Skip to main content

Posts

Jangan Lupa Stimulus Otak Kanan, Agar Kinerja Otak Si Kecil Seimbang

Tahu donk dengan Einstein ? Salah satu ilmuwan jenius yang penemuannya masih dipakai dan digandrungi sampai saat ini. Yang dikenal dengan sebutan "Bapak Fisika Dunia".
Dulu, aku pikir, Einstein memiliki kinerja otak kiri yang sangat baik dan lebih dominan dari yang kanan. Alasanku adalah karena penemuan-penemuan Einstein yang aku tahu, lebih condong ke arah penggunaan otak kiri. Seperti kemampuan menganalisis, kemampuan dunia eksak.
Namun ternyata, pikiranku tentang Einstein itu salah donk yak. Dengdong. Karena di buku Teori Belajar Bab Neurologi ini disebutkan bahwa Einstein memiliki otak yang seimbang. Kinerja otak kanan dan kiri seimbang.Jadi bisa dibilang Einstein menggunakan otak kanan dan kiri dengan baik dan maksimal. Sehingga berhasil membuatnya menemukan penemuan-penemuan luar biasa. Salah satunya yaitu Teori Relativitas.
Sebagai seorang ibu, tentu aku menginginkan yang terbaik buat Si kecil Ken (dan adek-adek ken yang masih dalam tahap planning) *uhuk. Salah satun…
Recent posts

Tak Perlu Jauh-jauh, Karena di Rumah pun Ada Spot Asyik Buat Berburu Ide

Tuh judul apa gerbong kereta yak ? Panjang bener. Hahay. Tak apolah yah, aku suka yang panjang-panjang. Kacang panjang, panjang umur, panjang jodoh, dan panjang-panjang lainnya. Haghaghag.
Eh tapi itu bener nggak sih ? Kalau "Tak Perlu Jauh-jauh, Karena di Rumah pun Ada Spot Asyik Buat Berburu Ide" . Jawabannya adalah....jreng jreng....TERGANTUNG. Tergantung pribadi masing-masing, tergantung waktu juga, kemampuan, dompet , pasangan, delele.
Bagi aku nih, yang lebih sering "mengendap" di rumah, tentu jawabanku bener donk yak. Karena, yaaa sudah aku rasain sendiri sih yah. Bahwa nyari ide buat nulis, ide mainan buat bocah, bisa aku dapetin meskipun hanya di rumah saja. Meskipun ruang gerak terbatas, pemandangan cuma itu-itu saja, keset daster, keset kolor, ranjau aw aw alias mainan bocah yang bertebaran hampir di setiap inci rumah, ide masih tetap bisa diperoleh.
Namun, rupanya, si ide, tidak berada di semua bagian rumah. Hanya berada di bagian-bagian tertentu saja…

Fungsi Payung Bagi Si Kecil Ken

Hujan turun lagi. Deras banget. Campur angin pula. Kalau sudah begini, biasanya akan ada dua ekspresi di rumah. Ekspresi maknyonyor dan ekspresi happy never end.
Tentu saja, pemilik ekspresi maknyonyor itu, siapa lagi kalau bukan....AKU. hahayy. Ekspresi maknyonyor ini bukan hadir sekonyong konyong koder begitu saja. Tapi ada sesuatunya donk yak. Yang jelas sesuatu itu bukan udang. Melainkan jemuran yang tak kunjung kering, rumah bocor-bocor, dan bocah yang mengalihkan fungsi payung jadi.....MAINAN.
Etdah...rusak rusak dah tuh payung yang paling berharga. Berharga karena satu - satunya dan dapet dari doorprice pula. Bahahaha.
Ya, itulah yang membuat si kecil ken suskes bertahan tetap happy di tengah gempuran aura kasih eh aura maknyonyor yang bersumber dari aku. Ya, karena tu bocah lagi asyik dengan idenya sendiri.  Mengalihkan fungsi payung yang sebenarnya untuk melindungi diri dari serbuan hujan menjadi mainan.
1. Jadi perahu

2. Jadi track mobil-mobilan atau bumbu dapur atau ap…

Aneka Macam Permainan dari Mainan Bongkar Pasang

Hai Mamis
Bongkar pasang. Salah satu mainan populer di dunia anak-anak. Jadi tak heran, dimanapun berada, pasti ada ini di toko mainan atau baby shop.
Penyebab mainan ini populer karena memiliki manfaat berupa melatih motorik anak, kemudian menstimulus kecerdasan visual spasial anak, dan lain sebagainya. Selain itu juga, mainan ini bisa dibilang emakable, mengerti banget isi hati emak-emak. Tertama buat yang suka bayar sekali dapat banyak. Ahay. *Nunjuk diri sendiri.
Seperti namanya, bongkar pasang, cara memainkanya pun demikian. Dipasang, sampek tinggiiiiiii, lalu dibongkar. Dipasang lagi, bongkar lagi. Terus begitu sampai bosan.
Sebenarnya, ada banyak macam cara memainkan mainan bongkar pasang ini. Aku jentrengin ya mamis. Yuhuuuu.....
1. Pasang Bongkar

