Inspirasi Semangat di Kampung Berseri Astra Keputih Surabaya

Hai teman apa kabar? Aku harap kamu dalam keadaan yang baik dan bahagia di hari ini. Aamiin.

Hari ini aku mau cerita tentang sebuah kampung yang bikin aku dan juga banyak orang terinspirasi bahkan mungkin kamu juga akan ikut terinspirasi setelah membaca tulisanku ini. Nah yang menginspirasi adalah SEMANGAT yang dimiliki oleh para warga yang tinggal di kampung tersebut.

Lalu seperti apa sih Semangat yang dimiliki oleh warga di kampung tersebut yang mampu menginspirasi banyak orang? Atau apa nama kampung yang memiliki warga dengan karakter seperti itu?

Namanya Kampung Keputih Tegal Timur Baru Surabaya. Sebuah kampung yang terletak di pesisir kota Surabaya. Kampung ini berada di belakang bekas area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Keputih.

Dulu, seperti yang kita ketahui pada umumnya, kondisi lingkungan kampung-kampung yang berada tak jauh dari lokasi TPA ini, biasanya, memprihatinkan dan kurang tertata. Demikian juga yang terjadi di kampung Keputih ini. Tidak tertata dan mengalami yang namanya sulit air bersih. Untuk air bersih, mereka  baru bisa mendapatkannya setelah merogoh kantong atau dengan cara membeli. Tentu masalah ini malah menambah pengeluaran tho. Sementara kondisi ekonomi mereka, warga kampung Keputih Tegal Timur Baru ini cenderung berada di kelas prasejahtera. Banyak yang berprofesi sebagai buruh harian dan ibu rumah tangga.

Namun, seiring berjalannya waktu, syukur alhamdulillah, masyarakat kampung ini pun sadar bahwa mereka perlu sebuah tempat tinggal yang lebih baik dari sebelumnya terutama soal ketersediaan air yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka untuk mewujudkan hal tersebut di atas, beberapa dari mereka memiliki inisiatif untuk meminta bantuan pihak terkait salah satunya meminta PDAM memasang instalasi air di kampung mereka. Namun rupanya, kala itu, usaha mereka belum menuai hasil yang manis. Meskipun begitu semangat dan usaha untuk menjadikan kampung tempat tinggal mereka menjadi lebih baik tetap ada.

Hingga akhirnya, usaha mereka pun berbuah. Bahkan berbuah sangat manis.

Tahun 2012, kondisi lingkungan kampung keputih berangsur-angsur menjadi lebih baik. Lalu, tak lama kemudian, kampung keputih terpilih oleh PT Astra International Tbk bersama Grup Astra wilayah Surabaya, sebagai kampung yang akan dibina untuk menjadi kampung berseri Astra. Manis banget kan buah dari pohon semangat pantang menyerah mereka? Yup.

Oya, kampung berseri Astra ini sendiri merupakan Program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplemetasikan kepada masyarakat. Melalui program ini, nantinya, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup para warga di Kampung Berseri Astra.

Pemilihan tersebut tentu sudah melalui beberapa tahapan yang berlaku di Astra yang meliputi:

  • Koordinasi dengan pemerintah daerah
  • Social mapping
  • Penentuan lokasi kampung berseri astra
  • Koordinasi perusahaan group Astra
  • Pembentukan Tim Kampung Berseri Astra. 

Namun selain dari 5 tahapan tersebut, ada satu hal yang membuat Astra mantab memilih kampung keputih tegal timur ini sebagai kampung binaan Astra yakni semangat dan motivasi para warga Kampung Keputih Tegal Timur Baru.

