SPOTS, Partner Asyik untuk Semua (UMKM, Franchise dan Konsumen)


Weekend tiba, hari dimana kami sekeluarga menghabiskan waktu bersama di luar rumah. Mulai dari jalan-jalan ke luar kota, seru-seruan di timezone atau sekadar makan-makan kulineran di foodcourt yang tak jauh rumah. Ya intinya kami melakukan suatu hal yang berbeda lah dari hari-hari biasanya.

Seperti yang aku dan keluarga aku lakukan di weekend ini. Kami melipir ke sebuah mall yang berada di kota sebelah. Mengapa memilih mall? Belakangan ini, intensitas hujan di tempat tinggal aku sering banget. Jadi mending beraktivitas di indor saja. Tapi, kalau boleh jujur, aku agak takut-takut gitu sih kalau main di mall. Takut laper mata bin tergoda beli ini beli itu. Hehe.

Salah satu cara yang aku lakukan untuk menghalau laper mata belanji belanja adalah dengan membawa sedikit uang tunai. Suami aku juga gitu, sih. Jadi
Kami adalah sepasang mudamudi suami istri yang punya kebiasaan nggak menyimpan uang banyak di dompet atau di kantong. Kami hampir tidak pernah bawa uang banyak,  karena itu berat, kau tidak akan kuat biar dilan saja, berat rasanya nahan godaan duit yang (seakan) minta banget dibelanjain.
 *hahay.

Sejauh ini, cara ini ampuh menangkal mataku yang terkena cahaya silau yang berasal dari diskon segede-gede gaban di mall. Silau meeennn. Alhamdulillah. Namun cara ini punya dampak negatifnya. Salah satunya seperti kejadian di bawah ini.


SPOTS, Partner Asyik bagi Konsumen.

Di suatu tempat makan
"Ma, kayaknya duitnya kurang buat bayar makan, ayah ke ATM dulu ya ambil duit, Muma di sini sama anak-anak".
Jiyaahhhhahahaha.
Ya, gitu.

Beberapa kali kalimat tersebut keluar dari mulut suami. Ya, karena kejadian seperti itu tidak terjadi sekali dua kali tapi berkali kali. Baik di tempat makan, minimarket, di rumah sakit juga pernah. Wadidawlah pokoknya yah. Tapi nggak apa-apa lah yah. Yang penting kan mbayar, tho.

Nah kejadian di atas hampir terjadi lagi di jalan-jalan ke mall weekend kali ini, lho. Iya, baru hampir, sih. Nggak sampai di titik suami melipir keluar untuk cari mesin ATM.

Ceritanya gini, waktu itu kami tengah makan di Yoshinoya. Lagi nunggu pesanan, suami tiba-tiba terpikir untuk mengecek isi dompet.
"Loalah, duitnya kurang kayaknya" kata suami.
"Ya udah, pesanannya dikurangi saja, Yah" kataku yang langsung sadar diri karena sudah memesan makanan banyak.
"Nggak usah, Ma. Udah disiapin juga kayaknya, tuh" kata suami.
"La, tadi katanya cukup buat budget pergi-pergi hari ini?" Kataku.
"Iya, ayah lupa, duitnya kemarin sebagian sudah ayah pakai buat isi pulsa listrik toko" kata suami. Aku? tepuk jidat. *pok

Ndilalah, setelah tepuk jidat, mataku tertuju pada sebuah mesin di dekat meja kasir Yoshinoya Mesinnya kecil dan bertuliskan kata "SPOTS" di bagian depannya.


Seketika aku teringat dengan seorang teman blogger yang pernah share di akun media sosialnya mengenai pengalamannya menggunakan mesin edc SPOTS ini. Kata teman blogger, edc Spots ini, bisa digunakan cashless berbagai macam kartu debit, juga bisa Go-Pay, dan sebentar lagi juga bisa dipakai untuk kartu kredit. Yahud.

