayak. 
Masukkan campuran tepung terigu ke dalam campuran telur, gula pasir dan minyak goreng. Lalu aduk sampai rata. Pastikan tidak ada yang menggumpal. 
Masukkan pisang lalu aduk rata. 
Masukkan selai kacang SKIPPY Peanut Butter. Lalu aduk rata. 
Setelah adonan tercampur dengan baik dan tidak ada yang bergerindil gerindil alias gumpalan gumpalan kecil. Maka masukkan adonan ke dalam loyang yang terlebih dahulu sudah diolesi minyak goreng. 
Kukus adonan. 
Untuk tahu adonan sudah matang atau belum, gunakan tes tusuk adonan. Jika kalis maka itu sudah matang. 
Setelah matang, sajikan dengan ditemani teh manis.

4. Ikhtiar menggapai target-target amalan ramadan yang dibuat.
Target yang aku buat sederhana. Ya sekiranya, ibu rumah tangga yang tengah menyusui ini tanpa art tanpa nanny, mampu melakukannya. Bukan target yang bikin senewen mamak. *hahay.

Jadi seperti itulah, aktivitas yang aku lakukan di hari-hari ramadan. Alhamdulillah. Padat merayap sampai nggak ada luang mikirin selentingan omongan orang yang kadang mampir di telinga. Alhamdulillah. 


No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Mudik ke Pulau Dewata Naik Mobil Bersama Keluarga

Assalamu'alaikuuummm Hai halo, Bagaimana kabar kalian hari ini, Manteman? Aku doakan semoga kalian selalu dalam kondisi prima ba...