Kenali Yuk Wisata Hits di Surabaya dan Sekitarnya



Siapa yang tidak kenal dengan Kota Pahlawan Surabaya yang memiliki lagu daerahnya “rek ayo rek mlaku-mlaku nang tunjungan”? Semua orang yang lahir di tahun 50-90an pasti familiar mendengar lagu semangat tersebut. Surabaya sangat dekat hati orang zaman dahulu, maka untuk mengenang kembali kalian bisa datang ke beberapa tempat wisata Surabaya  dan sekitarnya yang semakin lengkap di tahun 2019 ini lho!

Bukit Jamur

Cr. Disbudpar

Percayakah kamu jika fenomena Bukit Jamur ini alami dan tanpa sengaja dibuat oleh pemerintah daerah setempat? Mungkin kalau kamu datang dan buktikan sendiri, kamu akan lebih percaya bahwa memang terbentuk dari pengikisan batuan dan kemudian ada faktor alam lain sehingga bukit tandus ini berubah menjadi bukit batuan dengan bentuk jamur yang unik. Kamu bisa datang ke Desa Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur setiap hari pada pukul 06.00-17.00 untuk menikmati pemandangan bukit ini. Tiket masuknya sekitar Rp. 3.000 saja, namun belum termasuk parkir kendaraan. Di atas bukit ini kamu akan menemukan banyak tempat untuk foto yang berbeda-beda.

Bukit Larangan Panceng
Cr. Jejakpiknik

Ingin melihat bukit plus pantai dari atas yang sangat memukau? Datang saja ke Bukit Larangan Panceng yang ada di Desa Prupuh, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur. Untuk datang ke bukit ini kamu harus siapkan ekstra tenaga karena jalur pendakian cukup menantang. Banyak tanaman perdu dan semak ketika kamu sudah di atas, ada pula pemandangan pantai terlihat jelas dengan warna airnya yang biru. Pokoknya kamu tak akan kecewa apabila sudah mendaki bukit ini, pikiran lepas dan hati riang. Tiket masuknya gratis dan hanya membayar jasa keamanan kendaraan saja lho!

Bukit Kolam Sumenep

Cr. Atawis

Bukit kolam ini sengaja dibuat untuk menghidupkan perekonomian di daerah setempat, kolam ini dibuat diatas daerah taman yang sangat indah sekali. Dari atas inilah kamu bisa berenang atau berendam air dingin sambil melihat keindahan sekitar. Untuk menikmati keindahan Bukit Kolam Sumenep kamu bisa mendatangi Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura dan masuk ke Desa Bula’an. Hanya saja ketika kamu masuk tidak diperkenankan membawa makanan banyak dari luar.

Pantai Kahuripan

Cr. Merahputih

Ingin menikmati suasana pantai tersembunyi di Sumenep? Mampirlah ke  Pantai Kahuripan yang berlokasi di Desa Gedugan, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Untuk menikmati surganya Sumenep ini kamu harus menyeberang dahulu ke Pelabuhan Tanjung Serunggi dan menuju Pelabuhan Bringsang Giligenting. Setelah sampai di Pelabuhan Bringsang, kemudian naik motor hingga ke pantai kahuripan. Masuk ke pantai ini memang gratis namun biaya untuk menyeberang memang cukup lumayan.

Jika kamu sedang beruntung berkunjung di antara musim kemarau dan musim hujan maka akan mendapatkan keindahan pantai. Tetapi, apabila kamu datang saat musim kemarau maka pepohonan akan terlihat kering. Kondisi air pantainya yang jernih ini semakin membuat kamu enggan untuk meninggalkan tempat ini.

Noko Selayar

Cr. Disbudpar

Mendatangi Noko Selayar ini seakan kamu sedang berada di California yang jauh di sana. Noko Selayar berada di Desa Pamona, Jawa Timur. Noko Selayar ini adalah sebuah pulau kecil di tengah lautan yang bisa kamu datangi dengan menggunakan kapal penyeberangan. Untuk sampai ke pulau kecil ini kamu bisa ambil rute sidogedung batu dan kemudian bisa menyewa kapal menuju Pulau Noko Selayar.

