Ini Solusi Bagi yang Ingin Berbisnis Tapi Terhambat Modal


Seringkali, orang yang mau memulai bisnis terjebak dengan pikiran soal modal usaha. Pikiran ini bisa dibilang cukup ampuh membuat langkah untuk memulai usaha menjadi berat bahkan malah bisa buat mundur teratur alias tak jadi memulai usaha. Tentu hal ini sangat disayangkan, bukan? Ibaratnya, belum melangkah sudah menyerah. Jika memang bermasalah di modal bisnis, maka kenapa tidak menjadikan mencari pinjaman sebagai salah satu solusi? Seperti mencari pinjaman ke keluarga atau ke teman atau mencari pinjaman ke bank, bukan malah balik kanan bubar jalan. Ya, nggak?

"Duh, aku nggak berani mencari pinjaman untuk modal memulai bisnis, nggak ah, atut". 

Mungkin kalimat itu yang terlintas di pikiran manakala ide untuk mencari pinjaman muncul di kepala. Hal ini wajar terjadi apabila belum memiliki rencana bisnis yang matang.

Aku dan suami sendiri pernah mengalami hal di atas. Entah gimana, waktu itu, kami merasa takut untuk mencari pinjaman demi mewujudkan keinginan kami untuk membuat bisnis kedai kopi. Namun, setelah kami mempunyai rencana yang matang, kami pun memiliki keberanian untuk mencari pinjaman untuk memulai bisnis kedai kopi kami. 

Berdasarkan beberapa artikel yang aku baca juga dari pengalaman aku dan suami, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh orang yang akan memulai usaha sebelum memutuskan untuk mencari pinjaman. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ide bisnis
Mendapatkan ide bisnis, bisa dibilang semudah membalikkan telapak tangan. Namun tidak semua ide dapat mengantarkan si pemilik ide kepada titik kesuksesan. Untuk itu, alangkah baiknya, sebelum mewujudkan ide bisnis, harus dilakukan seleksi atau dipilah pilah terlebih dahulu. Jangan asal comot. Jangan buru-buru mewujudkan. 

Ide bisnis yang biasanya akan sukses adalah ide yang muncul dari memperhatikan tren bisnis yang sedang berkembang saat ini. Seperti es milo, nugget pisang, kebab dan sebagainya. 

Namun, ada juga yang memilih ide bisnis berdasarkan passion yang dimiliki. Ini juga bisa saja mengantarkan pada kesuksesan. Karena pasti si pemilik ide bisnis berdasarkan passion ini memiliki komitmen tinggi, tekun, dan pantang menyerah. 

Jika ide bisnis yang dimiliki sudah dipilih dipilah, dipertimbangkan sebaik mungkin dan dipikirkan matang-matang, maka bolehlah untuk berani mencari pinjaman demi bisa mewujudkan ide bisnisnya. 

2. Strategi bisnis
Menjalankan bisnis tanpa strategi, bagaikan naik perahu tanpa dayung. Hanya mengandalkan arus untuk bergerak. Padahal arus tak selalu membawa kepada tempat yang indah. Adakalanya arus membawa pada jalur jalur berbahaya.

Strategi bisnis yang harus dibuat adalah mulai dari sasaran konsumen, promosi, pemilihan lokasi, hingga desain tempat bisnis. 

Jadi, dengan memiliki strategi bisnis yang baik dan matang, pada umumnya, ini akan membuat bisnis menghasilkan pundi pundi yang membuat tersenyum girang karena bisa dipakai untuk melunasi pinjaman. 

3. Punya tabungan
Sebagaimana fungsi tabungan yakni untuk membantu di kala butuh, menyelamatkan di saat terancam maka seperti itulah peran tabungan dalam bisnis. 

Dengan memiliki tabungan saat berbisnis, akan membuat pebisnis terutama pebisnis pemula atau newbie menjadi tangguh tatkala bisnis yang tengah dijalani atau tengah dirintis diterpa dengan yang namanya sepi konsumen, atau hanya balik modal hingga rugi bandar. Kalaupun jatuh, tak sampai membuat lumpuh, malah membantu untuk bangkit, kembali berbisnis, dan belajar dari kegagalan yang terjadi sebelumnya. 

Jadi jangan pinjam, kalau nggak punya tabungan. Boleh pinjam, kalau punya tabungan. Jika suatu waktu bisnis tidak menghasilkan uang untuk bayar pinjaman, maka bisa menggunakan tabungan. Jika suatu waktu bisnis rugi bandar, bisnis tetap bisa tetap bertahan dan berusaha lebih baik lagi. 

Nah, jadi kalau sudah memiliki 3 poin di atas, maka bolehlah mengajukan pinjaman. Tak perlu ada rasa takut mencari pinjaman untuk modal bisnis. 

