Sumber Energi Seorang Ibu Agar Tidak Mudah Lelah, atau Bahkan Menyerah

"Hanya saja, kadang kita tidak menyadari bala bantuan yang Allah beri."

Lelah sebenarnya.

Lelah harus memikirkan banyak hal dalam sehari semalam. 

Ingin istirahat, barang sehari saja. Tidak memikirkan apapun. Namun sayangnya aku belum juga menemukan cara agar aku bisa begini. Bahkan terkadang apa yang aku pikirkan turut masuk ke alam mimpi.

Rasanya ingin berkata cukup, cukup memeras pikiran. Karena ini sungguh melelahkan. Kalau boleh, dan kalau bisa, ingin sekali memenuhi pikiran dengan tumbuh kembang bocil berikut dengan bagaimana menstimulasi tumbuh kembang mereka. Tidak lagi memikirkan soal tabungan untuk masa depan mereka, bagaimana mengepulkan dapur, hingga bagaimana menjadi support system yang tangguh untuk suami. Belum lagi soal melakukan tanggung jawab sebagai seorang anak. Nggak sanggup, rasanya. Lahaula wala quwwata illah billah.

Ada hal yang benar-benar aku yakini, dan memang harusnya begini karena ini salah satu janji Allah, Sang Maha Pencipta. Bahwa Allah tidak akan memberikan kesulitan di luar kemampuan hambaNya. Dan ya aku yakin juga, Allah nggak diam begitu saja membiarkan hambaNya berjibaku dengan kesulitan hidup. Allah pasti mengirim bala bantuan kepada hambaNya. Hanya saja kadang kita, especially aku, tidak menyadari bala bantuan yang Allah beri.

Tapi untuk lelah kali ini, alhamdulillah aku menyadari bala bantuan dari Allah. Bantuan tersebut Allah sampaikan melalui bocil-bocil. Makanya begitu aku lihat bocil-bocil, rasanya tuh kaya' tiba-tiba ada yang menyuplai energi entah dari mana. Lalu rasa lelah jadi perlahan sirna. Berganti sama gini nih:"Ayok, berjuang lagi yok, belum apa-apa ini mah, bisa pasti bisa", gitu.



Pernah sih ngerasa lelah banget nget nget, coba mengatasi dengan natap
bocil pun lelah yang terasa tak jua sirna. Tapi untungnya bisa dipulihkan dengan hal yang receh banget seperti ngemil mie goreng cabe 10, ngebakso mercon, nonton drakor, anime atau kadang nonton komedi. Kalau 4 hal ini nggak manjur juga, yaaaa ngadu deh sama ALLAH. Abis itu biasanya lega, dan berangsur2 pulih trus semangat lagi.

baca juga: aneka pilihan me time untuk ibu rumah tangga

Nggak ada kata berhenti berjuang selama masih sehat jiwa juga raga. Kalau lelah ya istirahat, tapi jangan lama-lama biar nggak lupa dengan ritme langkah usaha yang sudah tercipta, begitu ya, aku? Ya.

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...