Tips Lancar Berpuasa di Bulan Ramadan bagi Penderita Sesak Nafas

 Assalamu’alaikum,

Dear, Mombeb.

Apa kabar? Aku do’akan semoga kamu selalu dalam kondisi sehat dan bahagia aamiin ya robbal’alamiin.

Doakan aku juga ya, Mombeb, biar sesak nafas tidak menghampirku. Tapi aku optimis puasa ramadan kali ini bakal aku jalani dengan lancar jaya dan bisa beribadah maksimal tanpa kumat. Soalnya aku sudah tahu caranya donk. alhamdulillah. Nanti, di akhir blogpost ini aku share tips lancar berpuasa di bulan ramadan bagi penderita sesak nafas. Tapi sebelum itu, aku mau cerita-cerita dulu. Kuy, kita ngobrol.   

 

Marhaban ya Ramadan. Masya Allah wal hamdulillah, rasanya senang sekali masih diberikan kesempatan sama Allah SWT bertemu dengan bulan suci Ramadan, bulan yang bertabur khidmat, keberkahan, hingga ampunan. Bulan Ramadan bulan yang istimewa.


 Apa sih, berpuasa itu?

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan suatu kewajiban bagi muslim dan muslimah yang baligh, berakal, sehat, dan mampu menjalankan puasa. Hal ini terdapat dalam surat Al baqarah ayat 183.

 

Nah melansir dari NU Online, ada 6 orang yang diperbolehkan tidak berpuasa. Mereka adalah pertama musafir, kedua orang sakit, ketiga orang jompo (tua yang tak berdaya), keempat wanita hamil (sekalipun hamil karena zina atau jimak syubhat). Kelima orang yang tercekik haus (sekira kesulitan besar menimpanya dengan catatan yang tak tertanggungkan pada lazimnya menurut Az-Zayadi, sebuah kesulitan yang membolehkan orang bertayamum menurut Ar-Romli) serupa dengan orang yang tercekik haus ialah orang yang tingkat laparnya tidak terperikan, dan keenam wanita menyusui baik diberikan upah atau suka rela.

 

Mombeb, jika dilihat dari kbbi, puasa memiliki makna menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan). Makna ini menyiratkan bahwa puasa hanya sekedar menahan lapar dan minum atau segala hal yang berkaitan dengan lahiriah. Namun sejatinya tidak demikian, batin juga turut puasa berupa menahan nafsu seperti marah, sombong, iri dengki,  dan sebagainya.


Penyakit Saat Berpuasa

Selama ini banyak tips berpuasa bagi yang memiliki maag atau asam lambung. Wajar, mengingat puasa berkaitan langsung dengan lambung. Namun tahukah kamu Mombeb jika lapar juga dapat memicu sesak nafas. Hal ini dampak lanjut dari asam lambung yang tidak segera ditangani. Jadi bagi kamu mombeb yang berpuasa dan memiliki asam lambung, please hindari mengkonsumsi makanan pedas, makanan instan atau berminyak juga meminum kopi atau soda. Kemudian jangan makan berlebihan atau terlalu kenyang juga ya, Mombeb. Seperti itu tips yang aku dapatkan dari halodoc. Ikhtiar lainnya juga bisa dengan mengkonsumsi obat maag pada saat sebelum makan sahur atau tepat setelah bangun tidur.

 

sumber alodokter

Mombeb, tak semua penderita sesak nafas memiliki pemicu yang sama. Kalau aku sendiri, pemicunya bukan rasa lapar, melainkan karena pikiran yang kadang mengundang amarah, stress, sedih, dan sebagainya. Nah hal ini merupakan nafsu batiniyah, bukan? Yup.

 

 Jika aku adalah tipe plegmatis, tentu tak jadi masalah kalau diminta untuk mengesampingkan pikiran-pikiran yang dapat memicu stress dan berujung pada sesak nafas. Sayangnya aku tipe melankolis yang apa-apa dipikirin. Jadi menahan nafsu batiniyah adalah tantangan sendiri bagi aku.