"Eh nggak usah ke atm yah, tuh ada SPOTS di meja kasir, kita bisa bayar pakai kartu debit yang kita punya" kataku.
"BRI?" kata suami dengan alis mengkerut yang menunjukkan keraguan atas validnya informasi yang aku berikan.
"Kata teman bloggerku, Spots ini bisa untuk semua kartu debit, nggak sebatas kartu debit tertentu misal BNI atau BCA saja" kataku.
"Beneran bisa?" Kata suami.
"Sepertinya, tapi kalaupun nggak bisa, bisa bayar pakai go-pay, kebetulan aku masih punya saldo go-pay. Etapi, coba ayah tanya dulilah ke mbak-mbak bagian kasir" kataku.

Suami menghampiri meja kasir lalu menanyakan mengenai hal tersebut kepada mbak kasir. Pucuk dicinta ulam tiba, mbak kasir pun bilang bahwa edc spots memang bisa digunakan oleh semua kartu debit untuk membayar makanan di Yoshinoya.

Tahu nggak? Aku lega sekali mendengar penjelasan mbaknya. Suami tak perlu berburu mesin ATM terdekat untuk tarik tunai guna bayar makanan yang kami pesan di Yoshinoya.

Yeaaayyyy. Senang sekali. Berkat mesin kasir edc Spots, kami tidak mengalami kejadian maknyonyor itu lagi. Dalam hati aku berharap, semoga tempat-tempat makan terutama yang kami kunjungi pakai mesin kasir edc Spots ini (mauunyaaaa) aamiin. Enak, sih. Memudahkan juga membantu banget bagi orang-orang seperti aku yang jarang banget bawa uang tunai banyak-banyak.

SPOTS, Partner Asyik bagi UMKM juga Franchise.

Tiba di rumah, aku masih terngiang-ngiang sama kejadian di Yoshinoya. Lebih tepatnya terkesan dengan mesin edc Spots. Secara, kata Operation Manajer Kebab Baba Rafi, SPOTS sangat membantu dalam menjalankan usaha kuliner Kebab Baba Rafi. Dah, sekelas Kebab Baba Rafi aja pakai SPOTS. Berarti kece donk SPOTS ini. Baeklah, makin penasaran, aku pun memutuskan untuk berburu informasi soal mesin edc Spots ini, seperti bagaimana cara mendapatkannya, perangkat kasir nya gimana, juga Harga Mesin EDC SPOTS ini.

Informasi yang aku dapatkan langsung dari website Spots juga instagram SPOTS https://www.instagram.com/spots.id , bahwa SPOTS merupakan aplikasi kasir online atau disebut juga dengan sistem Point of Sale. SPOTS ini powered by Gojek atau bisa dibilang mesin kasir dari Gojek. Perangkat kasir SPOTS ini terdiri dari sebuah POS + EDC + Printer: All in One Device. Maksudnya kayak gimana? Seperti gambar di bawah ini yak.


Trus, di website SPOTS juga aku baca bahwa SPOTS hadir untuk membantu dan memudahkan UMKM hingga pemilik franchise. Hal ini dapat dilihat dari fitur-fitur yang tersedia di dalam SPOTS. Adapun fitur-fitur yang ada di SPOTS antara lain sebagai berikut:

1. Terintegrasi GoBiz
Atur menu, terima pesanan GoFood, mencatat ragam tipe pembayaran, buat promo diskon dan dapatkan laporan harian dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat SPOTS.


2. Cetak Resi Instan
Perangkat dilengkapi dengan printer, tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.



3. Terima Pembayaran QRIS dan Kartu Debit.
Pelanggan dapat membayar dengan berbagai macam metode pembayaran non tunai, mulai dari transaksi QRIS, kartu Debit dan sebentar lagi akan menerima pembayaran dengan kartu kredit juga.


SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam ini yakni Go-Pay, kartu debit, dan kartu kredit. Iya, sih. Sependek pengalamanku, aku lebih sering menemukan mesin EDC yang cuma fokus ke 1 macam pembayaran saja.

4. Biaya hanya Rp. 4.900/hari
SPOTS mengenakan biaya perhari bagi penggunanya yakni sebesar Rp. 4.900. Dengan biaya segini, para penggunanya sudah mendapatkan kemudahan dalam operasional menjalankan usaha.

Adapun cara untuk mendapatkan mesin kasir EDC SPOTS ini yakni dengan menghubungi mitrausaha@gojek.com . Di samping itu, juga harus menyiapkan biaya untuk bisa memiliki perangkat kasir edc tersebut. Harga mesin edc SPOTS ini sendiri yakni sebesar Rp. 490.000.

