Rekomendasi Tempat Buka Puasa Favorit di Jombang


Assalamu'alaikuuuuummmm
Alohayyy

Alhamdulillah, sudah hari kedua puasa yak. Ku senang banget asli. Karena waktu awal puasa kemarin aku sempet deg-degan takut nggak kuat atau lemes gitu. Maklum, kan aku lagi menyusui nih gaes plus sering melek an alias begadang untuk ngerjain sesuatu yang penting *halah.

Oke, kali ini aku mau membahas soal rekomendasi tempat buka puasa favorit di Jombang versi aku. Cekidot ya, Gaes.

Tapi nih gaes sebelum aku jentrengin soal tempat buka puasa favorit, aku mau sedikit cerita soal tempat tinggalku saat ini yakni Jombang.

Di Jombang ini, ada begitu banyak pilihan kuliner. Mau kulineran kaki lima tapi rasa resto, ada. Mau kulineran di resto ala masterchef juga ada. Macem-macem.

Kalau aku, lebih sering kulineran kaki lima, sih. Di samping rasanya enak karena sesuai seleraku, juga nyaman di kantong aku. Muehehehe.

Tapi meskipun aku lebih sering kulineran kaki lima, aku juga pernah koq makan di rumah makan atau depot atau resto gitu. Seriusan. Ini aku lakukan, biasanya, kalau nggak nemu kali lima yang jual makanan yang aku pengen. Misalnya iga bakar, sop buntut dan lain-lain.

Nah, kalau momen ramadhan gini, aku punya kriteria lain lagi nih soal memilih tempat kulineran ramadhan atau tempat buka puasa bersama keluarga. Nggak seperti memilih tempat makan di hari-hari biasa selain ramadhan, yang aku pilih berdasarkan rasa dan nyaman di kantongku saja. 

Ada beberapa kriteria yang sengaja aku buat untuk menentukan tempat buka puasa favorit versi aku.

Kriteria pertama adalah rasa yang enak.
Apalah artinya jika menu yang tersedia tak membuat lidah bergoyang alias enak. Mood makan bisa jadi menghilang lalu digantikan dengan mood ingin menerkam. Aaiuummm.

Kriteria kedua adalah harga yang bersahabat
Dengan memasukkan harga yang bersahabat dalam kriteria tempat buka puasa favorit, membuat kita jadi lebih selektif dan mampu menghindar dari yang namanya kebejuk penjual.

Kriteria ketiga adalah area tempat makan yang luas
Ini penting juga, lho. Kadang ada beberapa pembeli yang ingin singgah ke suatu tempat makan tapi tidak jadi karena tidak adanya tempat duduk alias semua meja sudah terisi pembeli. Area yang sempit membuat kursi meja yang tersedia juga sedikit.

Kriteria keempat adalah tempat yang nyaman untuk kumpul sama keluaraga atau teman.
Karena buka puasa bareng sama keluarga, tentu aku juga mempertimbangkan hal ini. Aku akan memastikan bahwa tidak ada asap rokok yang tiba-tiba muncul lalu menghampiri anak-anakku..duh jangan deh.

Kriteria kelima adalah tersedia toilet (optional)
Yah namanya juga mau buka puasa, pasti  ada yang namanya proses menunggu pesanan jadi dan dihidangkan di meja. Nah di masa menunggu itu yang kadang agak lama, tidak menutup kemungkinan akan mengalami yang namanya ingin buang air kecil.

Kriteria keenam adalah ada tempat untuk sholat. (Optional)
Sama seperti poin ketiga. Dengan adanya musholla atau tempat sholat di tempat buka puasa, maka kita bisa lebih tenang alias ndak cepet-cepet pulang. Pantang pulang sebelum makanan dihabiskan. *aseg.

Nah trus dimana saja tempat buka puasa favorit di Jombang versi aku?

1. Rawon Rosobo
Tempat makan ini adalah salah satu tempat buka puasa favorit versi aku. Di samping rasa rawonnya yang enak, harganya juga terjangkau. Selain itu, tempatnya nyaman serta dilengkapi dengan mushola dan toilet pula.

2. Depot Nikmat
Di antara menu yang ada di sini, aku paling suka menu es telernya. Seger bener. Selain itu, sop buntutnya juga enak. Harganya juga terjangkau.


Selain itu, buka puasa di Depot Nikmat juga terasa nyaman karena tempatnya yang bersih dan juga luas.

3. Rumah Makan Henny
Sudah bukan rahasia lagi, kalau menu yang ada di rumah makan Henny ini enak binggo. Harganya juga oke. Nah nilai plusnya lagi nih, di rumah makan ini, ada tempat makan untuk yang merokok dan ada juga disediakan tempat makan bagi yang tidak ingin ada asap rokok. Mantul kan. Pokoknya nyaman lah untuk buka puasa di rumah makan Henny.

Nah itu tadi, beberapa rekomendasi tempat buka puasa favorit di Jombang versi aku. Sebenernya ada banyak sih pilihan tempat buka puasa di Jombang, hanya saja aku baru mengunjungi 3 tempat itu. Semoga ada kesempatan untuk mengunjungi tempat makan lain. Tapi insyaAllah 3 tempat makan ini, cucok banget dijadikan sebagai tempat untuk buka puasa bersama keluarga.
***

Foto dr dalmolasfood.com

1 comment:

  1. cucok iki mbak sis.. isok ta'parani nek pas mudik nang jombang. salam kenal mbak bro.. (sungkem)

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Pemikir yang Jadi Toxic Bagi Diri Sendiri?

Pemikir.  Ya, aku begini ini. Pemikir parah. Apa apa aku pikirin. Nggak ada yang aku pilah pilih. Bahkan beberapa kali hal yang kada...