Tahapan Deteksi Keunikan Si Kecil Sejak Bayi


Assalamu'alaikum 


Apa kabar, Momiissss? Aku do'ain semoga kamu, Mom, juga keluarga kamu, selalu sehat juga bahagia aamiin. 


Mom, makin ke sini, perspektif orangtua mengenai kemampuan anaknya berubah ya, Mom. Dulu, yang bisa matematika atau yang masuk kelas IPA, dibilang anak yang pintar.  Nggak orangtua, keluarga, tetangga, guru-guru, semuanya, memiliki perspektif seperti itu. Tapi sekarang, menilai anak pintar dari kemampuannya dalam matematika atau pelajaran IPA, sepertinya sudah berkurang. Nggak seekstrim dulu, sih. Iya kan, Mom?


Aku sendiri mengikuti aliran ((ALIRAN)) orang-orang yang menganggap setiap anak memiliki keunikan masing-masing. kalau kamu, Mom? Ngikut yang mana? Etapi aku yakin sih kamu pasti juga menganggap bahwa setiap anak itu unik. Yupyupyup. 


Sebenarnya, mengikuti aliran ini nih nggak mudah, ada tantangannya, menurut aku. Ya apalagi kalau bukan harus menemukan keunikan si kecil. Ya kan ya donk? Yok ai. 


Ya, aku memilih untuk menemukan keunikan anakku daripada menunggu keunikan itu muncul atau nampak dengan sendirinya. Butuh effort? Pasti. Tapi nggak apa-apa. Karena apa? Dengan menemukan keunikan anakku sedini mungkin, aku merasa punya banyak waktu untuk membantu anakku meningkatkan, mengembangkan keunikan yang dimiliki anakku. 


Yang aku lakukan pertama kali ya nyari-nyari referensi. Beruntung, sekarang begitu mudah mendapatkan referensi yang aku butuhkan. Jadi aku tinggal memilah dan memilih mau pakai cara apa untuk menemukan keunikan anakku. 


Cara Menemukan Keunikan Anak


1. Mencari Acuan Perkembangan Kemampuan Anak Setiap Bulan 

Aku memulainya dengan mencari informasi acuan perkembangan kemampuan anak di setiap bulan setelah ia lahir. 


Keunikan si kecil







Tahapan Deteksi Keunikan Si Kecil Sejak Bayi


2. Amati Setiap Perkembangan Kemampuan Anak. Trus aku amati deh setiap perkembangan kemampuannya.


3. Cari Kemampuan yang Berkembang Paling Cepat


Aku contohin ya, Mom. Jadi aku melihat acuan perkembangan kemampuan anak usia 8 bulan (misal). Nah dari sini aku bisa tahu kemampuan apa saja yang berkembang, yang belum hingga yang muncul dengan sendirinya padahal tidak tertulis di acuan perkembangan kemampuan anak. 


Nah, karena anakku sudah memenuhi beberapa perkembangan untuk bayi usia 9 bulan. Yang kurang waktu itu, kalau nggak salah, di perkembangan kemampuan motorik anak. Aku pun mencatat itu lalu selanjutnya aku mengintip perkembangan bayi usia 10 bulan. Ya cuma ngintip sebentar, kali aja ada yang sudah dikuasai anakku di list perkembangan kemampuan untuk usia 10 sampai 12 bulan. 


Dan hoalah, ketemu, aku menemukan satu kemampuan yang berkembang lebih cepat dari yang lainnya. Seharusnya kemampuan tersebut, pada umumnya, dikuasai oleh bayi usia 10 hingga 12 bulan. Sedangkan anakku sudah menguasai kemampuan tersebut di usianya yang masih 8 bulan. Perkembangan tersebut dari sisi bahasa. 


Di usia 8 bulan, pada umumnya bayi baru mulai meniru suara. Kemudian di usia 10 bulan, bayi makin meniru suara. Tidak lagi hanya satu atau dua suara yang ditiru melainkan banyak. Sedangkan bocilku, di usia 8 bulan ia sudah mahir meniru beberapa suara. Jadi, kesimpulan cepatku, bocilku menunjukkan keunikannya pada perkembangan bahasa. 


Tapi, kesimpulan cepatku itu tidak membuatku berhenti mengamati perkembangan bocil. Aku tetap mengamati setiap perkembangannya. 


Nah cara ini aku terapkan di kedua anakku. Alhamdulillah, aku bisa menemukan keunikan anak-anakku. 


Berbekal pengetahuanku tentang keunikan anak-anakku, aku bisa melanjutkan mencari referensi untuk mengembangkan keunikan tersebut. Mau diarahkan kemana, mau distimulasi seperti apa, dan sebagainya. 


Jadi seperti itulah caraku menemukan keunikan si kecil sejak balita. Kalau kamu, Mom, gimana? Cara atau apa yang kamu gunakan untuk menemukan keunikan si kecil, Mom? Boleh donk, share di sini. Insyaallah bermanfaat bagi yang tengah mencari informasi tentang cara menemukan keunikan si kecil sejak balita. 


No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Liburan Sekolah Anak Makin Happy Sebab Ikut Paddle Pop Main Yuk Pergi ke Planet Mochi

Libur sekolah si kecil di semester ini cukup lama. Jadi aku sengaja cari ide aktivitas bermain untuk anakku si Ken. Menurut Fadillah (2017, ...