Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan di Tanya Dokter Kandungan


Cr. halodoc

Dokter kandungan adalah dokter yang spesialis dalam mendalami tentang ilmu kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter ini juga disebut sebagai ginekologi dan obstetri yang berperan untuk membantu kehamilan, perawatan hingga membantu persalinan. Tentu untuk melakukan tanya dokter kandungan  dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir jika merasakan gejala yang ingin dikonsultasikan.

Untuk memilih dokter kandungan maka cari referensi dari teman, kerabat atau dokter umum dan pastikan lebih memilih dokter yang nyaman. Perhatikan juga riwayat kesehatan sehingga dapat memilih dokter dengan keahlian untuk menangani penyakit kronis yang dimiliki. Cermati juga sudut pandang serta keputusan yang telah diambil oleh dokter sehingga ibu hamil akan tenang dan mendapat banyak dukungan.

Berikut adalah pertanyaan yang ditanyakan pada dokter kandungan di kunjungan pertama diantaranya:

  • Menanyakan hasil check up pada hari pertama awal pertama melakukan kontrol dengan dokter kandungan, dengan cara mengecek ukuran lengan maupun tekanan darah yang dapat dilakukan di rumah sakit dan puskesmas.
  • Dokter akan menanyakan terakhir kali mengalami menstruasi dan menghitung usia kandungan dalam hitungan minggu dan dapat mengukurkan ukuran janin sesuai perkiraan berapa lama kehamilan.
  • Terkadang dokter akan menyarankan tes prenatal screening namun biasanya disesuaikan dengan riwayat kesehatan dan umur ibu hamil.
  • Tanyakan dokter berat badan ideal seorang ibu hamil, supaya ibu tidak mengalami obesitas yang dapat mengancam kesehatan janin.
  • Tanyakan keadaan lingkungan saat ini seperti penggunaan pembersih rumah dengan bahan kimia, adanya hewan peliharaan dan jika perlu bawakan alat kosmetik yang selama ini digunakan maupun obat-obatan untuk menentukan baik tidaknya kandungannya untuk ibu hamil dan janin.

Selain itu, ketika melakukan konsultasi dengan dokter kandungan maka tanyakan aktifitas fisik atau jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Sebagai ibu hamil jangan menganggap rasa aneh pada diri seperti pola tidur yang tidak teratur, mood swing, cemas, stres dan lainnya pada masa kehamilan sehingga dokter akan menyarankan kebutuhan untuk ibu hamil. Dapat juga menanyakan apakah hubungan suami istri dapat dilakukan selama kehamilan dan supaya tidak mengganggu janin. Selain itu pertimbangkan untuk menanyakan suplemen vitamin dan obat yang selama ini dikonsumsi dan obat sesuai resep dari dokter.

Berikut adalah pertanyaan umum yang perlu ditanyakan pada dokter kandungan:

  • Tanyakan berat janin yang diukur setelah berusia 12 minggu dan biasanya melakukan pemeriksaan USG dan mengukur panjang organ yang menggunakan rumus dan menentukan janin berkembang atau tidak.
  • Detak jantung janin akan terlihat ketika memasuki usia 6 minggu melalui USG transvaginal dan USG perut dilakukan pada usia 7 hingga 8 minggu, frekuensi detak jantung normal 120 hingga 160 kali dalam semenit dan meningkat ketika memasuki 10 minggu.
  • Dapat bertanya tentang ada tidaknya kelainan pada kehamilan yang dinilai dari penyakit ibu seperti asma, kelainan maupun tekanan darah tinggi yang 80 hingga 0 persen berjalan baik.

Tanya dokter kandungan mengenai cara melahirkan yang normal dengan mempertimbangkan kondisi pinggul normal, tidak ada larangan pada kondisi dan tidak terdapat kelainan pada jalan lahir. Untuk syarat lahir normal janin adalah tidak memiliki kelainan. Setelah itu, memasuki 11 hingga 12 minggu maka dapat mendeteksi kelamin anak dan melakukan pemeriksaan standar terkait gula darah, urinalis, hemoglobin, dan disarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan HIV, hepatitis B dan C.

