Sebab Si Kecil Susah Buang Air Besar

Belakangan ini, si sulungku yang bernama ken, cukup sering mengalami yang namanya susah buang air besar. Hal ini terjadi sepertinya karena aku yang nggak bisa menjaga kesehatan pencernaan si ken. hiks

Iya, sejak aku punya bayi lagi, aku ngerasa bahwa aku ugal-ugalan banget dalam mengurus rumah tangga. Ya termasuk nggak bisa menjaga kesehatan pencernaan si kecil ken. Payah memang, tapi seperti itulah kondisiku saat ini, si full time momma tanpa art plus lagi punya baby pula.

Aku sadar dan aku tahu bahwa betapa pentingnya menghidangkan makanan yang baik bagi pencernaan, terutama untuk pencernaan si kecil ken. Selain menghindarkan dari penyakit pencernaan berupa susah buang air besar, menurut  dr. Soebijanto, ahli gastroentrologi Universitas Airlangga, daya tahan tubuh berpengaruh positif pada pencernaan. Artinya, kalau pencernaan sehat maka daya tahan tubuh pun kuat. Sebaliknya, kalau pencernaan bermasalah maka daya tahan tubuh juga menjadi lemah. Kalau daya tahan tubuh lemah, maka kemungkinan penyakit akan mudah datang menghampiri.

Tak cukup sampai di sini, pencernaan juga memiliki pengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil. Tanpa saluran cerna yang sehat, maka proses pencernaan dan penyerapan zat gizi tidak dapat terjadi secara optimal. Tentu, hal ini dapat menghambat proses tumbuh kembang anak hingga kecerdasan anak.

Sebenarnya, aku masih tetap berusaha menghidangkan menu makanan yang baik untuk pencernaan si kecil ken. Hanya saja hal ini jarang banget bisa aku lakukan. Karena, ya itu tadi, aku harus membelah diri eh membagi waktu antara mengurus rumah dan mengurus bayi. 

Pada dasarnya, menjaga pencernaan si kecil, menurutku, tidak cukup dengan menghidangkan sayur saja. Apakah begitu makan sayur, pasti terbebas dengan yang namanya susah buang air besar? Ooo tentu tidak seperti itu, Raisa. Susah atau tidak susah buang air besar itu dipengaruhi oleh kuantitas SERAT yang ada di dalam tubuh. Apakah kuantitas serat yang ada di dalam tubuh sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum? Apabila kebutuhan tubuh akan serat tidak terpenuhi maka berpeluang untuk mengalami susah buang air besar. Begitu juga sebaliknya.

Pencernaan dan serat itu sendiri adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa serat, tentu saluran pencernaan menjadi mampet terhambat. Dan tanpa serat, penyerapan sari-sari makanan menjadi kurang maksimal, Sobat.

Nah, dilihat dari usia, kebutuhan anak akan serat memiliki ketentuan masing-masing.

Kalau dilihat dari standar kebutuhan serat dari kemenkes di atas, maka kebutuhan serat ken adalah 22 gram setiap hari. Banyaknya yak? Yok i.

Nah dengan kenyataan seperti ini, yang mana si ken jarang makan sayur, tentu nggak mungkin dapat memenuhi kebutuhan serat si ken. Meskipun  ditambah makan buah sekalipun, aku tetap sangsi bahwa memberikan buah dapat memenuhi kebutuhan serat si kecil ken. Mengingat buah-buahan yang disukai ken tidak termasuk ke dalam kelompok buah yang mengandung banyak serat.



Trus bagaimana? Apa donk yang bisa dilakukan oleh aku, si ibu yang rempong karena lagi punya baby dan tanpa dibantu asisten rumah tangga maupun pengasuh bayi, tapi ingin anaknya terbebas dari susah buang air besar? Sepertinya, kalau problemnya seperti ini, maka aku membutuhkan hal yang praktis-praktis deh kayaknya. Tapi apa, ya?

Sejauh ini, yang baru aku bisa lakukan adalah dengan membuatkan si ken jus buah. Aku berharap cara ini bisa membuat si ken terhindar dari yang namanya merasakan susah buang air besar.

Btw, kamu pernah punya pengalaman soal anak susah buang air besar, nggak? Kalau pernah, bolehlah yah aku tahu solusi kamu mengatasi hal ini. Ini sebagai referensi aku dan juga mungkin para pengunjung blog ini yang main ke sini karena memiliki masalah yang sama. Monggo dishare ya, Teman. Matur nuwun.
***

Referensi:

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150317061102-255-39593/tujuh-gangguan-cerna-yang-sering-menimpa-anak-anak

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150316163047-255-39503/gangguan-pencernaan-tingkatkan-risiko-anak-jatuh-sakit

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/kebutuhan-serat-anak-harian/amp/

 https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/daftar-makanan-tinggi-serat/amp/

29 comments:

  1. Wah.. Semoga Ken bisa lancar BAB yaa.. Saya belum punya anak sih mbak, tapi ada keponakan yang masih kecil dan pernah punya permasalahan yang sama. Sama ibunya lebih banyak dikasih asupan salah satunya buah. Alhamdulillah sekarang sudah lancar lagi..

