Resep Soto yang Baik untuk Anak dan Ibu Menyusui

Assalamu'alaikuuummm
Halohaiii

Sudah hari ke-empat puasa. Yeayyy  . Alhamdulillah lancar jaya.

Btw sudah ada yang bolong puasa, Gaes? Kalau aku belum nih, tapi kayaknya 2 hari atau 3 hari lagi si haid bakal datang. Tanda-tandanya udah muncul nih dari sekarang. Salah satu tanda aku mau haidh adalah doyan banget makan.

Kalau lagi doyan makan begini, aku jadi rajin masak lho manteman. Kalau aku lagi nggak doyan makan, biasanya, aku beli aja. Kenapa begitu? Ya biar nggak terlalu banyak pengeluaran aja. Soalnya kalau pas lagi doyan makan begini, sehari aku bisa makan 4 sampai 5 kali, itu belum termasuk ngemil.

Nah, dengan kuantitas makan kayak gitu, berapa duit yang bakal keluar. Lebih banyak dari hari biasa pastinya. Dan aku sebagai kembarannya ceu Sandra Dewi (yang kata suaminya terlalu hemat), nggak mau donk hal itu terjadi.

Ada beberapa menu yang cukup sering aku masak. Salah satunya yakni soto yang alhamdulillah sudah diakui kelezatannya oleh suami.

Aku ingat betul saat suami bilang rasa soto yang aku buat sudah enak. Waktu itu, aku meminta suami untuk mencicipi soto. Kalau nggak salah di percobaan yang kelima. Nah begitu sendok berisi kuah soto mendarat di mulut suami. Dia pun langsung manggut-manggut gitu sambil nunjukin jempolnya. Aku langsung happy donk.
"Beneran udah enak?" tanyaku meyakinkan.
"Ya lumayan" kata suami.

Pyuuuhhh.
Lumayan.
Kirain udah enak.
Tiwas seneng.

Ya udahlah yah. Abaikan lidah suami yang masih susah ditaklukan. Yang terpenting adalah anakku si ken doyan dengan soto yang aku buat. Yiha.

Resep soto yang aku buat adalah resep soto dari emak mertua. Aku tinggal tambah, ganti, ngurangin, hingga ketemu paduan bumbu dan bahan yang sesuai selera aku.

Bahan yang sering aku pakai untuk membuat soto adalah ceker ayam. Ini aku lakukan sebagai salah satu usahaku untuk memenuhi kebutuhan kalsium si ken.

Yup, ceker ayam memiliki banyak kandungan kalsium. Ini tentu baik untuk anak dan juga untuk ibu menyusui yang memang membutuhkan banyak nutrisi mineral salah satunya kalsium.

Penting, bagi ibu menyusui untuk memperhatikan soal asupan kalsium. Karena jika makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu menyusui tidak terdapat kalsium di dalamnya maka kebutuhan kalsium saat memproduksi asi, kalsium akan diambil dari tulang Ibu. Hal ini tentu tidak baik bagi kondisi tulang ibu di kemudian hari.

Di samping itu, dari halodoc, disebutkan beberapa manfaat dari ceker ayam yakni dapat memperbaiki kekebalan tubuh, mengandung banyak kolagen, mempercepat proses penyembuhan, menjaga kesehatan gusi, dan mencegah kerapuhan tulang. 

Jadi bisa dibilang resep soto yang aku share di sini adalah resep soto yang baik untuk anak dan ibu menyusui. Lalu resepnya seperti apa? Cekidot di bawah yak.

RESEP SOTO yang BAIK untuk ANAK dan IBU MENYUSUI

Bahan Bumbu halus
4 bawang merah
2 bawang putih
Seruas jahe
1 ruas kunyit
1 biji kemiri

Bahan Bumbu yang Cukup Digeprek
1 batang serai, geprek
3 lembar daun jeruk
Seruas lengkuas, geprek

Bahan Cemplung
Secukupnya garam, gula, lada dan kaldu ayam.
Ceker ayam 1/4 kg

Bahan Tambahan (kalau ada):

2 butir telur ayam, rebus
2 buah jeruk nipis

Cara membuat

Rebus ayam dalam air mendidih.
Buang air rebusan tersebut lalu rebus kembali ayam dgn air sampai mendidih. Matikan kompor.
Tumis bumbu halus beserta serai (optional), lengkuas geprek dan daun jeruk. Tumis sampai harum dan berubah warna.
Tambahkan ceker ayam, air, garam, gula, merica dan bubuk kaldu ayam. Aduk sampai merata.
Masak sampe mendidih hingga daging ceper empuk.
Matikan kompor.
Letakkan soto di mangkok saji. Iris telur ayam letakkan di atas soto.
Siap disajikan.

Gimana? Gampang kan resep soto yang baik untuk anak dan ibu menyusui. Cuslah bikin. Dan nikmati rasa segar dari kuah sotonya.


No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Yuk, Stimulasi Literasi Anak Sejak Usia Dini Mulai dari Rumah (Bonus: Aneka Macam Permainan untuk Menstimulasi Literasi Anak)

Literasi merupakan sebuah kata yang digaungkan makin lantang beberapa tahun belakangan ini, terutama saat Kemendikbud semakin intens mengg...