Tips Menghadapi Lonjakan Pesanan Harbolnas di Blibli.com Biar Dapat Untung Ga Tanggung-tanggung

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Tujuan diadakannya Harbolnas adalah untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring (online). Tujuan ini bisa dibilang sudah tercapai mengingat animo masyarakat akan belanja online semakin meningkat setiap tahunnya.


Salah satu marketplace blibli.com menunjukkan peningkatan jumlah pembeli yang signifikan di moment Harbolnas. Tahun 2016, penjualan di blibli.com meningkat 15x lipat di banding hari-hari lainnya. Bahkan di tahun 2018, penjualan di blibli.com saat harbolnas bisa mencapai 35x lipat dari hari hari-hari lain. Keren.

Pada umumnya, menjelang harbolnas tiba, beberapa marketplace mulai menawarkan hal-hal yang sekiranya dapat menarik pembeli datang. Nah, demikian juga dengan salah satu marketplace yakni blibli.com. Tapi kalau di blibli.com, sebelum mulai harbolnas, pun sudah banyak memberikan penawaran menarik banget. Seperti cashback hingga 88 ribu, flash sale, hingga diskon sampai 80%, dan lain sebagainya.

Nah, itu belum harbolnas yak. Gimana kalau harbolnas. Strateginya pasti oke. Yakin deh, bakal semakin banyak tawaran menarik dari blibli.com.

Dengan strategi kece yang biasanya dilakukan oleh blibli.com ini, aku yakin deh, blibli.com berpeluang besar untuk kembali dapat dan berhasil meningkatkan persentase penjualan terutama saat harbolnas.

Namun, strategi penjualan daring macam apapun tidak akan berarti apabila tidak dibarengi oleh kesiapan para penjual menyambut harbolnas. Oleh sebab itu, penjual harus melakukan persiapan guna menyambut datangnya harbolnas. Istilahnya sudah pasang kuda-kuda.

Blibli.com adalah marketplace yang peduli dan paham betul akan pentingnya kesiapan penjual dalam menghadapi lonjakan pesanan harbolnas. Ini dibuktikan dengan pemberian training oleh blibli.com kepada para penjual yang bernaung di bawah langit blibli.com yang mana training tersebut membahas tentang hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum harbolnas datang.

Apa yang dilakukan oleh blibli.com ini, aku pikir, dapat membuat para penjual di blibli.com memiliki kesiapan yang benqr benar matang saat harbolnas datang sehingga penjual pun dapat memperoleh hasil penjualan yang meningkat secara signifikan. Penjual senang, blibli.com juga ikut senang.

Dah, kalau ada dukungan nyata seperti ini dari marketplace tempat bernaung, rasanya senang sekali sekaligus optimis dan makin semangat jualan. Soal peningkatan penjualan insyaAllah akan mengikuti usaha jerih payah.

Nah bagi kamu, para penjual yang jualan online di marketplace seperti blibli.com, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan untuk menyambut harbolnas.

1. Melakukan pendataan produk
Ini untuk mengetahui produk yang paling laris manis, produk yang kurang laris, serta jumlah produk yang ready stock.

2. Memaksimalkan ketersedian jumlah produk terutama yang laris manis.
Jika dilihat dari hasil penjualan (ambil contoh) di blibli.com, maka mengalami peningkatan yang signifikan. Nggak cukup 2x lipat, bahkan berlipat-lipat. Nah dengan fakta seperti ini, maka yang dilakukan penjual adalah memperbanyak atau memaksimalkan stock produk. Misalkan sisa produk adalah 5 buah, maka kita harus menyiapkan minimal sekitar 15 buah. Agar tidak kehilangan pembeli hingga menit detik penghabisan harbolnas.

3. Maksimalkan kualitas produk
Setelah pendataan barang yang ready stock. Selanjutnya cek dan ricek kualitas produk. Usahakan semua produk yang dijual dalam kondisi yang baik dan tidak cacat.

4. Persiapkan pengemasan produk
Kemasan adalah bagian penting dalam penjualan. Karena kemasan dapat menarik perhatian pembeli. Selain itu kemasan juga dapat memberikan testimoni positif. Kalau sudah mendapatkan testimoni positif maka hal ini dapat menarik datangnya pembeli juga. Jadi perhatikan betul soal kemasan.  Terutama bagaimana cara mengemas agar produk aman dan sampai dengan selamat di tangan pembeli.

5. Update harga
Setelah melakukan point 2 hingga 4, selanjutnya menentukan harga jual produk. Namun karena untuk mengikuti harbolnas, maka harus mempertimbangkan persentase diskon yang ingin diberikan. Jangan lupa juga untuk memantau harga yang dipatok oleh pesaing.

