Pilihan Gaya Rambut untuk Ibu Menyusui


Assalamu'alaikuuummmm

Alhamdulillah, aku baru saja selesai beres beres rumah, bersih bersih, nyapu nyapu gitu. Capek? Lumayan. Laper? Yok i lah, namanya juga lagi puasa *hahay.

Tapi itu semua teralih, begitu aku lihat gerombolan rambut yang menjadi satu sama debu-debu kotoran kotoran yang berhasil tersapu. Banyak bener, lho, astaga. Dan sebagian besar rambut rontok itu ukurannya panjang gitu. Jadi ketahuanlah yah, siapa pemilik rambut rontok itu. Yang tak lain adalah diriku.  Hadehh. 

Aku nggak kaget sih dengan banyaknya rambutku yang rontok. Karena aku sudah pernah mengalami hal ini. Dulu, waktu menyusui anak pertama. Dan sekarang terulang kembali waktu menyusui anak kedua. 

Apabila dilihat dari sudut pandang dunia media, rambut rontok saat menyusui adalah hal yang normal. Kondisi ini biasanya akan terjadi selama beberapa bulan awal sejak melahirkan, bahkan kadang hingga satu tahun. Namun seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan membaik dan rambut akan kembali tumbuh normal.

Kerontokan rambut setelah melahirkan atau saat menyusui merupakan kondisi yang erat kaitannya dengan kadar hormon di dalam tubuh. Hormon estrogen yang sebelumnya meningkat saat hamil, lalu kemudian kembali menjadi normal setelah melahirkan.  Seperti itu, yang dijelaskan di artikel alodokter.com. 

Ada beberapa saran atau cara mengatasi rambut rontok saat menyusui. Mulai dari memperlakukan rambut dengan lembut, mengurangi penggunaan pengering dan pelurus rambut, memakai kondisioner atau vitamin rambut hingga mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin. 

Selain menjalankan cara di atas, aku juga menggunakan caraku sendiri yang sudah aku terapkan di masa menyusui anak pertama dulu. Alhamdulillah cara ini berhasil mengurangi tumpukan rambut rontokku. 

Cara mengatasi rambut rontok yang dialami ibu menyusui versi aku adalah dengan memangkas atau memotong rambut menjadi jauh lebih pendek. 

Biasanya, sebelum rambut dipotong, mbak-mbak salon nanya soal gaya rambut yang aku mau. Dan biasanya  juga, setelah bertanya seperi itu, mbak mbak salon memberikan poster yang berisi foto-foto aneka macam gaya rambut. 

Lalu seperti apakah gaya rambut untuk ibu menyusui versi aku. Cekidot, yak. 

1. Gaya rambut bob nungging

2. Gaya rambut messy hair cut


3. Gaya rambut curly wave


4. Gaya rambut pixie cut


Di antara gaya rambut tersebut, pilihanku jatuh ke gaya rambut bob nungging.  Alhamdulillah, dengan gaya rambut begini, selain bikin rambut rontokku berkurang, juga membuat tampilanku kelihatan lebih fresh dan lebih cubby, menurut testimoni suami *wajajaja...

Nah, di antara pilihan gaya rambut di atas, mana yang kalian pilih, Gaes? 


No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Meskipun Laris Manis, Ini Alasan Nggak Nonton Film Joker

Mungkin nggak fair, belum nonton tapi berani-beraninya memberikan respon negatif terhadap film Joker. Iyup, mungkin memang benar demikian. ...