Setelah mendapatkan pinjaman, yang harus dipikirkan adalah cara untuk melunasi pinjaman.

Aku dan suami bersyukur, karena kala itu kami mendapatkan kemudahan dalam mencari pinjaman. Seorang sahabat dari suami, mau memberikan pinjaman kepada kami untuk memulai bisnis kedai kopi bahkan tanpa bunga.  Alhamdulillah.

Tentu kami senang sekali namun di sisi lain juga ada rasa tak enak alias sungkan kepada sahabat suamiku itu. 


Oleh sebab itu kami pun sepakat untuk menggunakan hasil jualan kedai kopi untuk fokus melunasi pinjaman. Kami juga melakukan promo yang cukup massive untuk menarik pembeli datang ke kedai kopi kami. Trus, di masa masa awal bisnis kedai kopi, untuk sementara kami menjalankan berdua saja, tanpa karyawan. Karena selain demi menggenjot penghasilan kedai untuk membayar pinjaman, kami juga ingin tahu terlebih dahulu rata-rata penghasilan kedai kopi per bulan.

Nah, syukur alhamdulillah, dengan melakukan langkah-langkah tersebut, sebelum 1 tahun, kami sudah bisa melunasi pinjaman.

Jadi seperti itulah awal mula perjalanan merintis bisnis kedai kopi kami. Kami senang sekali. Karena mimpi untuk memiliki bisnis sendiri alhamdulillah bisa kami wujudkan juga.

Nah bagi Kamu yang juga ingin merintis sebuah bisnis namun terkendala modal, coba deh mencari pinjaman. Kamu bisa mencari pinjaman ke keluarga, ke teman atau ke bank. 



Oya bagi Kamu yang sudah memutuskan untuk mencari pinjaman di bank, saranku, Kamu survey atau cari informasi soal pinjaman dulu dari beberapa bank. Setelah itu Kamu pilah dan pilih. Tapi kalau seandainya Kamu tidak ada waktu untuk survey offline, saranku, Kamu bisa melakukan survey secara online yakni melalui cekaja.com atau langsung klik link berikut ini yak.
https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan

Di cekaja.com atau di link di atas, Kamu bisa mendapatkan banyak informasi soal pinjaman di beberapa bank dan Kamu juga bisa mengajukan pinjaman melalui cekaja.com yang merupakan toko finansial online pertama di Indonesia.

33 comments:

  1. Jadi minjam bisa lihat dulu ya berapa bunga dan syatatnya sehingga mempermudah kita . Tidak perlu lagi datang ke bank satu persatu. cekaja.com

    ReplyDelete
  2. Sudah ada solusi bagi yang ingin memiliki modal untuk usaha. Tinggal cek aja mana yang lebih baik melalui website CekAja

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat aplikasi lain yang ada Aja nya juga hahaha.
    membantu banget ya CekAja ini dalam meminjam modal usaha.

    biar gak ketipu emang kudu rajin di cek duluan sebelum meminjam dana :)

    ReplyDelete
  4. Wah dilema para pengusaha awal ini, kadang mandeg bikin Usaha kalau modal kurang dan gk tau mesti melakukan pinjaman ke mana. Infony bermanfaat bnget mba ��

    ReplyDelete
  5. Wah, kalau butuh modal usaha sekarang udah ada CekAja yang bisa membantu kita yah. Asyik bener kita bisa itung2an dulu survey kecil2an biar gak berat nanti bayar cicilannya.

    ReplyDelete
  6. Untuk urusan ide bisnis, kita bisa juga mbak pakai cara ATM, amati, tiru, modifikasi. Lumayan berguna buat mereka yang pengen usaha tapi malah mentok di ide usaha.

    ReplyDelete
  7. Ide dan strategi bisnis ini yang benar2 ribetnya kayak cari jodoh, ya.

    ReplyDelete
  8. Cekaja solusi untuk teman-teman yang sedang merintis bisnisnya dan bingung mikirkan bagaimana mencari informasi pinjaman modal usaha ya Mbak. Sukses selalu untuk kedai kopinya.

    ReplyDelete
  9. Kebetulan lagi mikir juga untuk usaha di rumah di Mbak, kecil2an aja tapi ttp butuh modal. cuss meluncur ke cekaja utk baca2 dl

    ReplyDelete
  10. CekAja seperti portal keuangan yang memang sangat menginsipirasi berbagai golongan khususnya yang ingin memulai bisnis atau masalah keuangan lainnya. Keren euy.

    ReplyDelete
  11. CekAja ini bantuin banget ya dengan menyediakan berbagai informasi yang bisa dipilih oleh mereka yang sedang mencari pinjaman. Jika untuk modal usaha, pas banget lho buka situs yang satu ini. Sangat bermanfaat dalam mendapatkan berbagai informasi keuangan.