6. Persiapkan teknologi
Karena jualan online di blibli.com maka yang harus dipersiapkan adalah berhubungan dengan internet. Kalau kuota mau habis, segeralah diisi. Pilih provider yang memiliki sinyal kuat di tempat tinggal. Agar jualan online bisa maksimal.

7. Membentuk tim
Dilihat dari hasil penjualan, contoh di marketplace blibli.com, yang rupanya semakin meningkat setiap kali harbolnas, yang mana peningkatan yang terjadi hingga mencapai berkali-kali lipat, maka sudah seharusnya para penjual membentuk tim penjualan. Hal ini dilakukan untuk menghindari yang namanya kewalahan saat diserbu pembeli di moment harbolnas. Di samping itu, pelayanan pun bisa tetap maksimal tanpa adanya salah memasukkan produk pesanan, atau salah memasukkan produk yang cacat produksi, atau pengemasan yang ambyar hingga proses pengemasan yang berlangsung lama. Jadi bisa dibilang membentuk tim penjualan itu penting.

8. Ikut Training
Nah seperti yang sudah dibahas bahwa blibli.com menyediakan training untuk penjual yang bernaung di langit blibli.com. Training yang diadakan blibli.com membahas berbagai macam materi terkait dengan jual beli online.


Salah satunya persiapan hadapi lonjakan pesanan di blibli.com adalah dengan ikut training ini, tentu akan membuat penjual semakin siap menghadapi lonjakan pesanan harbolnas di blibli.com nanti.

Bagi yang tidak sempat atau telat ikut training karena kuota untuk training yang diadakan oleh blibli (khususnya di offline) terbatas, blibli.com juga tak segan dan aktif berbagi informasi (di blibliseller) terkait dengan langkah langkah yang harus dilakukan oleh seller atau merchant dalam menyambut harbolnas. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut.






Nah, insyaAllah dengan mempraktekkan 7 point di atas, kamu sebagai penjual online akan tangguh menghadapi lonjakan pembeli saat harbolnas tiba. Dah, kalau sudah tangguh siap sedia menghadapi harbolnas, maka insyaAllah akan dapat hasil untung nggak tanggung-tanggung. So semangat ya, sahabat sahabat jualan ku. Bismillah.

Referensi:
www.blibli.com
www.akurat.co

31 comments:

  1. Semangat jualan onlinenya Mbak!
    Pedagang tuh kudu tahan banting. Jangan lupa belajar strategi jualan biar makin untung

    ReplyDelete
  2. Noted banget nih buat para pedagang online di bliblidotcom.
    Jadi pebisnis emang kudu banget upgrade ilmunya, biar makin maju usahanya.
    Dan tentu saja, menjadi kecintaan pelanggan :)

    ReplyDelete
  3. Semangaaat selalu ya mbaa.. dan memang sepanjang kita selalu penuh semangat selau ada jalan

    ReplyDelete
  4. wahhh keren ternyata blibli memberikan fasilitas traning. bisa persiapan bagi pedagang di habolnas

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau nih ternayta Blibli menfasilitasi para penjualnya ya :)
    Sukses dan semangat terus untuk berjualannya ya, mbak :)

    ReplyDelete
  6. Nah..keren nih tips2nya.. kukasih lihat ah ke temen yg punya bisnis onlen

    ReplyDelete
  7. Wah iya penting untuk mendata produk. Suka kesel juga kalau ada online shop yang gak update data. Udha order eh barangnya habis

    ReplyDelete
  8. Benar banget, mba. Jika stok barang tidak terdata dan tersedia dengan baik, momen harbolnas agar bisa menipiskan stok barang jadi kurang maksimal.
    Sebaliknya juga bisa membuat kecewa konsumen.

    ReplyDelete
  9. Bagi seller, promo besar2an khususnya harbolnas itu menguntungkan banget yah, kalau seller pemula bisa sekalian melakukan promosi, asal semua tips sprti yg ditulis mba diikuti atau diaplikasikan dengan baik ��

    ReplyDelete
  10. seru juga ya jualan di blibli ada traningnya juga, ternyata hari belanja nasional itu juga bisa menarik minat pembeli ya

    ReplyDelete
  11. Semangat mbak! Seneng ya kalo marketplacenya pun support ke seller supaya penjualan bisa maksimal. Mantap nih blibli.

    ReplyDelete
  12. Blibli emang keren ya kak, ada ajaaa inovasi yang bikin para seller nya makin sukses

    ReplyDelete
  13. Senang ada Harbolnas, masyarakat akan tergerak untuk percaya pada onlime shop karena ada marketplace yang menaungi penjual dan pembeli.
    Blibli keren, ada pelatihan untuk penjual akan memberi milai lebih berupa pengetahuan digital marketing vang mumpuni.Saya kagum dengan apa yang dilakukan BliBli.