    ReplyDelete
  2. Jus buah baik bagi anak, kalau bisa dicampur sedikit sayuran, Mbak. Ada banyak resep jus buah campur sayur di internet.
    Palung juga susah makan sayur. Kemarin saya masak sayur sup, tahu goreng, pindang asap iris, dan tempe goreng. Tahu dan tempe dimakan, sup dan pindang tidak. Waduh. Mau ngomel bikin capek. Sampai saya pikir sediakan satu menu saja, sayuran berkuah agar Palung dan ayahnya makan itu doang. Namun bisa-bisa diprotes, ha ha.
    Semoga sulung Mbak lebih suka makan sayur sekarang, yang berserat. Repot memang.

    ReplyDelete
  3. Jadi pencernaan harus sehat biar daya tahan tubuh juga bagus ya.
    Anak-anakku agak susah kalo akan sayur, pilih-pilih sayurnya, nggak semua suka. Menyiasatinya dengan mengolah sayur dalam bentuk lain yang disukai anak-anak. Misal, seperti anakku, makan taoge nggak mau, kubuat lumpia yang isinya taoge + wortel, eh ternyata suka. Sayur buncis kalo dibuat tumis buncis mereka nggak mau, begitu kubuat orak-arik (buncis, wortel, telur) mereka sukaa. Jadi ya itu salah satu trik agar anak mau makan sayur. Kalo buah, anak-anakku suka.

    ReplyDelete
  4. Waktu anak-anak saya masih kecil selalu susah buang air besar setiap kali dikasih pisang. Makanya saya gak pernah kasih mereka pisang sampai umur 5 tahun. Kalau sekarang sih gak masalah. Mereka juga doyan banget sama pisang

    ReplyDelete
  5. Aku pernah beberapa kali malah alami hal seperti ini saat putriku, Yasmin balita.

    Rasanya perih melihat doi kesakitan saat mengejan.
    Bahkan pernah fesesnya tuh seperti tahi kambing gitu, bulat-bulat kecil dan keras.

    Kata dokter, susu tertentu bisa memicu terjadinya hal seperti itu, plus pencernaan yang kurang sehat karena kurangnya asupan serat.

    Aku lalu dianjurkan dokter untuk mengganti susu, memberi asupan serat lebih banyak lagi lewat sayur dan buah dan minum air putih.

    ReplyDelete
  6. Sekarang ada yogurt sih Mbak, lumayan bantu jaga pencernaan anak. Kalau Momnya agak mau repot, emang enak sayur asli, seaklian buat latihan biar suka sayur buah

    ReplyDelete
  7. Waah pas banget mba, saya lagi deg degan mau kasih mpasi ke anak nomor 2. Memang masalah pencernaan itu nomor pertama dan sedih kalau anak sakit apalagi ga mau makan apa apa. Waah ada data serat yang mesti dimakan berapa gramnya setiap harinya. Tfs ya mba

    ReplyDelete
  8. I have to admit that I fight with my kids to us because I want them to eat vegetables. It’s not that easy although they know that it’s very healthy.

    ReplyDelete
  9. Nah..membuat anak2 suka sayur memang PR banget ya mba... Dibuat jus sayur + buah tampaknya salah satu solusi yg ok tuh mba..

    ReplyDelete
  10. anakku sampai sekarang nampak sayur kalau nyuap sendiri malah kabur. tapi kalau disuapin tetap dikunyah aja. tantangan banget bikin anak ngunyah sayir dengan kesadaran sendiri hehehe. saya solusinya dgn jus buah aja mba atau es krim buah

    ReplyDelete
  11. Kemarin malah aku yang kena sembelit karena sibuk ngurus anak-anak yang sakit, kurang minum dan makan seadanya aja kurang serat, alhasil tubuh pun berontak karena kecapean dan asupan makanan yang kurang sehat, tersiksa banget susah BAB

    ReplyDelete
  12. Jus buah emang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan serat anak, soalnya kalau sayur agak susah kan

    ReplyDelete
  13. kalo anak anak susah BAB memang yang biasa aku lakukan memberikan ekstra sayuran dan buah mbak.. lebih sering sih buah pepaya.. dan banyak minum air putih.. sejauh ini masih lancar dengan metode banyak buah pepaya dan air putih

    ReplyDelete
  14. Anakku pernah sembelit tapi karna anakku masih bayi pencernaannya justru kebalikan anak anak atau orang dewasa, yang harus dibanyakin justru lemak bukan sayur karna kata dokter buat bayi sayuran justru bikin sembelit hehe

    ReplyDelete
  15. Pernah banget kak ..si kakak itu waktu kecil susah Pup padahal serat terpenuhi makanya dia suka pakai microlax kalau mau pup. Tapi sekarang sudah besar Alhamdulillah ga ada masalah untuk pup.