18 comments:

  1. Ingat masa2 hamil dulu...yang selalu ditanyain, bayinya sehat? Semua lengkap? Bb nya brp? Posisinya udah dimana?

    ReplyDelete
  2. Ada pertanyaan yang kita tanyakan kepada dokter kandungan dan ada pula yang dokter kandungan tanyakan. Penting untuk mengetahui hal-hal ini supaya siap. Karena ada lho yang gak siap bahkan ketika melahirkan, akhirnya dia kaget dan teriak-teriak, lalu kehabisan nafas.

    ReplyDelete
  3. Mumpung lagi #DiRumahAja kita bisa memanfaatkan app HaloDoc ini semaksimal mungkin ya Mba.
    Soale, rawan kalo kita kudu sering ke RS untuk nanya2 doang ke SpOG.

    ReplyDelete
  4. waaa ilmu baru nih aku belum ngalamin soanya hehhe, kemaren bulan oktober aku sempet hamil tapi belum rejekinya hehhe, semoga tahun ini diberi kepercayaan kembali

    ReplyDelete
  5. Sekarang ini walau dalam masa social distancing, tetap bisa konsultasi dan bertanya melalui aplikasi HaloDoc ya.
    Sehingga perkembangan kehamilan terus bisa dipantau.

    ReplyDelete
  6. Sehat terus mbak Dede utun. Meskipun keadaan seperti ini tapi tidak menghalangi untuk konsultasi ya.

    ReplyDelete
  7. Sekarang untuk konsulasi dokter nggak harus tatap muka ya, apalagi ada aplikasi HaloDoc sangat membantu.

    ReplyDelete
  8. Pokoknya harus dimanfaakan waktu kontrol ke dokter kandungan jangan cuma pasrah diperiksa aja ya, haru s tau perkembangan janin juga

    ReplyDelete
  9. Nah..penting ini ya, agar saat konsultasi benar2 bermanfaat dan kesehatan ibu dan anak terpantau dg baik..

    ReplyDelete
  10. Makasih informasinya kak, sangat bermanfaat banget buat sya yang lagi program hamil kak. Semoga dengan tulisan kakak ini yang lain bisa membantu

    ReplyDelete
  11. Wah baca artikel ini jadi kepengen hamil lagi #ehh. Padahal anak udah 3 loh, tapi ngebahas kehamilan itu memang selalu menyenangkan ya?

    ReplyDelete
  12. Jadi inget masa2 hamil dulu beda dokter beda juga sih yg bisa kita tanyakan...Wkt si sulung dulu ke dokter paling terkenal di Bandung..mungkin cape dia mah rada galak, ada jg dokter yg ga bisa ngejelasin banyak, ada yg ramah seneng ngejelasin panjang lebar nah ini betah di sini jadinya..hihi..

    ReplyDelete
  13. Kalau aku sebenernya lebih suka bertanya langsung sama dokter pas kontrol rutin gitu mom. Tapi sekarang ini di masa social distancing ya pastinya kalau ada yang bisa dilakukan secara online akan sangat membantu ya..

    ReplyDelete
  14. Banyak banget ilmu hamil yang kudapatkan di sni ehhehe, semoga aku bisa lekas punya momongan juga. Hehehe, aku anaknya kecil bobotnya aku 42 dan pinggulku kecil semoga ada kemudahan nanti dalam melahirkan aamiin

    ReplyDelete
  15. Aku belum pengalaman sih ya, kan masih gadis. Tapi dicatat deh. Yang paling kuingat ya soal kapan menstruasi. Tapi ya ke dokter ini juga gak harus ngurus kandungan ya

    ReplyDelete
  16. Makin terbantu ya para ibu hamil untuk melakukan konsultasi berbagai hal terkait kandungannya di Tanya Dokter Kandungan ini.

    ReplyDelete
  17. jadi ingat jaman mengandung anak - anak mba..dan setiap kehamilan memang berbeda - beda ya, jadi bisa saja pertanyaannya pun lain

    ReplyDelete
  18. Jadi sekarang sudah punya kisi-kisi kalau saya hamil lagi, mau bertanya pada siapa dan dokter dimana nggak bingung kayak waktu mengandung anak pertama. Banyak pamalinya.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Adaptasi Kebiasaan Baru, Cuci Baju Higienis Bebas Virus Covid-19

Hai, apa kabar?  Aku do'akan semoga kamu selalu dalam kondisi sehat, dan bahagia. Aamiin.  Emmmm, ngomong-ngomong, sudah 3 bulan lebih a...