Dengan harga mesin edc yang amat terjangkau, penggunanya sudah mendapatkan fitur-fitur yang integratif bin berkualitas. Gitu.

Yup, dari fitur-fitur yang tersedia di SPOTS, memang menunjukkan bahwa mesin edc ini membantu penggunanya dalam menjalankan usaha.

Pelaku usaha yang menggunakan perangkat kasir SPOTS, tidak lagi rempong soal catat mencatat transaksi, karena sudah "dicatatkan" oleh SPOTS dengan baik, dan detil. Bagiku, pencatatan transaksi ini merupakan hal yang penting karena terkait dengan pengembangan usaha, sih.

Kemudian, sepengamatanku, keuntungan  lain yang diberikan SPOTS bagi penggunanya yakni tidak perlu menyediakan space luas untuk meletakkan mesin kasir ini karena ukurannya kecil yang kalau aku lihat-lihat sih cuma sebesar kalkulator science itu loh. Bahkan dengan size nya yang mungil, mesin kasir EDC SPOTS ini mudah dibawa kemana-mana.

Keuntungan lainnya yakni tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga mesin edc ini sendiri cuma Rp. 490.000. Nah ini yang bikin aku terpesona. Karena harga mesin edc yang terjangkau ini tentu bersahabat dengan kantong para pelaku UMKM.

Nah, dengan fitur-fitur yang tersedia di SPOTS, juga keuntungan yang dapat dirasakan penggunanya, maka tak heran bahwa SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. Franchise-franchise besar pun sudah menggunakan mesin edc SPOTS ini seperti kebab baba rafi, richeese factory, chatime, dan masih banyak lagi.

Oya bagi kamu yang juga ingin memiliki mesin edc SPOTS ini, monggo segera menghubungi mitrausaha@gojek.com dan jangan lupa siapkan biaya sebesar harga mesin edc SPOTS yakni Rp. 490.000.

Semangat yak, aku do'akan semoga usahamu sukses jaya aamiin.

65 comments:

  1. Memudahkan konsumen dan penjual makanan minuman selaku pelaku bisnis buat laporan keuangan juga bisa nih Spots..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, bermanfaat utk semuanya bahkan utk konsumen sekalipuuuunnn

      Delete
  2. Duh, uang kurang tuh bikin deg-degan deh, hihihi... Untung udah ada spots ya...

    ReplyDelete
  3. Enak banget yah ada SPOTS. Mau jajan tinggal bawa HP dan dompet isi kartu debit/kredit. Buat produsen juga jadi rapi pembukuannya. Sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, nggk ada lg cerita bawa dompet tebel isi duit. Hehe

      Delete
  4. Pakai SPOTS enak banget yah. Sayang di kotaku belum masuk GOJEK nya. Semoga segera ah... biar makin mudah dan simpel hidup ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga spots segera hadir di kotamu mbk Wid aamiin

      Delete
  5. Semoga banyak umkm punya spots guna mempermudah transaksi dan pencatatan

    ReplyDelete
  6. Hahhaaaa. mbayangin udah pesen makananan trus kudu dikurangin, hadudu salting dah kalo aku..
    Alhamdulillah ada penyelamat mesin edc SPOT ya, sekarang emang lagi booming dan ditukang nasgor/ martabak langgananku juga pakeee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos teh, sama, salting2 nggak jelas gitu dah aku. Hahaha

      Delete
  7. Jaman now, sepertinya asik klo semua pembayaran non tunai atau pake mesin edc spots. Apalagi pedagang-pedagang kaki lima, jadi ga perlu bawa-bawa receh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mantul nih mbk gina, iyup nggak perlu lg deh pedagang berburu duit receh buat kembalian pembeli

      Delete
  8. SPOTS memang membantu selalu ya mba..dan aku lihat memang sudah banyak yang pakai yaaa. Semoga membantu para small medium enterprises jugaa

    ReplyDelete
  9. Whoaaa, kalau pakai SPOTS, segalanya lebih gampiiill ya.
    Para pengusaha UMKM kuliner terbantu bngttt, trus konsumen kayak kita juga lebih gampil tatkala mau bertransaksi

