Tanpa THR, Begini Cara Agar Ramadan dan Lebaran Tetap Khidmat nan Menyenangkan


"Ma, ramadan ini, kayaknya nggak ada THR dari kantor,  nggak apa-apa ya?"
Kata suami.

Asli, aku sempat kaget waktu suami mengatakan hal itu. Karena, kalau boleh jujur ((bolehlah)), aku merasa terbantu banget dengan adanya THR dari kantor suami pas momen ramadan hingga lebaran. Ya, secara kan banyak kebutuhan tambahan saat momen-momen itu seperti menyiapkan kue lebaran, angpau, dan sebagainya. Jadi wajar kan ya kalau aku merasa kaget gitu?

Tapi setelah mendengar penjelasan suami bahwa tidak turunnya THR dikarenakan kantor terdampak virus corona, aku langsung maklum. Ya mau gimana lagi, memang sekarang situasinya begini ini, yakni tengah berjuang menghalau penyebaran virus corona.


Bersyukur, iya, aku bersyukur banget suami bilang jauh-jauh hari kalau (mungkin) tidak ada THR tahun ini. Karena nggak kebayang kalau suami woro-woronya dadakan, mungkin aku bakal mumet alias pusing sepanjang jalan kenangan *heleh.

Jadi karena woro-woronya lebih awal aku bisa berpikir sekarang, bagaimana caranya agar ramadan dan lebaran tetap khidmat nan menyenangkan meskipun tanpa thr datang.

Tanpa THR, Begini Cara Agar Ramadan dan Lebaran Tetap Khidmat nan Menyenangkan.

1. Menyusun strategi pengeluaran untuk dapur saat momen ramadan hingga lebaran.

Sudah bukan rahasia dapur lagi, kalau budget dapur kadang bahkan sering membengkak saat bulan ramadan. Salah satu penyebabnya yakni karena ada menu tambahan yang biasanya muncul di saat buka puasa atau sahur. Seperti ada takjil untuk buka puasa, dan ada menu penggugah selera agar semangat makan sahurnya. Sementara itu, di hari-hari biasanya, tidak pernah memasukkan takjil atau menu penggugah selera. Pernah, tapi jarang-jarang alias nggak saban hari, tho?

Nah, berubung tanpa thr, mau nggak mau harus berhemat kan? Caranya yakni bisa dengan menjadwal menu takjil atau penggunggah selera. Misal hari senin dan selasa, menu takjilnya yang sederhana saja seperti buah semangka dan melon. Lalu untuk hari Rabu menu takjilnya salad buah. Jadi hanya menjadwal menu saja bukan menghilangkan menu takjil atau menu penggugah selera saat sahur.

2. Berburu resep hingga bikin kue lebaran sendiri.

Beruntung, ada banyak sekali bertebaran resep-resep kue dari yang mudah sampai resep yang masyaAllah aku pasti nggak bisa bikinnya haha. Setelah berburu resep kue yang mudah semudah membalikkan telapak meja eh telapak tangan lalu mulai deh praktek bikinnya. Kalau bisa sih prakteknya dari sekarang. Trial erorr dulu. Karena kadang tidak langsung berhasil. Jadi perlu praktek coba-coba dulu. Gitu. Nah, dengan bikin kue sendiri insyaAllah bisa menghemat pengeluaran. 

3. Belanja di tempat-tempat yang harganya murah.

Selama 8 tahun berumah tangga, alhamdulillah, aku (dan suami) sudah punya list toko-toko yang harganya murcek cingcingping alias murah sekali. Hanya saja lokasi toko-toko tersebut agak jauh dari rumah. Kalau pas lagi punya duit banyak, aku lebih sering belanja di toko terdekat meskipun harganya mahal. Tapi kalau pas lagi tanggal tua, atau lagi harus hemat gini, aku belanja di toko-toko murah tersebut. Trus kalau lagi mager pakai banget, aku belanja daring saja.