    ReplyDelete
  14. Saat harbolnas pasti setiap marketplace berlomba-lomba memberikan diskon harga barang-barang yang dijualnya. Ini yang membuat penjualan online meningkat. Termasuk di Blibli ini ya mbak, saya salut dengan manajemen Blibli yang selalu berinovasi untuk tampil terdepan. Semua ini pasti dilakukan untuk tetap eksis ditengah pasang surutnya bisnis online ya mbak. Kutunggu di Bali mbak hehehe.....

    ReplyDelete
  15. Info penting nih buat para seller di blibli. Beruntungnya mereka karena diperhatikan sama blibli dg diberi macam2 training dan tips.

    ReplyDelete
  16. Wah tipsnya kece banget, harus di data segera nih biar makin efektif dan menguntungkan, makasih tipsnya mba:)

    ReplyDelete
  17. Nah bener juga. Tipsnya bisa saya praktekkan
    Secara kalau ada hari belanja saya suka ketinggalan banget.

    Pelatihan juga bisa didapat ya dan itu berharga banget. Susah mencari kesempatan belajar marketing secara digital ini

    ReplyDelete
  18. Wah wkt asa semakin cepat terus berlalu ya..tau2 sdh mau halbonas lagi perasaan baru kemarin hehe .

    ReplyDelete
  19. Wah, iya juga ya, untuk bisa dapet untung yang gak tanggung-tanggung di Harbolnas, pejual kudu pasang strategi seperti di atas itu. Biar saat harinya tiba, gak tanggung. Kudu pada tahu nih para seller. Dan mengantisipasinya jauh-jauh hari.

    ReplyDelete
  20. Ya ampun perasaan baru kemarin ya Harbolnas hehe sekarang udah mau ada lagi. Ga sabar nih nunggu Harbolnas biasanya banyak promo.

    ReplyDelete
  21. Semangat, Mba Inda. Semoga semakin sukses yaa jualan online-nya, amiiin

    ReplyDelete
  22. Wah harbolnas gini jadi menyenangkan ya mbak apalagi bisa lihat produk2 dari Blibli.com. Kalau untuk seller lebih banyak manfaatnya mbak apalagi membantu penjual untuk memperoleh keuntungan yang besar.

    ReplyDelete
  23. Data barang itu memang penting banget untuk dicek tiap waktu, karena konsumen tahunya barang ada. Kalo udah order trus mendadak dicancel gara-gara data gak cocok bikin males konsumen tentunya. Keren nih Blibli ngadain pelatihan buat customer nya, demi meningkatkan omzet penjualan penting juga ya

    ReplyDelete
  24. Asikk nih dapet harga promo pasti ya mba pas hari belanja nasional ehhehe
    aku juga serung memanfaatkan hehehe. Blibli keren ini ada pelatihannya

    ReplyDelete
  25. Pas harbolnas, Pingin belanja baju2 bayi, sengaja ini gak Beli banyak persiapan melahirkan, nunggu online Aja Pas harbolnas

    ReplyDelete
  26. Harbolnas ini dinanti sekali dan ternyata ada tipsnya bagi para penjual yaa...biar ga rem to the fonk ngadepin lonjakan permintaan dari pembeli.
    Dapet ilmu-ilmu kaya gini tuh...yang mahal banget bagi penjual.

    ReplyDelete
  27. Pengen suatu hari punya usaha online apa gitu, cuma sekarang masih bingung mau jualan apa. Atau aku intip dulu aja ya ke Blibli siapa tahu malah dapat ide. Makasi ya atas tulisannya

    ReplyDelete
  28. mantul banget nig tipsnya untuk para penjual, kalo aku masih jadi pembeli aja nih, mudah2an bisa segera terlaksana buat punya produk untuk dijual jadi bisa dapet untung juga deh...

    ReplyDelete
  29. Wah semangat ya mbak, jualan online. Semoga dengan 7 tips di atas mbak bjsa memaksimalkan penjualan selama flash sale atau ketika pesanan tiba tiba melonjak dahsyat. Kayaknya seru banget ya bekerja di market place gini. Aku belum pernah mbak

    ReplyDelete
  30. Blibli.com makin keren pokonya. Fitur jualannya makin banyak.

    ReplyDelete
  31. Syaang nyaa akuuu bukan penjual diblibli tapi tulisan ini berguna banget untuk penjual hihi, aku cuma sukanya beli aja mba dan nunggu harbolnasšŸ¤£ lumayan hemat ongkir

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Rawat atau Musnah, Ini Cara Sederhana Ibu Rumah Tangga Turut Serta Menjaga Cagar Budaya Indonesia

Ada kabar yang mencuri perhatian di tengah berita soal asap yang mengepung beberapa wilayah di Indonesia. Kabar tersebut mengenai ditemukan...