DIY Mainan Solar System


Hai, Mamis.

Libur semester ganjil kemarin si ken mendapatkan tugas sekolah membuat prakarya dengan menggunakan bahan dari barang bekas.

Nah waktu aku tahu bahan yang harus digunakan untuk membuat prakarya adalah barang bekas. Naluri kebekasanku seketika itu membuncah *halah. Kecintaanku akan barang bekas membuat aku excited dengan tugas sekolah si ken ini. Dah, yang diberi tugas si ken, yang semangat malah saya. Yoyoilah.

Mungkin saking excitednya, aneka macam ide bermunculan difikiranku. Mulai dari ingin bikin mainan sepak bola mini, lempar basket, lintasan balap mobil, hingga solar system. Tapi untung saja, remku cukup paten. Jadi aku nggak akan bikin prakarya sesuai dengan kehendakku atau keputusanku melainkan atas keputusan si kecil ken.

Mengapa harus mengutamakan keinginan si ken? Ya karena memang ini adalah tugas sekolah si ken. Di samping itu, menurutku, penting untuk membuat prakarya berdasarkan keinginan si ken. Karena dengan begitu, ia juga akan merasa excited, mau ikut bantu bikin, dan ini yang paling utama karena kata Ibu guru wali kelas Ken:
"Jadi ini yang paling utama, membangun bonding orangtua dan ananda selama liburan, Ma. Bukan bagus-bagusan prakarya koq, Ma." Begitu penjelasan dari guru wali kelas si ken.
"Nantinya prakarya yang dibuat oleh orangtua dan ananda akan dipresentasikan di depan kelas oleh ananda, seperti itu, Mama" lanjut ibu guru.

Alasan lainnya adalah karena nantinya si ken akan presentasi di depan teman-teman kelasnya mengenai prakarya yang ia buat. Jadi dengan ia memilih sendiri prakarya yang mau dibuat, aku berharap si ken mampu presentasi prakarya yang ia buat di depan kelas, di depan teman-temannya.

Dan akhirnya pilihan si ken pun jatuh kepada membuat Solar System.


Ok fix, kita bikin solar system. Tapi gimana caranya?

Iya aku sempat melontarkan pertanyaan itu kepada diriku sendiri. Gimana cara bikinnya. Mau bikin solar system ala-ala mainan solar system yang sudah mainstream karena sering aku temui di olshop hingga di pinterest dan sebagainya atau bikin yang unik?

Pertimbangannya adalah kalau bikin yang unik adalah agak butuh perjuangan tapi hasilnya insyaAllah oke. Sementara itu, yang satunya adalah tidak butuh perjuangan karena tinggal ngeprint dan gunting-gunting saja. Trus gimana?

Pilihanku jatuh kepada bikin solar system yang unik. Biar bisa membuat kesan bagi si ken. Selain itu, bahan-bahannya juga secara kebetulan sudah tersedia di rumah. Hanya kurang kertas warna hitam saja dan kertas berwarna gold.

Lalu bagaimana cara membuat prakarya Solar System dari barang bekas?

Yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, tentu adalah bahan membuat Solar System donk ya. Nah seperti apa bahan-bahannya? Cekidot di bawah ini yak.

Bahan:
Bagian bawah kardus bekas air mineral kemasan
Kardus susu formula
Kawat jemuran
Kertas warna hitam
Kertas warna gold
Double tip
Isolasi
Lakban hitam
Magnet
Gambar solar system

Alat:
Tang
Gunting

Cara membuat:
1. Alas lintasan solar system
Gunting bagian bawah kardus bekas air mineral kemasan.
Gunakan lakban hitam untuk membuat bagian bawah kardus menjadi tidak embeliyut alias kokoh. Bagian bawah kardus air mineral dijadikan sebagai alas dari lintasan solar system.
Paskan kertas hitam dengan bagian bawah kardus air mineral kemasan tersebut lalu gunting kertas hitamnya.
Setelah kertas digunting sesuai ukuran alas lintasan solar system lalu tempelkan ke alas lintasan menggunakan double tip.