    ReplyDelete
  10. Pernah beberapa kali syaa makan di resto yang sudah menggunakan SPOTS. Memang enak sih karena tinggal kasih kartu debit atau scan gopay. Gak perlu menunggu kembalian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupyup, nggak perlu nunggu kembalian lagiiii

      Delete
  11. Setuju bahwa Spots ini banyak banget keunggulannya. Mempermudah pedagang juga pembeli. Kan gak lucu ya mau bayar tapi yang kurang. Gak perlu lari-lari ke Atm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, iya, lari lari ndromos nyari atm karena duit kurang buat bayar makan

      Delete
  12. Ini aku dan suami banget siih.. Jarang bawa duit cash di dompet. Udah sering kejadian, suami kudu melipir ke ATM kalo duit kurang, tapi ya tetep aja gitu.. Makanya kami selalu seneng kalo ada resto ato toko yang bisa nerima pembayaran pake debit. Pengen rasanya nyaranin ke semua toko ama tempat makan buat sedia mesin EDC Spots gini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbk, terbantu bgd ya kalau tempat belanja atau tempat makan sudah pakai spots

      Delete
  13. Beberapa umkm yang aku singgahi sampaikan kalau memang spots ini ngebantu banget. Harga pas pendaftaran juga murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, membantu buat umkm krn harga pendaftarannya yg terjangkau di kantong

      Delete
  14. Sekarang aku juga kalo jalan-kalan mulai cashless dan bawa uang seadanya aja, paling cuma buat bensin dan parkir aja. Keren banget lah SPOTS bisa membantu para UMKM yah dan memudahkan kita juga

    ReplyDelete
  15. Sistemnya memudahkan pemilik usaha ya. Nggak perlu kerja admin yg berat karena dari fungsi kasir bisa langsung generate ke catatan pemasukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, spots udh terintegrasi sm kasir juga catatan pemasukan.

      Delete
  16. Inovasi SPOTS dari GOJEK ini memang memudahkan kaum milenial yang malas bawa duit tunai ya mbak. Kayak aku nih udah jarang banget bwa duit banyak di dompet. Lebih suka bayar belanjaan pakai kartu debit atau Gopay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, iya membantu bgd nih buat aku yg jarang bgd bawa duit tunai banyakan

      Delete
  17. SPOTS mendukung gaya hidup cashless ya berarti karena konsumen kayak aku yang malas banget bawa uang cash akan sangat terbantu kalau pas mau jajan atau belanda, trus toko atau restonya udah ada SPOTS. Selain itu, pastinya ya memudahkan pemilik usaha juga kan karena spots bisa sekalian merekap transaksi yang terjadi dalam satu hari

    ReplyDelete
  18. Canggih bener ya sekarang berkat SPOTS, semua orang jualan, bahkan di pinggiran jalan bisa pakai cashless.
    Saya banget nih yang bahagia dengan ini, karena dompet saya selalu kosong, males ambil duit di ATM :)

    ReplyDelete
  19. SPOTS merupakan cara kita mendapatkan kejelasan yang pasti tentang berapa uang yang harus kita bayarkan. Sehingga tidak ada lagi rasa curiga membayar makanan yang tidak kita pesan.

    ReplyDelete
  20. Dewi sering dapat info SPOTS, tapi belum pernh coba paki langsung. Setelah baca penjelasan lengkap disini, ntar Dewi tinggal praktek transaksi deh, ga canggung lagi dengan SPOTS

    ReplyDelete
  21. Gak sampai lima ribu per hari uang sewanya sudah termasuk murah ya. Pendapatan per hari kalau sudah menggunakan sistem digital seperti itu pasti meningkat banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, setuju juga karena data pemasukannya jelas jd nggak ada yg namanya duit ketlisut ketlisut hehe

      Delete
    2. Semakin meminimalisir transaksi siluman ya Mbak. Hehehe

      Delete
  22. Iya nih dgn aplikasi ini sangat membantu para UKM terutama dalam manajemen cashflow pemasukannya ya..

