Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan : Aneka Permainan untuk Si Kecil Selama Ibu Berpuasa

Hai hai merehai buibuuuuuu. Bentar lagi kita puasa yak. Seneng. Alhamdulillah banget ya kita masih diberi kesempatan untuk bertemu bulan yang penuh berkah ini. Alhamdulillah.

Ngomong-ngomong kalian udah nyiapin apa aja nih buat bulan Ramadhan nanti ? bumbu dapur udah belum ? buah ? gula ? kurma ? minyak goreng ? beras ? nugget bakso emik instan udah juga ? Apa ? Sudah semua. Duuuuhhh minta doonkkk. Hahaha *emak emak celamitan*.

Sebagai seorang ibu yang memiliki anak balita, tepatnya berusia 3 tahun 6 bulan, tentu ada hal lain yang juga harus dipersiapkan. Salah satunya yakni kegiatan untuk si kecil selama bulan Ramadhan. Nah karena si kecil ken masuk dalam masa anak usia dini, jadi yaaaaaa gitu deh.

MINTA DITOYOR YAK ? hahaha. Kagaaaakkkkk.

Karena si ken masih masuk dalam masa anak usia dini atau disebut juga dengan balita, maka kegiatan yang cocok untuknya yaaaa yang tidak jauh dari yang namanya bermain dan bermain. Jadi yang aku siapin untuk ken adalah aneka macam permainan yang bisa dilakukan di rumah.

Selain untuk mengisi hari-hari ken selama bulan Ramadhan, tujuanku menyiapkan aneka macam permainan untuk ken adalah agar si ken Nggak Ngajakin Main di Luar. Loh. Koq gitu ?. Ya kalau si ken ngajakin main di luar, bisa membuat tenagaku terkuras abis. Kalau tenaga abis, ujungnyaaa aku lemes, trus laper, trus nempel nempel deh di lantai. Mencari kesegaran.

Emak Macam Apa sih dikau mak ? Entahlah. hahahaha.

Jadi nih daripada tenaga dan cairan tubuh tereksplorasi buat nemenin si ken main di luar rumah di bawah sinar matahari yang nyentrongnya pakek banget *halah, mending tenaga difokuskan untuk ibadah kan yak. Si ken bisa main, aku juga bisa ngaji. *aseg*.

Ada beberapa permainan yang aku siapkan untuk ken, untuk beberapa hari ke depan. Yakni :
Bongkar pasang
Bongkar pasang adalah salah satu mainan ken yang paling senior. Meskipun udah lama, ken masih suka memainkannya. Apalagi kalau diajak berlomba membuat bangunan yang tinggi. Ken pasti semangat.




Engklek berbentuk bangun ruang
Tau engklek kan ? tau donk yak. Itu kan permainan tradisional paling populer di era kita. hahaha. Karena mainnya di dalam rumah, jadi ya bikinnya dari bongkar pasang. Biar lebih menarik dna menantang bagi ken, aku membuat aneka bentuk bangun dengan berbagai ukuran. Setelah jadi, ken tinggal melompat biasa atau melompat dengan satu kaki atau berjalan biasa di engklek yang sudah aku modifikasi itu.



Bowling ala ala ulala
Ini ya seperti permainan bowling pada umumnya. Cuma kalau yang ini aku menggunakan bongkar pasang dna bola kecil sebagai bola bowlingnya. Jadis telah bongkar pasang tersebut berdiri, ken tinggal menggelindingkan bola kecil yang ada di tangannya.




Kalau main ini kita bisa menggunakan mainan bongkar pasang atau dari kardus bekas. Membuat miniatur gedung lalu pohon. Setelah jadi, aku meminta ken untuk menata kotanya sendiri.



Berburu harta karun
Kalau main yang ini aku memakai brosur indomaret yang tiba-tiba sudah ada di depan rumah. Nah aku memanfaatkan brosur ini sebagai peta buat ken. Peta untuk mencari benda-benda di rumah yang sama dengan yang ada di brosur.


Berlomba menemukan huruf abjad
Karena ada banyak kardus bekas susu di rumah, jadi aku pakek untuk membuat kartu huruf. Setelah kartunya jadi, aku ajak deh si ken cepet-cepetan nyarik huruf, atau cepet-cepetan merangkai kata.