2. Membuat planet
Tempelkan gambar planet di atas kardus bekas susu formula.
Gunting satu persatu gambar planet.
Lalu tempelkan planet-planet di atas magnet.
Note: perhatikan ukuran tiap magnet. Misal planet merkurius yang lebih kecil dari venus dan sebagainya.


3. Lintasan solar system
Ada 8 lintasan yang dibuat.
Potong kawat jemuran menggunakan tang menjadi 8 dimulai dari ukuran yang paling pendek sampai yang paling panjang.
Perkirakan ukuran lintasan planet. Misal untuk lintasan planet merkurius yang paling dekat dengan matahari tentu ukuran lintasannya lebih pendek dari venus. Selain itu juga perhatikan jarak antar lintasan. Untuk jarak antar lintasan ini disesuaikan dengan besarnya tiap planet. Ketentuan ini berlaku sampai pada planet neptunus.
Tempelkan lintasan-lintasan tersebut menggunakan isolasi (bisa juga pakai lem tembak).

4. Membuat benda-benda langit
Gunting kecil kecil kertas berwarna emas.
Lalu tempelkan double tip di atas isolasi yang berada di atas lintasan.
Kemudian taburkan serpihan kertas emas tadi di atas double tip.

5. Mainan solar system pun siap dimainkan.

Gimana, lumayan panjangkan tahapan pembuatannya? Meskipun begitu, mainan ini berhasil bikin bocah senang dan tertarik untuk memainkannya. Adanya rasa tertarik itu sendiri penting dalam kegiatan belajar. Rasa tertarik adalah modal awal suksesnya transfer ilmu pengetahuan kepada si kecil.


Ayo bikin. Bikin bareng sama bocah malah seru loh, Mam. Oya kalau dari tahapan di atas ada yang belum jelas, silakan tanyakan di kolom komentar ya, Mam. InsyaAllah segera daku jawab.
Dan
Matur nuwun sudah berkunjung di sini ya, Mam.

24 comments:

  1. Waaah kreatif bgt mba. Izin bookmark buat anakku nanti ya hehe

    ReplyDelete
  2. Emaknya kreatif nih bikin anaknya bersemangat. Tp ribet juga sih bikinnya. Untung bunda udah gak punya batita or balita, hihihi... Keten lho kreasinya si mama n sang permata hati.

    ReplyDelete
  3. Saya dan anak-anak juga pernah bikin permainan solar system. Gak seperti ini permainannya. Tetapi, apapun caranya yang penting bisa belajar sambil bermain dengan anak :)

    ReplyDelete
  4. Untuk mempermudah anak-anak belajar mengenai solar system ada banyak cara ternyata ya, Mak. Suatu hari nanti, saya pasti bakal mencari informasi ini nich, apalagi anak sulungku sudah mau kelas 4, pelajarannya dah buanyak

    ReplyDelete
  5. Kreatif banget ini dan bisa diajarkan ke anak-anak ya, sekalian mereka juga belajar tentang solar system. Ngomong-ngomong anak-anak sekarang pelajarannya udah jauh lebih maju dari jaman dulu, lebih padat, beragam, juga ada tambahan life skill seperti presentasi, yang berguna banget ketika anak memasuki dunia kerja

    ReplyDelete
  6. Bisa membuat sendiri mainan solar system bersama buah hati pasti menyenangkan ya mbak. Tentunya menimbulkan kepuasan tersendiri bagi anak, bila anak ikut serta menciptakan mainan sendiri. Selain itu akan memunculkan kemandirian dalam diri anak bila ia mampu tampil mempresentasikan hasil karyanya didepan kelas.

    ReplyDelete
  7. Kapan ya aku bisa buat DIY mainan solar seperti itu. Hihii. Mba Inda emang kreatif. Aku mau ah nyobain bikin ama anakku

    ReplyDelete
  8. Waah...ini emaknya yang kreatif, deh hihihi
    Dengan membuat prakarya seperti itu, bisa ikut menstimulasi kreatifitas anak dan anak juga lebih cinta lingkungan dengan mendaur ulang barang bekas ya...

