Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Source google


Assalamu'alaikuuummm

Aku tu, suka berubah wujud eh sikap kalau pas puasa. Yang kalau pas nggak puasa, suka ngobrol suka diskusi ini itu sama temen sama keluarga atau sama suami gitu, berubah jadi lebih pendiam jarang ngomong. Hal ini karena aku khawatir bau mulutku menyerang mereka semua. *hahay. 

Jadi nih, kalau ada temen kalian yang sikapnya berubah pas puasa, mungkin salah satu penyebabnya seperti aku. Karena ia khawatir mulutnya mengeluarkan bau yang tak enak. Jadi jangan seudzon dulu, yak. 

Ya begitulah aku. Etapi kadang bukan karena khawatir bau mulut juga, sih. Melainkan lagi berusaha untuk hemat tenaga dengan nggak ngobrol atau nggak nimbrung diskusi. Hehe. 100
Nah, sikapku yang pendiam selama puasa, akan berubah setelah santap berbuka puasa.  

Dari artikel yang aku baca di ruangguru, bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh beberapa hal antara lain sebagai berikut. 
1. Karena sisa makanan yang nyangkut di gigi atau lidah lalu membusuk. 
Pada saat mengunyah makanan, tentu berpeluang meninggalkan sisa makanan di gigi atau lidah. Baik itu tersangkut di sela-sela gigi atau menempel di area lidah. 
2. Dari karang gigi, atau gigi berlubang.
Memiliki gigi berlubang atau karang gigi, malah memperparah menumpuknya sisa makanan di area mulut. Bisa jadi double double baunya. *wadidaw.  
3. Produksi air liur atau saliva yang berkurang
Saat mengunyah, secara langsung kita memproduksi saliva. Nah, saat puasa, kita tentu tidak melakukan aktivitas mengunyah makanan tho. Maka produksi saliva pun jadi berkurang drastis. Saliva di sini nantinya berfungsi membantu proses mengunyah dan Saliva berguna untuk melembabkan mulut, sehingga dapat mencegah bau pada mulut kita.
4. Sistem pencernaan
Prof. Heriandi Sutadi yang merupakan spesialis kedokteran gigi anak, juga mengutarakan hasil penelitiannya. Menurutnya, cairan pencernaan akan tetap keluar meskipun tidak ada asupan makanan selama manusia berpuasa. Keluarnya cairan pencernaan tadi, berpengaruh pada lapisan perut kita, kemudian mengakibatkan munculnya bau makanan basi atau seperti bau busuk. 
5. Karena cadangan lemak pada tubuh
cadangan lemak pada tubuh kita juga melepaskan bahan kimia keton yang didorong keluar bersamaan dengan nafas, hasilnya mulut kita mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Ada banyak ternyata penyebab bau mulut saat berpuasa. Tapi bukan berarti bau mulut tersebut tidak bisa dihalau hiyat ciyat gitu. Pasti ada caranya. 

Di detik health dijelaskan soal cara sederhana mengatasi bau mulut saat berpuasa. Mulai dari saat sahur yang dianjurkan untuk tidak makan makanan yang berbau, lalu memperbanyak.mium air putih, menggosok gigi juga lidah, kumur dengan obat kumur, dan tidak merokok. 

Oya aku juga punya cara sederhana mengatasi bau mulut saat berpuasa, lho. Gampang banget. Yakni, tutup saja mulut saat hendak berbicara atau mungkin tidak berkata kata sama sekali saat sedang berpuasa. Hehe. 

Jadi seperti itulah, penyebab dan cara sederhana mengatasi bau mulut saat berpuasa yang sudah aku praktekkan. Alhamdulillah ampun. Kalian jangan lupa dicoba juga, yak. Matur nuwuuuuunnnn. 


No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Reda Rasa Rasa: Baper Karena

Assalamu'alaikum,  Hai Mamis Hari ini, rasanya lelaaaaahhh banget. Lelah jiwa juga raga. Kalau lelah raga, bisa diatasi dengan i...