2. Bermain engklek bentuk geometri
3. Bermain bowling-bowlingan

Banyak kan permainan yang bisa dimainkan menggunakan mainan bongkar pasang ini. Bisa buat main ini dan itu. Emmm..mainan bongkar pasang emang mengerti isi hati emak-…

Menelusuri Sebab Keluh Mengeluh

Dari awal masuk sekolah lagi. Aku sering berbagi cerita tentang rasa rasi yang aku rasa selama kembali ke sekolah. Baik di blog ini, atau ke orang orang sekitar aku. Sebagian besar rasa yang aku bagi, berisi keluh, mengeluhkan ini itu. Sekali, dua kali, mungkin masih maklum. Tapi.....sudah satak kali, sudah lewat satu semester, masih saja begitu. Melelahkan bukan ? Lelah bagi yang mendengarkan, pun melelahkan juga bagi aku sendiri. Mengeluh itu, melelahkan. Makin terasa melelahkan. Ternyata.Iya, itulah hasil refleksi yang aku lakukan belakangan ini. Bahwa ada yang salah denganku. Karena ini sudah terlalu lama, sudah terlalu sering aku lakukan. Sampai suami pun angkat tangan dan menyarankanku untuk berkeluh kepadaNya saja. "Toh, apa yang ayah sarankan juga nggak ngaruh kan ?" Ucap suami di sekian kalinya aku mengeluh padanya. ***"Gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak". Mencari salah sendiri itu, tak semudah mencari kesalahan orang lain. S…

Pengalaman Menyusui dan Tips Memperbanyak dan Memperlancar ASI dengan Cepat

Pengalaman Menyusui : ASI Hanya Sakuprit Setelah Melahirkan
"ASI aku bisa keluar tidak ya ?".
Itu adalah kalimat yang menghantui pikiranku, tepat setelah aku melahirkan. Yup rasa khawatir tidak bisa menyusui si kecil menyeruak di pikiran.
Kekhawatiranku itu, tentu, tidak makbedundug muncul begitu saja. Ada yang melatarbelakanginya donk ya.
Sebelum melahirkan, jauh-jauh hari, banyak yang share tentang pengalaman menjadi ibu. Salah satunya adalah momen memberi ASI eksklusif kepada si kecil. Ada yang mengatakan bahwa ia langsung bisa memberi ASI tepat setelah melahirkan. Kemudian ada juga yang selang beberapa hari setelah melahirkan. Dan ada juga yang tidak bisa memberi ASI karena sesuatu hal. Macam-macam. Cerita-cerita dari orang-orang sekitarku itu, membuatku beranggapan bahwa tidak semua ibu bisa memberikan ASI kepada si kecil. Dan anggapanku itu pun semakin menjadi-jadi, saat di hari kedua melahirkan, ASIKU HANYA KELUAR SAKUPRIT. Hiks. Tapi alhamdulillah, anggapanku itu di…

Menjaga Kesehatan Si Kecil Saat Berada di Lingkungan Orang yang Sakit

Menjaga kesehatan si kecil saat berada di lingkungan orang yang sakit. Bisa dibilang suatu keharusan yak. Gak boleh sakit. Jangan sampai deh si kecil ikutan sakit gara-gara berada di lingkungan orang yang sakit.
Itulah yang tengah aku usahakan saat ini. Berusaha menjaga si kecil tetap sehat saat berada di sekitar ayahnya yang sedang sakit flu dan demam.  
Ini merupakan tugas yang berat. Mengingat betapa mudahnya cara penularan virus influenza ini. Dan betapa 'nempelnya' si kecil dengan ayahnya. Meskipun ayahnya dalam keadaan sakit.  
Nah untuk menghindari si kecil tertular virus influenza dari ayahnya, maka aku harus gercep alias gerak cepat. Adapun Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang aku terapkan pada si kecil adalah dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :  Meminta si kecil untuk tetap rajin minum air putih Tetap memberikan si kecil makanan sehat dan bergizi Tetap memberlakukan jadwal istirahat untuk si kecil agar mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas.M…