    ReplyDelete
  9. Mbak, kreatif amaaaaat! Aku tahun lalu cuma bikin gambar bulan doang pake styrofoam. Soalnya haru dibikin model 3D gitu, trus aku sendiri yang ribet jadinya karena anaknya belum bisa potong2 styrofoam sesuai garis. Tapi dia bantuin juga kok, guntingin kertas gold-nya. :))

    ReplyDelete
  10. Wah seru yah mbak bisa bikin DIY mainan solar system bareng anaknya. Emaknya benar-benar kreatif nih.

    ReplyDelete
  11. Whua...Ken pinter banget udah sampai ke pelajaran tatasurya ya. ini juga unik mba, cukup bagus dan mudah dipahami untuk anak seusia KEn. aku jadi mau nyontek ah

    ReplyDelete
  12. Subhanallah.. anakku lagi suka belajar tentang luar angkasa nih.. idenya menarik juga mba, aku akan coba buat ini diruma.. semoga hasilnya tidak mengecewakan dan anak-anak dirumah suka.. aamiin

    ReplyDelete
  13. wah keren..jadi pengen nyoba. kalau ku bikin nanti aku komen disini lagi ya mba haha. secara anak ku suka bebikinan kayak gini. terimakasih ide nya

    ReplyDelete
  14. Mama kreatif banget ya, keren bisa bikin DIY mainan solar system kaya gini anak pun belajar dan cepat mengertinya pasti.

    ReplyDelete
  15. Seruuu memberikan anak pengalaman luar biasa ya Mba
    idenya masyaAllah aku juga pengen praktik nih hahahaha

    ReplyDelete
  16. Mom, mungkin bisa dibuatin video sederhana tentang pembuatan dan cara mainnya yaaa... Anakku tertarik nih pengin buat solar system juga. Siapa tau ntar pas di kelas berikutnya dapet tugas seperti ini kaaann...

    ReplyDelete
  17. kereeen lho mbaaa project DIY nyaaa. Aku inget pernah buat yang sama untuk Bo saat dia kelas 5 di PS 122 NYC. Seruuu banget buatnya

    ReplyDelete
  18. Wah, keren. Boleh-boleh nih idenya dicontek. Anakku yang nomor 3 suka banget per-solarsistem-an. Pengen banget dibeliin alat-alatnya. Sebelom beli yang mahal, bisa juga ya bikin kayak gini. :)

    ReplyDelete
  19. Jadi orangtuanya juga harus serba bisa ya untuk mendampingi anak mengerjakan tuhas sekolah. Anak saya masih kecil jadi kreativitasnya belum sejauh ini. Makasih sharingnya Mak.

    ReplyDelete
  20. Waaah menarik mbak, mau bikinin juga ah buat anak2. Biar belajar jg ttg surya dengan cara ini. Btw kawat jemurannya beli di mana ya? Apa di toko bangunan gtu?

    ReplyDelete
  21. Masya Alloohhh kreatifnya bunda dan Ken, solar system itu emang penting bgt tau. Semangat bunda dan Ken

    ReplyDelete
  22. Kreatif banget mbak, padahal dari barang bekas ya, gak nyangka bagus hasilnya. Anak senang, emak juga hepi hehe.

    ReplyDelete
  23. Asyik ya bisa membuat permainan juga alat belajar. Keren banget mbak. Alhamdulillah dari benda yang bekas bisa menghasilkan benda bermanfaat ya. Good job kakak

    ReplyDelete
  24. kamu kreatif banget sih mba. aku aja sebagai ibu nggak terpikirkan lho untuk ajak anak bikin mainan kaya gitu. ahh musti banyak belajar aku ini

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Yuk, Stimulasi Literasi Anak Sejak Usia Dini Mulai dari Rumah (Bonus: Aneka Macam Permainan untuk Menstimulasi Literasi Anak)

Literasi merupakan sebuah kata yang digaungkan makin lantang beberapa tahun belakangan ini, terutama saat Kemendikbud semakin intens mengg...