Setelah Astra menjatuhkan pilihan, maka selanjutnya Astra mengajak para warga untuk segera membangun 4 pilar yang ada di program Kampung Berseri Astra. 4 pilar tersebut yakni pendidikan, kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Berkat binaan dari Astra dan semangat warga bekerjasama, bergotong royong, sehingga dalam kurun waktu yang bisa dibilang cukup singkat, secara bertahap, Kampung Keputih Tegal Timur Baru mampu membangun 4 pilar antara lain sebagai berikut:

1. Segi lingkungan
Kampung Keputih Tegal Timur ini nampak begitu asri. Para warga banyak menanam tanaman. Tanaman-tanaman tersebut di tata dengan begitu baik (gambar ada di atas). Kemudian, agar tanaman-tanaman tersebut tumbuh subur, warga pun diajarkan bahkan dibangun rumah kompos. Hal ini dilakukan agar warga benar-benar mahir membuat pupuk kompos sendiri. Sehingga mereka tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli pupuk guna merawat tanaman di kampung mereka.
Sumber gambar: allofbrain.blogspot.com

Tak hanya itu, kampung ini juga dilengkapi dengan bank sampah, Water Treatmant Plan,  pusat pembibitan, dan instalasi pengolah air limbah.
Sumber gambar: sinizam.com

2. Segi pendidikan
Oya kampung ini memiliki tempat atau balai pertemuan warga yang juga difungsikan sebagai tempat warga melakukan pertemuan atau menerima binaan atau belajar. Mulai dari belajar tentang menjaga lingkungan, membuat pupuk kompos hingga mendapatkan pelajaran tentang kewirausahaan. Di sini juga tersedia rumah pintar untuk anak-anak lho. Asyik kan?
Sumber gambar: sinizam.com

3. Segi kesehatan
Untuk masalah kesehatan, di Kampung ini sudah tersedia Posyandu dan Astra memberikan alat-alat kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh posyandu sehingga posyandu dapat melakukan tugasnya dengan baik dan maksimal. 

4. Segi kewirausahaan
Astra juga memberikan ilmu kewirausahaan kepada para warga. Dari binaan atau ilmu kewirausahan yang sudah diperoleh warga, melahirkan aneka macam usaha warga di kampung ini, mulai dari usaha menjual pupuk kompos, bibit pohon, dan menjual hasil tanaman berupa produk minuman hingga jamu.

Usaha-usaha ini dan ditambah dengan bank sampah yang dikelola dengan baik tentu membantu ekonomi para warga. Penghasilan mereka pun menjadi bertambah. 

Nah dengan binaan  berupa pelatihan juga pendampingan dan bantuan dari Astra serta kemauan dan semangat warga yang luar biasa untuk menjadikan Kampung Keputih Tegal Timur Baru ini menjadi lebih baik, maka tak heran jika beberapa prestasi diperoleh kampung ini antara lain:

Pada tahun 2013, kampung ini menjadi pemenang lomba kampung hijau dalam kategori pemula lingkungan berbunga.
Tahun 2014, Walikota Surabaya Tri Rismaharini menganugerahkan Keputih untuk kategori Partisipasi masyarakat terbaik Green and Clean Kategori Berimbang.
Tahun 2015, penghargaan untuk Pengelolaan Lingkungan Terbaik Green and Clean Kategori Maju se-Surabaya.
Dan beberapa penghargaan lainnya
Sumber gambar: sinizam.com

Sebuah perjalanan panjang dan tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hambatan yang harus mereka, warga Kampung Keputih Timur Baru, hadapi. Bahkan mereka sudah menemui hambatan di awal perjuangan. Namun mereka tetap berusaha semangat pantang menyerah. Dan semangat ini pun tak pernah berubah manakala Astra datang untuk membantu mereka mewujudkan mimpi untuk menjadikan kampung mereka lebih baik dari sebelumnya. Mereka tetap berusaha menjaga dan merawat serta tetap semangat berusaha untuk menjadikan Kampung Keputih Timur Baru menjadi lebih baik dan makin baik dari sebelumnya. Semangat seperti ini adalah Semangat ala Indonesia. Semangat yang menginspirasi anak bangsa.
Nah, melihat karakter warga Kampung Keputih Timur Baru yang semangat berusaha seperti ini serta Astra yang membina dan membantu secara maksimal, maka aku optimis, Kampung ini dapat meraih mimpi selanjutnya untuk menjadi Kota Wisata di tahun 2020. Aamiin.

Jadi, itulah semangat warga kampung Keputih Tegal Timur Baru Surabaya yang mampu menginspirasi aku, juga banyak orang. Lalu bagaimana dengan kamu, Teman? Terinspirasi dengan semangat mereka juga, bukan? Semangat yang luar biasa.