 

Ramadan tahun lalu, aku dan suami terkena masalah hidup. Hal ini membuatku sering sesak nafas. Padahal aku sudah konsumsi obat sesak nafas saat sahur, namun hal ini jadi tak terlalu berarti begitu pemicunya tiba. Kalau sudah kumat, mau beribadah pun rasanya susah. Aku bahkan pernah sampai batal puasa karena ini. Aku pikir-pikir, Ramadan tahun lalu aku tak bisa maksimal beribadah. Kali ini, aku tak mau begini.

 

Ya, Ramadan kali ini, aku mau menjalankan ibadah puasa dengan maksimal. Tak mau lagi hanya seperti menahan lapar dan dahaga saja. Karena rugi sekali rasanya. Nah untuk mewujudkan ini, aku punya tips lancar berpuasa di bulan ramadan bagi penderita sesak nafas.  


 Tips Lancar Berpuasa di Bulan Ramadan bagi Penderita Sesak Nafas

1. Kenali pemicu sesak nafas

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas bahwa ada beragam pemicu sesak nafas. Ada sesak nafas yang dipicu debu, polusi udara, asam lambung, makan pedas, udara dingin, terlalu gembira, terlalu sedih, hingga banyak pikiran yang dapat mengundang stress. Nah, berubung pemicu sesak nafasku adalah karena pikiran kalut maka yang harus aku hindari adalah itu.    

 

2. Hindari pemicu sesak nafas

Jika sudah tahu apa pemicu sesak nafas, maka selanjutnya menghindari pemicu tersebut. Kalau pemicunya berupa debu, maka bersihkan lingjkungan sekitar dari debu atau gunakan masker saat berada di tempat-empat berdebu. Nah pemicu sesakku sendiri adalah karena banyak pikiran, maka yang aku lakukan adalah dengan menghindari itu. Bagaimana caranya? Sedangkan manusia tidak pernah berhenti berfikir.

 

Nah belakangan aku sering mendengarkan kajian dr. aisah dahlan tentang watak melankolis. Dari situ aku tahu bagaimana mengkondisikan atau mengendalikan pikiranku agar tak terjerumus dalam kekalutan. Salah satunya dengan menurunkan standar yang aku buat sendiri, melakukan seleksi mana saja yang menjadi prioritas untuk dipikirkan, mana yang tidak. Kemudian aku juga mempraktikkan hal yang aku dapatkan dari buku quantum ikhlas karya erbe sentanu. Aku berharap pengethauanku ini bisa menjadi modal agar aku lancar berpuasa di bulan Ramadan tanpa terhambat sesak nafas. 

 

3. Sedia obat sesak nafas

Sesak nafas tidak bisa dianggap remeh. Sesak nafas yang tidak segera tertangani bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu aku selalu sedia obat sesak nafas. Saat puasa begini, kuantitasku mengkonsumsi obat pun bertambah. Demi lancar berpuasa. Kalaupun nanti sesak nafas ku datang sebelum bedug maghrib, dampaknya tak terlalu parah jika aku rajin mengkonsumsi obat sesak nafas

 

Nah sepeti itulah tips lancar berpuasa di bulan Ramadan bagi penderita sesak nafas seperti aku ini. Aku berharap ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan terutama.

 

Akhir kata, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankan. Semoga ibadah kita di Ramadan kali ini lebih baik serta mendapatkan limpahan ampunan, rahmat, dan keberkahan dari Allah Swt. aamiin ya robbal;alamiin.

 

See yaaaa, Mombeb.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 ***

Referensi:

https://lampung.nu.or.id/syiar/

https://kbbi.web.id/puasa

https://www.halodoc.com/artikel/aturan-minum-obat-saat-puasa-bagi-pengidap-tukak-lambung

 

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

21 Hari Kembali Muda Tanpa Ditunda Pakai Age Revival Theraskin

Mombeb, sejak aku menjadi guru, aku amat peduli dengan penampilan mulai dari wajah hingga pakaian. Sebab penampilan merupakan salah satu car...