Liburan Sekolah Anak Makin Happy Sebab Ikut Paddle Pop Main Yuk Pergi ke Planet Mochi

Libur sekolah si kecil di semester ini cukup lama. Jadi aku sengaja cari ide aktivitas bermain untuk anakku si Ken. Menurut Fadillah (2017, hal. 18), bermain memiliki manfaat dalam hal kemampuan motorik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, hingga perkembangan fisik anak. Makanya begitu aku tahu kalau paddle pop mengadakan main yuk dengan tema pergi ke planet mochi, aku langsung daftar donk. 




Tujuan Daftar Aktivitas Main Yuk Paddle Pop Pergi ke Planet Mochi


Selain untuk mengisi liburan sekolah, kebetulan anakku Ken juga suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan luar angkasa. Lawong waktu aku tanya ke dia mau ikutan aktivitas bermain pergi ke planet mochi sama paddle pop atau nggak, eh dia langsung bilang iya penuh semangat. Trus katanya gini, 

"Aku mau ikut soalnya aku mau tau, Ma, di Jupiter ada cincinnya atau tidak. Di YouTube bilang ada, tapi Muma bilang Jupiter nggak punya cincin". Nah, kan, dia sudah punya tujuan sendiri donk ikut aktivitas main yuk ini. Btw kira-kira, yang benar siapa ya, aku dengan pendapat Jupiter nggak punya cincin atau si Ken dengan pendapat Jupiter punya cincin? 


Ken suka dengan hal yang berkaitan dg luar angkasa


Hasil gambar Ken tentang planet bergegas mencari pluto


Cara Ikut Main Yuk Pergi ke Planet Mochi bersama Paddle Pop


Alhamdulillah banget, nih, ternyata cara ikut main yuk ini bisa dibilang gampang. Aku cuma klik link yang ada di bio akun Instagram paddle pop, setelah itu aku diarahkan menuju chat wa paddle pop. 



Nah, di chat wa ini, aku diminta untuk memilih mau ikut aktivitas main yuk yang mana. Kalau aku memilih ikut main yuk ke planet Jupiter yang dipandu Buumi playscape dan ditemani Kak Melki Bajaj dan keluarga.



Setelah itu, aku tinggal mengikuti alur pendaftaran yang ada. Di bagian akhir chat nanti, aku diberikan sebuah panduan aktivitas paddle pop main yuk pergi ke planet mochi.  




Panduan Aktivitas Paddle Pop Main Yuk Pergi ke Planet Mochi


Panduannya berisi informasi jadwal pelaksanaan, kode join zoom meeting, dan list aktivitas bermain apa saja yang dilakukan nantinya. 




Nah, untuk melakukan aktivitas tersebut, aku harus menyiapkan bahan-bahan serta beberapa alat. Rinciannya seperti di bawah ini. 

Aktivitas membuat mochi sugar savire


Saking excitednya aku beli 4 mochi donk. Yang dua dimakan duluan (hehe), sisanya baru deh buat aktivitas membuat mochi sugar savire. Kemudian ada beberapa bahan yang aku skip dan aku ganti dengan bahan yang tersedia di rumah saja. 

Aktivitas membuat Alien Egg Game



Di part ini juga ada bahan yang aku ganti dengan apa yang ada di rumah seperti ganti balon dengan bola plastik warna warni. 


Aktivitas Membuat Moon Dough Pottery


Part ini aku hanya pakai bahan terigu, sama air. Cetakannya pakai tutup botol dan mainan si kecil. 


Paddle Pop Main Yuk Pergi ke Planet Mochi : Menjelajah ke Planet Jupiter 


17 Juli 2021, tepat pukul 10.00 WIB, jelajah planet Jupiter dimulai. Kak Nurul selaku Host menyapa Kak Melki Bajaj dan keluarga juga semua peserta yang akan ikut terbang ke planet Jupiter. 



Setelah ngobrol-ngobrol sebentar Kak Nurul langsung mengajak kita bertualang donk ke Planet Jupiter pakai roket. Tapi sebelum berangkat Kak Nurul mengingatkan peserta bahwa di Jupiter nanti peserta akan diajak melakukan 3 aktivitas. Untuk itu Kak Nurul meminta peserta untuk mempersiapkan bahan dan alat-alat yang akan digunakan nanti. 


Part perjalanan menuju ke planet Jupiter ini diserahkan kak Nurul pada Kak Lintang (Partner Kak Nurul dari Buumi Playscape). Nah, selama perjalanan, Kak Lintang mengajak peserta bernyanyi dan menari bersama. 




Ken senang sekali. Ia menari dengan heboh donk mengikuti alunan lagu paddle pop main yuk. Saking asyiknya menari sambil bernyanyi, nggak terasa, kita sudah sampai di planet Jupiter. Yeaaayyyy. 


Tiba di Jupiter, Kak Nurul mengenalkan si Jupiter ini ke para peserta. Dimulai dari Nama Jupiter itu diambil dari mana? Gas apa yang terkandung di Jupiter? Jupiter dikelilingi berapa bulan? Dan apakah Jupiter punya cincin atau tidak? Nah untuk pertanyaan terakhir, jawabannya adalaaaaahhhhhh, iya benar si Ken, Jupiter punya cincin hanya saja tipis sekali. 

"Tuh kan, Ma, Jupiter punya cincin, apa ku bilang" kata Ken girang. 

"Iyelaaahhh" jawabku pasrah. 




Setelah kenal dengan Jupiter, kak Nurul mengajak peserta untuk melakukan aktivitas di Jupiter. Untuk part ini, diambil alih oleh kak Ninda.




Aktivitas pertama yakni membuat Moon Dough Pottery. 

Cara membuat moon dough Pottery

Langkah pertama, masukkan tepung terigu ke dalam wadah. 