Danau Kastoba

Cr. Kawanjelajah

Danau ini berada di atas gunung dan di tengah bukit, danau ini bukanlah danau buatan. Untuk menuju ke danau ini kamu harus mengumpulkan tenaga ekstra menaiki anak tangga yang banyak dan sisi semak belukar yang cukup banyak. Masuk ke danau ini kamu perlu membayar sekitar Rp5.000 saja. Lokasi Danau Kastoba berada di Pulau Bawean, Danau Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Nikmati tempat wisata Surabaya saat liburan tiba ya guys! Jangan lupa bawa oleh-oleh khas Surabaya dan sekitarnya juga.

17 comments:

  1. Ke Surabaya seringnya y dinas Mak Ken jadi belum sempat keliling tempat wisatanya yang keren-keren begini bagus2 ternyata yah itu yang bukit jamur juga lucu ya tiketnya murah juga

    ReplyDelete
  2. WAoooo, Sumenep mah jauhhh banget dari Surabaya nih.
    Sumenep ada di ujung banget pulau Madura, emang di sana lautnya masih bersih, jadi pantainya pun indah-indah.

    Kalau bukit Jamur dan bukit Larangan Panceng di Gresik mungkin masih lebih dekat.

    ReplyDelete
  3. Oh kirain tempat2 wisata di Surabaya..hehe.. Tapi memang cakep2 tuh ya..tempat wisata di Jatim nih ya..

    ReplyDelete
  4. Asiiik! Saya jadi punya referensi mau ke mana aja kalau ke Surabaya. Bukit yang di Sumenep bagus juga, ya

    ReplyDelete
  5. Pantai kahuripan ternyata memang ada ya dan indah banget pantai di jawa timur. Kemarin mpo masak ikan kahuripan . boleh nyontek sama rudi . ternyata nama kahuripan memang tersohor.

    ReplyDelete
  6. Wiiih boleh lah jadi list kunjungan kalau ada umur ke Surabaya nanti ini hihihi...

    ReplyDelete
  7. JaTim emang keceeee ya Mba
    Banyak destinasi yg recommended banget
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. Wah, Surabaya punya tempat wisata alam keren2 yah, aq salfok sama yang bukit jamur itu, duhh unik banget, itu buatan manusia atau alam sih kak?

    ReplyDelete
  9. Waaah bagus2. Lebaran lalu ke Surabaya & Madura tapi puter2 kota aja, nggak tau yg bagus2 gini. Ntar kalau kesana lagi deh. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  10. Wah, keren-keren nih tempat wisatanya. Pantesan hits ya. Instagramable dan pas buat refreshing :)

    ReplyDelete
  11. Saya ke Surabaya tahun 2007 lalu, Mba, sayangnya saat itu gak sempat berkunjung ke tempat-tempat di atas, hiks

    ReplyDelete
  12. Di antara tempat wisata yang disebut di atas, saya pengen banget berkunjung ke bukit kolam sumenep ,��

    ReplyDelete
  13. Serius ini mah bikin aku pengen liburan lagi kak, tempat wisatanya beneran keren keren euy...

    ReplyDelete
  14. Belum pernah injak Surabaya jadi ngak terlalu tahu dengan destinasi wisata alam yang ada di sana. Tapi baca ini jadi dapat referensi deh. So kalau ada kesempatan ke Surabaya nggak perlu bingung-bingung lagi mau cari tempat wisata. Yah, semoga saja saya bisa mengunjungi minimal salah satu dari tempat wisata yang Mbak sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  15. jawa timue juara ya banyak banget wisatanya aku baru ke ijen aja sama malang hehe

    ReplyDelete
  16. Jatim memang cakep destinasi wisatanya. Aku belum khatam, hihi...Btw, aku pernah ke bukit Jamur Gresik. Sayangnya begitu tiba di jalan menuju lokasi, pengunjung dilarang masuk karena berbahaya (wilayah pertambangan batu kapur), kecuali pekerja-pekerja disana.

    ReplyDelete
  17. pas aku ke surabaya cuman muter-muter gak jelas di pusat kota. someday kalau balik lagi ke surabaya, bakalan main ke wisata hits itu ah...

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Traveling ke Banyuwangi: Berbagi Kenangan dengan yang Tersayang

Beberapa waktu lalu, kabupaten Banyuwangi sempat viral. Berkat sebuah cerita horor KKN DESA PENARI yang dicuitkan oleh akun Simpleman di Tw...