Eh, ngomong-ngomong soal belanja daring, aku juga sudah punya tempat belanja online yang harganya murah-murah dengan kualitas oke punya, lho. Apalagi kalau bukan di Shopee pipi pipi.

Yup, untuk tempat belanja daring aku memilih belanja di shopee. Karena selain murah, juga banyak plus plusnya belanja di Shopee. Nah untuk momen ramadan sendiri, shopee sudah punya program yang oyi banget namanya #THRBigRamadanSale2020

Nggak cukup sampai di situ, di dalam program #THRBigRamadanSale2020 Shopee ini terdapat 3 hal yang istimewa yakni tanam pohon THR, Gratis Ongkir hingga diskon 50%.

Aku sendiri sedang fokus di misi menumbuhkan pohon THR yang mana sekarang baru sampai di tahap berbunga sih. Tinggal dikit lagi panen, insyaAllah. Ah greget bener.

Fyi, ada banyak pilihan bibit pohon di shopee. Salah satunya bibit pohon thr. Karena aku butuh thr, jadi aku pilih bibit pohon thr.

Nah pohon thr ini, nantinya kalau sudah waktunya panen akan berupa THR. Duh asoooyyy bener shopee. Ya kan ya donk? Yup.

Makanya, kalian coba deh. Sambil menyelam minum air. Sambil belanja belanji di shopee sambil menanam pohon THR ramadan. Caranya gimana?


Ini aku share cara mendapatkan bibit POHON THR.
1. Instal aplikasi shopee.
2. Buat akun di aplikasi shopee.
3. Klik icon tanam THR yang berada pada halaman utama aplikasi shopee.


Jadi itulah cara agar ramadan dan lebaran tetap terasa khidmat nan menyenangkan meskipun tanpa thr datang. Caranya ukup mudah, bukan? So praktekin yuk, bareng-bareng sama aku prakteknya. Atau jangan-jangan kamu sudah punya cara atau langkah-langkah sendiri nih untuk membuat ramadan dan lebaran tetap khidmat nan menyenangkan meskipun tanpa thr? Boleh donk dishare sama aku, di sini yak, di kolom komentar. InsyaAllah akan bermanfaat buat aku atau buat pengunjung blog ini. Oya, sebelumnya aku ucapkan terima kasih banyak, yak. Semangaaaatttt.

Jangan lupa selipkan do'a di setiap hari, semoga para pasien positif covid 19, segera sembuh dan tidak ada pasien positif covid 19 yang meninggal dunia. Semoga para pejuang garda depan, dokter dan perawat serta yang terkait, senantiasa diberikan kesehatan dan dilindungi dari virus covid 19 sama Allah juga diberikan kekuatan ketangguhan dan kelancaran dalam mengobati para pasien positif covid 19. Akhir kata, semoga virus corona segera ambyar dari muka bumi ini, aamiin ya robbal'alamiin.

19 comments:

  1. ya ampun aku ngga kepikiran bikin kue lebaran mba, makasi udah diingetin, mungkin bisa juga pesan ke tetangga yang lagi butuh pekerjaan ya.

    ReplyDelete
  2. Whhuaaa, memang ramadhan dan lebaran sekarang banyak yang prihatin, aku aja dikantor udah ngabarin anak2 jangan berharap thr yaa, ada tapi ga seperti biasanya, semoga pada memahami keadaan begini.

    Ah aku mau kepoin bibit pohon ThR di shopee..

    ReplyDelete
  3. semenjak nggak kerja lagi, aku udah terbiasa lebaran tanpa thr hihihihi, untungnya si hubby masih punya thr nih nanti buat lebaran hehehe

    ReplyDelete
  4. Jadi kerasa banget ya mba harus mengencangkan ikat pinggang jika tak ada THR gini lagi. Semoga segera berlalu nih si corona.

    ReplyDelete
  5. aduh, aku jadi kepikiran THR juga nih.. jangan2 berkurang.. huhu.. padahal ramadhan itu pengeluaran banyak bingit terutama di menu makanan. tapi untungnya shopee berbaik hati ya ngadain program THR big ramadhan sale. jadi lumayan terbantu deh..