    ReplyDelete
  12. Aku jg lg mikir nih pengen bisnis yg sesuai dengan passion akuh biar ngerjainnya enak ya...

    ReplyDelete
  13. Setuju banget, kudu ada tabungan kalau mau minjem. Eh mungkin bukan tabungam ya tapi emmang semacam dana yang diinvestasikan buat cadangan modal usaha, jd kalau ada apa2 ya itu akan dipakai.

    ReplyDelete
  14. Iya, kadang ketika usaha kita sedang butuh modal, mau mengajukan pinjaman itu butuh keberanian. Kalo CekAja ini bisa dijadikan pertimbangan ya, syaratnya mudah dan yang penting udah ada usahanya serta planning jangka panjan pun positif

    ReplyDelete
  15. Aku sering dengar soal KTA, tapi gak paham ngajuin di mana. Gak taunya gampang banget ya cara ngajuin dan prosesnya dg cekAja.hehe.

    ReplyDelete
  16. Internet semakin canggih, dunia permodalan pun semakin mudah. Buat yang berwirausaha, kini bukan hambatan lagi ya cari modal. Bisa secara online. Melalui KTA Cek Aja ini misalnya.

    ReplyDelete
  17. Hmm, boleh banget dipelajari. Pengen deh bisa usaha, tp pinjaman bank itu bikin lelah, syaratnya banyak amit dehh.. Coba cekaja aahh.. Makasih infonya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Mbak Inda, kalau KTA gini bunganya gede apa enggak? Lumayan juga nih kalau bunga gede sedangkan bisnis baru jalan.

    ReplyDelete
  19. Aku mau kepoin webnya dulu aah..
    Siapa tau dapat inspirasi.
    Karena bisnis butuh banyak survey.
    Hehehe...

    ReplyDelete
  20. Aku juga kadang takut mau pinjem uang buat modal usaha, takut nggak bisa ngembaliin hihi. Apalagi kalo bunganya gede

    ReplyDelete
  21. Cekaja memudahkan banget ini ya Mba buat kita-kita yang punya usaha
    kayaknya usaha craft aku juga butuh bantuan modal nih, kepo ahhh ke cekaja

    ReplyDelete
  22. Iya ya bagusnya karena Cekaja bisa memudahkan dalam urusan modal apalagi bagi yang baru mau memulai usaha yang sesuai passion

    ReplyDelete
  23. Wah solusi buat calon pengusaha nie.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah ya sekarang mau buka usaha bisa lebih terbuka peluangnya karena ada kemudahan pinjaman

    ReplyDelete
  25. Bener banget, kadang udah ada ide mau jualan apa tapi begitu mau eksekusi gak jadi2. Alesannya macam2 tapi biasanya terpentok di modal. Alhamdulillah sekarang udah ada solusinya.

    ReplyDelete
  26. Sekarang udah tersedia lengkap ya layanan dan informasi untuk segala bentuk pinjamaan. Cek aja di cekaja.com :)

    ReplyDelete
  27. CekAja sangat membantu, utamanya para pemilik umkm seperti aku ini, terima kasih ya bun, artikelnya membantu sekali.

    ReplyDelete
  28. Cekaja.com jd solusi buat yg kepepet mau pinjem buat modal nih, buat yg pinjem gunakan pinjaman dg benar, buat modal usaha bole, jgan buat gaya hidup

    ReplyDelete
  29. Semoga bermanfaat ya buat yang buka bisnis. Aku ikut mendoakan aja karena belum berani buka bisnis sendiri hehe

    ReplyDelete
  30. Wuuiihh penjelasan yang lengkap tentang bisnis...Intinya seandainya bisnis dapat modal pinjam yang harus tetap waspada dan bijak menggunakan..😄😄

    ReplyDelete
  31. Wuuiihh penjelasan yang lengkap tentang bisnis...Intinya seandainya bisnis dapat modal pinjam yang harus tetap waspada dan bijak menggunakan..😄😄

    ReplyDelete
  32. Cekaja memberikan pinjaman yang dapat membantu ukm ya.yang Tapi semoga yang peminjam memiliki perhitungan tepat dengan pinjaman nya

    ReplyDelete
  33. Cekaja membuat kita jadi pinter milih pinjaman online yg aman ya mbak.

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Rawat atau Musnah, Ini Cara Sederhana Ibu Rumah Tangga Turut Serta Menjaga Cagar Budaya Indonesia

Ada kabar yang mencuri perhatian di tengah berita soal asap yang mengepung beberapa wilayah di Indonesia. Kabar tersebut mengenai ditemukan...