    ReplyDelete
  23. wah enak nih ada Spots. Kebiasaan nggak bawa uang cash bisa tetap dilanjutkan dan pastinya laper mata saat di mall tetep bisa direm hehehhe

    ReplyDelete
  24. Sekarang enak makin banyak tenant yang pakai spots dan bikin pembelinya bisa cashless kalau transaksi ya mbak.
    Buat penjualnya juga enak soalnya bisa dengan gampang mengitung pemasukan dan laba hari itu juga :D

    ReplyDelete
  25. Bagi pelaku UMKM, hadirnya mesin SPOTS sangat membantu sekali ya...
    Proses transaksi jadi lebih mudah dan ada laporan setiap transaksinya

    ReplyDelete
  26. Warung2 jajanan deket rumahku juga sekarang ada SPOTS ini jadi lebih gampang bayarnya dan memudahkan juga bagi penjual.

    ReplyDelete
  27. SPOTS super canggih sekali yaa..
    Bikin mudah dan praktis untuk pedagang UKM dalam mengatur pembukuan yang rapih.

    ReplyDelete
  28. Berkat SPOTS gak ada lagi ya adegan Mbak Inda suruh jagain anak-anak dan ayahnya ke atm. Hihihi ....

    ReplyDelete
  29. Mesin EDC spots berguna banget nih kalo nggak ada uang cash bisa gesek disini dan visa all in one device lagi kan

    ReplyDelete
  30. Mesin EDC Spots ini memang partner handal bagi UMKM dan metode pembayaran yg memudahkan utk konsumen ya.

    ReplyDelete
  31. kebayang dibeberapa tahun kedepan Indonesia bakal transaksi non tunai semua, meskipun di abang-abang kaki lima semua serentak pake mesin edc

    ReplyDelete
  32. iyayah Mak Ken, aku juga gitu bawa uang tunai tuh ya dikit aja wkwkwk jadi ntar kalau pasukan minta ini itu eits di dompet hanya ada Pattimura :D
    sekarang mantul yah mesin EDS SPots uda ada dimana2

    ReplyDelete
  33. nggak papa mba ga bawa cash yang penting di atmnya ada terus, hihi aniwe happy weekend ya,saya sebagai customer juga suka bnaget transaksi via mesin edc lebih efisien

    ReplyDelete
  34. Aku termasuk yg cashless. Takit kebablasan kl bawa cash. Tapi kl dikit2 gesek, sama juga dong, hehe. Dgn adanya spot ini tapi memudahkan ya mbak buat pelaku usahanya, juga konsumennya.

    ReplyDelete
  35. Spot ini benar2 membantu kami yg udh cashless ini. Skrg tempat makan/warung bnyak yg sdh menggunakan spot loh.

    ReplyDelete
  36. SPOTS buanyaaakk banget kerjasama dgn UKM kuliner.
    Ini menyenangkan sekaliiii, karena kita makin terbiasa dgn cashless society

    ReplyDelete
  37. Duit di dompet kurang untungnya duit di ewallet aman yaaa hahaha.
    Wah sekarang emang makin banyak ya mbak yang makai SPOTS, bahkan tetangga saya yang jualan nasi uduk juga makai lho, jd gampang kalau mau cashless bayarnya

    ReplyDelete
  38. Aplikasi SPOTS ini sangat dibutuhkan saat ini yang membantu para UMKM untuk mencetak bill dan juga mengatur keuangannya ya mbak.

    ReplyDelete
  39. Terjangkau banget kalo 490 ribu mesin EDC dan sehari bayar 4.900 juga membantu UMKM yang ingin lebin meningkatkan omzetnya. Jadi lebih praktis dan punya catatan keuangan yang rapi

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah nih disekitarku juga dah pakai SPOTS ini memudahkan penjual dan juga kita ya.

    ReplyDelete
  41. Aku paling seneng berkunjung ke tempat makan yang sudah menyediakan spots, jadinya nggak usah khawatir uang kurang, bisa pakai debit, praktis ya, untungnya spots udah kerja sama dengan banyak umkm ya

    ReplyDelete
  42. Barokallah ini ya spots, memberikan yang terbaik untuk pembeli maupun umkmnya
    jadi terbantukan dengan kemudahan

    ReplyDelete
  43. Happynya kmren beli martabak di deket kos an, si memangnya udah nerima pembayaran pake spots. Keren euy.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan di Tanya Dokter Kandungan

Cr. halodoc Dokter kandungan adalah dokter yang spesialis dalam mendalami tentang ilmu kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter ini ...