    ReplyDelete
  6. betul mba, banyak perusahaan sudah mengumumkan tahun ini ga ada THR :( sedih tapi mau gimana lagi, kondisi sedang sulit buat semua orang, semoga segera berlalu ya krisis dan pandemi ini

    ReplyDelete
  7. Ramadhan tahun ini akan menjadi ramadhan yang berbeda dari tahun yang lalu. Tapi harus tetap bersyukur dan bersuka cita karena masih bisa menjalani ibadah ini ya, mbak. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita diberikan kesehatan semua. Amin

    ReplyDelete
  8. Memang banyak sekali perusahaan terdampak yang gak kasi thr tahun ini, termasuk perusahaan paksu. Hikmahnya tahun ini berpuasa dilakukan dengan menu yang sederhana saja dan mungkin lebaran juga dengan cara sederhana

    ReplyDelete
  9. Wah, aku juga belum ada pengumuman nih suami dapet THR atau gak. Tapi masih bisa tetep kerja pun aku mah udah Alhamdulillah, banyak yang kena PHK soalnya huhu.

    Sekarang mah emang harus mulai pengiritan yaaah

    ReplyDelete
  10. Sekarang memang saatnya untuk mensyukuri apa yang sudah ada ya, mba. Tanpa THR ibadah puasa dan lebaran inshaa Allah tetap dijalankan secara khusuk. Semoga pohon THR shopee-nya berbuah banyak. Pengen intip juga ahh.
    Makasih tips dan infonya, mba.

    ReplyDelete
  11. Nggak apa tanpa THR asalkan hidup ini udaj terhindar dari virus corona yang udah mendunia. Pademi ini udah berlalu kita berharap agar semua cepat berlalu

    ReplyDelete
  12. Ramadan tahun ini suasananya agak beda dengan sebelumnya, ya. Biasanya jalanan ramai. Semoga kita bisa menghadapi Ramadan dan lulus dengan baik. Dan bisa mendapatkan rejeki lancar dan berkah.

    ReplyDelete
  13. Seru juga ya cari THR lewat Shopee. Beberapa pekerja udah diumumkan gak akan dapat THR ya ternyata, suamiku belum ada info. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan rezeki ya

    ReplyDelete
  14. Kita juga lagi berhemat Mak Ken soale imbas corona bener2 bikin perusahaan suami sampe nihil pemasukan duh sedihnya hatiku makanya betul banget ini kudu hemat :)
    btw aku belum coba nih bibit shopee padahal pengguna shopee

    ReplyDelete
  15. Bener-bener berimbas ke THR yah Corona ini, mungkin lebaran tahun ini bakal sepi gak seramai tahun lalu huhu

    ReplyDelete
  16. Jika terjadi lebaran kali ini lebaran ke dua saya tidak punya THR. Tapi kembali kepada kondisi dan menerima semua ini, saya juga gak merasa keberatan. Apalagi nambah tips dari artikel Mbak Inda ini. Terimakasih ya

    ReplyDelete
  17. Duh jadi melow ya..padahal beberapa hari lagi ramadhan.. dan biasanya menikmati uang thr.. masa masa yang menyenangkan itu dapet THR tapi kali ini harus menahan diri untuk ngga konsumtif ya.. semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari ini semua

    ReplyDelete
  18. Seneng banget dapet THR.
    Alhamdulillah..
    Dan bener yaa..Karena virus, Kita jadi kurang rame menyambut Ramadan yang uda tinggal 9 Hari lagi.

    ReplyDelete
  19. Sejak resign nggak pernah dapet thr, tapi semoga pandemi ini lekas berlalu aamiin
    Ingat kalo dapet thr itu rasanya bahagia hehehe

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Adaptasi Kebiasaan Baru, Cuci Baju Higienis Bebas Virus Covid-19

Hai, apa kabar?  Aku do'akan semoga kamu selalu dalam kondisi sehat, dan bahagia. Aamiin.  Emmmm, ngomong-ngomong, sudah 3 bulan lebih a...