***
Kampung Berseri Astra
https://www.satu-indonesia.com/kampungberseriastra/

Semangat Pantang Menyerah Berbuah Berkah.
https://www.satu-indonesia.com/home/artikel/detail/109/semangat-pantang-menyerah-berbuah-berkah

Kampung Berseri Astra, Dari Tempat Sampah Hingga Jadi Jawara Lingkungan
http://m.santrinews.com/Fokus/6323/Kampung-Berseri-Astra-Dari-Tempat-Sampah-Hingga-Jadi-Jawara-Lingkungan

Jambrut di Dalam Tumpukan Sampah

http://allofbrain.blogspot.com/2017/12/jambrut-di-dalam-tumpukan-sampah.html?m=1

36 comments:

  1. Baca tulisan ini menjadi memiliki harapan besar bahwa kondisi sesulit apa pun bisa diubah asal ada kemauan, sukses terus untuk Kampung Keputih dan terus menginspirasi

    ReplyDelete
  2. Md2an semakin banyak wilayah yg menggalakkan kampung ASTRA seperti ini hingga masyarakat bisa memiliki kesempatan untuk menggali keterampilan mereka.

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu kalau ada kampung Keputih Surabaya setelah baca postingan ini. Banyak juga ternyata penghargaan yang sudah diraih oleh Kampung Keputih. Semoga bisa menginspirasi semua kampung di Nusantara untuk menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Balikpapan juga punya KBA.
    Masyarakat dibina agar bisa mandiri bahkan bisa mendapat penghasilan.

    ReplyDelete
  5. Aku suka nih model community development seperti ini

    ReplyDelete
  6. Kampungnya asri bikin betah dan kayaknya adem. Pasti kangen balik kampung

    ReplyDelete
  7. sudah banyak prestasi yang didapatkan Kampung Keputih SUrabaya tapi aku malah baru tau nama kampung ini setelah baca postingan Mbak Inda

    ReplyDelete
  8. Smoga smakin banyak perusahaan yg peduli dgn proyek CSR nya sperti Astra ini 😍

    ReplyDelete
  9. Keputih ini wilayah ITS dan sekitarnya yaa...?
    Masku juga rumahnya di Keputih, jadi ikutan bangga niih...atas prestasi yang ditoreh Kampung Keputih Surabaya.

    ReplyDelete
  10. CSRnya Astra keren banget, nih. Mengangkat kehidupan suatu kampung jadi lebih tertata. Semoga semua kampung kelak seperti ini

    ReplyDelete
  11. Bulan November kemarin aku juga main ke Kampung Berseri Astra Kemuning di Gunubg Kidul. Seneng banget bisa main di sana.

    ReplyDelete
  12. Astra keren ya. Punya banyak kampung berseri. Aku juga rencananya kepengen main ke Kampung Astra yang ada di Bandung. :)

    ReplyDelete
  13. Aamiin .. semoga menjadi kampung yang terpilih ya mbak kampung keputih. Alhamdulillah ada CSR yang peduli pada kampung agar jadi kampung wisata, seperti Astra ini.

    ReplyDelete
  14. Keren ya kampungnya sekarang. Programya Astra memang oke2 deh dan selalu membantu masyarakat.

    ReplyDelete
  15. Mbak kalau mau tahu lebih lanjut tentang rumah kompos dan bank sampah kampung keputih ini bagaimana caranya ya Mbak? Apakah ada web terkait?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung ke lokasi kampung keputih mbk, atau mungkin menghubungi korwil namanya bapak faris henky atau pilihan lain coba mbk ema ke web kampung berseri astra, disana ada segala informasi terkait kampung2 yang termasuk dlm program kampung berseri astra. Monggo dicoba ngge mbk

      Delete
  16. Selalu suka sama program CSR dari Astra dan semoga makin banyak kampung ya yang tersentuh oleh perusahaan lainya tak hanya dari Astra saja.