Masa' pak tarno aja yang bisa sulap. Aku juga bisa donk. hiyaaattt ciyat. wuuss.


Sebenarnya bukan sulap sih (tapi sihir). Cuma biar lebih kece aja jadi aku bilangnya begitu. Hahaha. Cara mainnya, celupkan jari di kaleng lem, lalu oleskan di kertas putih, olesan harus berbentuk abjad. Setelah itu tinggal nyuruh si kecil menaburkan kertas-kertas kecil di atasnya. Dan taraaaa... tampaklah sebuah huruuufffff. hoyeee.


Itulah beberapa permainan yang aku siapkan untuk si kecil ken yang bisa dimainkan di rumah demi menghemat tenagaku selama Ramadhan nanti. Masih berusaha nyarik ide permainan yang lain sih. Soalnya si ken bosenan.

Btw Mohon maaf lahir batin ya manteman. Maafken kalau ada salah salah kata yang aku tulis di sini atau aku tulis di kolom komentar blog temen-temen. Maafin yak ? pokoknya titik. *maksa* hahaha. Jaga kesehatan kita, siapkan jiwa dan raga untuk menjalankan ibadah di bulan puasa nanti. Gitu ya teman temon. Oke dah segitu aja dulu. Lain kali kita sambung lagi. Yuk Cao

19 comments:

  1. Keren mba qu jg mikirin klo puasa ga mungkin qu main lari2an atau loncat2 sama anakku bisa2 pas wudhu kumur2 malah ditelen hahaha

    ReplyDelete
  2. Wahhh... kreatif Mbak. Buat anak yang masih kecil, emang Ibunya kudu kaya strategi yak. Jadi ingat pas anak-anakku belajar puasa. Ha..ha... si sulung sering curi-curi minum air di pancuran di tengah sawah. Wkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. demi menghemat tenaga daku nih mbk widya, jd ya bikinin permainan aja yg bisa dimainin di rmh sm si kecil, byr dia gk ngajakin maen diluar panas2,hahaha

      Delete
  3. Makasih inspirasinya Mba Inda. Met puasa, maaf lahir batin ya.

    ReplyDelete
  4. Kreatif sekali mama Ken, yang brosur minimarket itu joq kepikiran siihh!? hehe..mau coba buat anakku nanti.

    ReplyDelete
  5. iihhh idenya oke loh mbaak.. aku pgn bikin trutama yg simsalabim jadi apa iu..biar sekalian bljr huruf anakku :D

    ReplyDelete
  6. wah bagus yauntuk mengisi waktu puasa anak biar gak bete

    ReplyDelete
  7. wah sulapnya keren, tapi kalo mencari harta karunnya mesti di Indomaretnya lgsg nih haha..secara di rumah biasanya dah pd habis

    Selamat berpuasa ya mbak

    ReplyDelete
  8. Mba inda, suka yg berburu harta karun... Engkleknya jg wokeee ^^ kreatip hihi
    Seneng liatnya

    ReplyDelete
  9. seru dan kreatif....saya aja pasti doyan hahah

    ReplyDelete
  10. aku suka yang dari kertas trus dibikin bikin kayak bongkar pasang mb inda, cute banget gambar poonnya *hahai

    ReplyDelete
  11. Wahyu juga suka permainan bongkar pasang Mba Inda, walau mainannya banyak tetap balik lagi ke permainan bongkar pasang :D

    wahh, selamat menunaikan ibadah puasa juga Mba, mohon maaf bila selama ini saya ada salah-salah kata :)

    ReplyDelete
  12. Whaha kocak tuh Bolling ala ala ulala :D bisa di rekomendasikan nih bagi ibu-ibu yang mempunyai anak balita

    ReplyDelete
  13. Waah boleh banget neh saya coba buat Dimas, soalnya Dimas juga suka permainan bongkar pasang seperti halnya Ken

    ReplyDelete
  14. Kalau disini bukan engklek namanya mba tapi Pecle :)

    ReplyDelete
  15. Miniatur kotanya keren banget. Btw, itu yang peta harta karun, kalo si ibu nyari suatu benda dan ngga ketemu2, bisa "mempekerjakan" anak nih. D

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...