    ReplyDelete
  16. Beberapa minggu yang lalu Fathir sempet tuh susah buang air Momma Ken, karena dia lagi males2an makan sayur dan minum air putih jugak.

    Aku jejelin pepaya aja terus hahaha.
    Di kulkas selalu nyimpen pepaya yang udah dikupas dan taro dalam kotak, jadi tiap abis makan aku suruh langsung makan pepaya aja.
    Sehat2 terus yaaaah buat Ken :))

    ReplyDelete
  17. Anak susah BAB memang bikin ibunya sedih yaa, Mba. Kalo Wahyu susah BAB biasanya saya buatkan jus buah + perbanyak minum air putih. Nanti mau coba beliin dia yoghurt ahhh :)

    ReplyDelete
  18. Wahyu gak suka sayur nih, kadang pusing juga suruh dia makan sayur karena pasti ditolak. Jalan satu-satunya agar kebutuhan seratnya terpenuhi yaa dengan memintanya banyak minum air putih dan makan buah favoritnya :)

    ReplyDelete
  19. Dulu waktu anak yang kelima konstipasi, saya kasih air buah peer mbak. Jadi buah peer diparut terus dipertahankan airnya, diminumkan pada si kecil. Alhamdulillah langsung lancar. Saya Mayan panik juga waktu itu sebab usianya kan baru 6 bulan. Baru belajar makan MPASI gitu. Terus kayaknya kebanyakan makan pisang atau ubi gitu. Terus konstipasi.

    Alhamdulillah dikasih air peer bisa keluar semua. Sejak itu saya variasikan makannya.

    ReplyDelete
  20. Bukan payah kok mbak, semua ibu pasti maunya yg terbaik buat anak-anak, tapi jadi proses belajar ya. Aku pun pernah mengalami kesalahan kok terutama tentang pemenuhan serat buat anak. Sedih ya kalau anak sembelit kaya gitu, kasihan lihatnya.
    Aku carikan buku yang berkaitan dengan sembelit mbak Allhamdulillah jadi anak-anak ngerti & mau makan buah serta sayur

    ReplyDelete
  21. Perbanyak dengan makanan berserat si bisanya kalo tanteku, biar keponakanku lancar dalam buaang air besarnya
    pepaya dan jambu itu biasanya juga dihaluskan untuk diminum, agar mudah dalam BAB

    ReplyDelete
  22. Kalau bayi saya belum pernah mengalami susah BAB mbak, tapi yang saya tahu sih unutuk mengatasi sembelit si kecil selain buah juga perbanyak minum air putih.

    ReplyDelete
  23. Kalo lihat anak susah BAB kasihan banget aku, Kadang suka aku belikan yogut karna anak ku yg kecil nggak suka sayur

    ReplyDelete
  24. Nah ini yang kadang terlewatkan oleh ibu-ibu. Kebanyakan merasa cukup dengan memberikan sayur pada anak. Padahal bukan cuma masalah ada sayur atau tidak. Tapi jumlahnya mencukupi kebutuhan si anak apa tidak...
    Aku sendiri juga sering khawatir, takut kalau anakku kekurangan serat, karena proses pemasakan juga berpengaruh pada nutrisi makanan yang di masak kan?

    ReplyDelete
  25. Anakku suka banget sama Yogurt, yang yogurt Yo! Ini rasanya ga kecut banget jadi anak2 doyan

    ReplyDelete
  26. Salah satu cara untuk mengakali kekurangan serat pada anak gini dengan mencampurkan sayuran ke makanan seperti nasi goreng atau bola-bola nasi mba. Nasi doang dikepel2 dicampur sayuran trus dilapisi telur dan tepung panir, goreeengg... Ken pasti ntar suka deh.

    ReplyDelete
  27. Aku belum punya anak mba jadi ga bisa share. Tapi dari pengalaman teman2ku, cukup dikasih buah dan sayur aja biasanya pup si anak akan lancar sih.

    ReplyDelete
  28. Rara pernah tuh susah BAB sampai berhari-hari nggak buang air besar. Kasian banget. Trus, aku kasih buah pepaya sama pisang. Padahal Rara termasuk anak yg suka sayur sih

    ReplyDelete
  29. aku belum berhasil nih bikin anak2 aku suka sama buah dan sayur.. udah pernah juga di juice ini tapi dilepeh hahaha/. tp pengalaman susah BAB itu anak kedua sering , gegara emang jarang banget makan buah

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Traveling ke Banyuwangi: Berbagi Kenangan dengan yang Tersayang

Beberapa waktu lalu, kabupaten Banyuwangi sempat viral. Berkat sebuah cerita horor KKN DESA PENARI yang dicuitkan oleh akun Simpleman di Tw...