    ReplyDelete
  17. Wouuw, keren banget kak, pembinaan Astra di kampung tersebut pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat dan semoga bisa menjangkau kampung-kampung lain juga yah mba.
    Amiin mudah2an menjadi kampung wisata terbaik tahun 2020 ��

    ReplyDelete
  18. Semoga program CSR milik Astra ini bisa menyentuh kampung-kampung lainnya di Indonesia. Bahkan yang di pelosok pun. Agar kemakmuran masyarakat bisa terus meningkat.

    ReplyDelete
  19. salut ya dengan program CSR nya ASTRA, aku juga baru-baru ini berkunjung ke Kampung Berseri Astra, next mau aku tulis juga pengalaman berkunjung ke KBA ASTRA

    ReplyDelete
  20. Sudah sering sekali dapat penghargaan yaa, kereen.. warganya pasti tertib2 nih. Astra juga keren, desa binaannya tersebar dimana-mana

    ReplyDelete
  21. Wah keputih semakin bagus ya mbaaa. Senangnya setiap bagian di Surabaya selalu semakin bagus

    ReplyDelete
  22. Kampungnya keren bisa membangun 4 pilar, udah kompliit tuh bisa bantuin banyak warga

    ReplyDelete
  23. Wah liat foto2nya udah bagus ya kampungnya. Keinget zaman dulu kalau denger kata Keputih tu kesannya rusuh dan pasti bau sampah. Moga2 konsisten bersih dan rapi kampungnya ya. Kalau TPA-nya msh ada di sekitar sana jg atau udah pindah mbak?

    ReplyDelete
  24. Keren ih kampungnya mba. Harapanku smoga makin banyak yg merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  25. Salah satu destinasi yang ingin aku kinjungi adalah Surabaya. Keren sekarang, wah ini juga desanya bagus da tertata, semua segi diperhatikan. Semoga semakin baik ke depannya ya mba.

    ReplyDelete
  26. Duh senang deh melihat banyak perusahaan-perusahaan besar seperti Astra yang melakukan kegiatan untuk membantu wilayah-wilayah yang ada di Indonesia. Mudah-mudahan kampung berseri Astra dari PT Astra International Tbk bisa terus berkelanjutan dan menyebar ke wilayah di Indonesia lainnya

    ReplyDelete
  27. kampung yang luar biasaaa ya mba. Bisa menjadi role model bagi kampung lainnya. Dan aku suka karena banyak fasilitas yang memberdayakan warganya

    ReplyDelete
  28. Kampungnya cantik bangeet saya pernah baca beberapa cerita tentang kampung berseri astra di surabaya ini mba, pengolahan sampah di kampung2 tersebut juga sangat baik.

    ReplyDelete
  29. Mantap nih CSR nya Astra. Kalo di Bogor atau Depok ada di mana ya? Pengen juga meliput tempat-tempatnya itu.

    ReplyDelete
  30. Jadi cantik berseri ya Kampung Keputih di Surabaya ini. Astra luar biasa banget konsistensinya untuk selalu peduli pada lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  31. Kemarin suamiku tak mintain buat drum dirijen agar bisa bikin kompos sendiri tapi beliau nggak tau caranya. Andai Astra ke sini juga, hihhiihi

    ReplyDelete
  32. Keren nih kampungnya. Semoga program Astra tersebut bisa diadakan di kampung2 lainnya. Tapi bener juga sih kata pihak astra, salah satu hal yh terpenting adalah semangat dari warganya sendiri untuk bisa berubah lebih baik. Kalau ga ada niat dr warganya, mau dikasih program kyk gimana jg ga bakal berhasil.

    ReplyDelete
  33. kampung yang punya bank sampah
    dan seluruh warganya rajin nabungin sampah ke situ itu juara deh menurutku kemajuan banget
    beda di kota2 besar

    ReplyDelete
  34. Program CSRnya bagus ya mba semoga berlanjut Dan diperluas Serta bnyak yg mencontoh ya mba

    ReplyDelete
  35. Sudah banyak yang membahas soal KBA Keputih ini ternyata
    Saya jadi salut area sampah bisa jadi sehebat sekarang

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Ajak Jelajah Museum, Si Kecil Bakal Bosen atau Nggak, Ya?

Beberapa waktu yang lalu, entah dapat wangsit darimana, aku berinisiatif untuk mengajak si kecil Ken pergi ke museum yang berada tak ja...