Langkah kedua, campurkan kopi bubuk dengan tepung terigu (kalau aku, skip bagian ini, karena kebetulan di rumah lagi nggak ada kopi, hehe)

Langkah ketiga, masukkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk-aduk sampai menjadi adonan atau Dough. 

Langkah keempat, cetak Dough dengan berbagai macam bentuk. Kalau aku pakai cetakan tutup botol sama tutup gelas serta beberapa mainan Ken. 




Langkah kelima, jemur Dough yang sudah dicetak.

Langkah keenam, warnai Dough yang sudah kering sesuai selera. 






Kalau Ken dan aku memilih untuk membuat Jupiter dengan 4 bulan terbesarnya. Kan kata Kak Nurul, Jupiter punya 79 bulan. Di antara 79 bulan tersebut, ada 4 bulan yang memiliki ukuran terbesar. 




Aktivitas kedua yakni Alien Egg Game.

Seharusnya ini menggunakan balon, tapi kata Kak Ninda kalau tidak ada boleh memakai plastik. Kalau aku sama Ken memilih memakai bola plastik. 

Cara membuat Alien Egg Game

Pertama, masukkan air ke dalam wadah bening. 

Kedua, masukkan balon atau bola. Ketiga, masukkan Glitter. 

Cara bermain

Boleh menggunakan apapun untuk memindahkan bola atau balon yang ada di dalam wadah berisi air dan glitter ke dalam wadah lain. Kalau aku sama Ken memilih menggunakan sendok kecil. Jadi kadang bolanya jatuh-jatuh gitu pas diambil. Seruuuuuu deh pokoknya.




Aktivitas ketiga membuat kreasi mochi sugar savire.


Di part ini, Kak Ninda membebaskan peserta untuk berkreasi dengan mochi dan bahan-bahan yang sudah tersedia. 




Cara membuat mochi sugar savire ala Ken dan aku

Langkah pertama, tabur susu bubuk di wadah. 

Langkah kedua, bentuk sebatang pohon menggunakan bubuk coklat. 

Langkah ketiga, buat daun menggunakan meses warna warni.




Langkah keempat, letakkan mochi di bawah pohon coklat. 


Dan seperti inilah hasilnya. 


Di part ini, Ken minta cepat-cepat difoto karena ingin segera menikmati si Mochi yang yummy. 




Setelah melakukan 3 aktivitas tersebut, para peserta diajak kembali ke Bumi. Biar perjalanan terasa menyenangkan, Kak Lintang kembali mengajak peserta menari sembari berdendang. 




Dan yeayyyyyyy, roket mendarat di Bumi. Ken senang sekali. Wajahnya sumringah bukan kepalang. Aku pun senang melihat Ken senang.




Sebelum acara main yuk paddle pop ini berakhir, Ken sempat bilang sesuatu ke aku. Katanya Ken:"Ma, besok-besok kalau ada lagi main sama paddle pop, aku mau ikut ya, Ma". 

"Oke, siap." Jawabku. 

Manfaat Ikut Program Liburan Menyenangkan dan Bermanfaat Paddle Pop Main Yuk Pergi ke Planet Mochi bagi Anak

Alhamdulillah wa syukurillah, ada banyak manfaat yang diperoleh Ken antara lain:

Pertama, liburan sekolah si Ken jadi berkesan meskipun di rumah saja.

Kedua, menambah pengetahuan Ken tentang planet Jupiter.

Ketiga, menambah pengalaman Ken.

Keempat, melatih kemampuan motorik. 

Kelima, melatih kesabaran.

Keenam, olahraga ringan.

Ketujuh, melatih kreativitas.

Kedelapan, melatih kemampuan berhitung.


Next aku berharap semoga program liburan menyenangkan dan bermanfaat paddle pop ini ada lagi dan semoga Ken juga bisa ikutan lagi. 


Buat kamu, Mombeb, yang juga ingin ikut program paddle pop ini, kuylah pantengin Instagram paddle pop yak. Biar nggak ketinggalan di program paddle pop lainnya.

 



See youuu, sampai ketemu lagi di cerita lainnya yak. Sehat sehat dan bahagia selalu untuk kamu, Mombeb juga keluarga kamu. Aamiin

 ***


Referensi

Fadillah, M. 2017. Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana




24 comments:

  1. Pasti seru banget ya liburan di rumah nareng paddle pop. Anak2ku sekarang udah mulai ada pelajaran dari sekolah. Enggak ada salahnya juga diselingi main ke planet mochi usai belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, berkat ikut paddle pop main yuk pergi ke planet mochi ini, liburan sekolah bocil jadi lebih berwarna meskipun hanya di rumah saja.

      Delete
  2. Yiipppiii!, Paddle Pop ini paham banget yaaa, kegalauan ortu jaman now
    butuh menyediakan sarana bermain belajar yg asik buat bocah2
    aakk, kalo kayak gini sih, dijamin anak2 syukaaaa dan makin betah walo di rumah aja yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh mbak Nurul. Paddle pop membantu banget emak2 yang kehabisan ide utk mengisi waktu liburan sekolah bocil.

      Delete
  3. Sama, anak saya juga pingin cepet2 makan Mochi nya setelah difoto, habis es krim Mochi enak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak. Pas makan mochinya ada sensasi unik. Adem, kenyol2, manis, enak, lembut. Yummy deh pokoknya. Pantesan bocil suka

      Delete
  4. Liburan ke Planet Mochi sungguh berkesan yaa. Ken udah balik, kan, dari Jupiter? hihi ...
    btw buat dough itu cuma pakai tepung, kopi, air? Bikin ah untuk sensory play.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah balik, tp pengin lagi katanya ke sana sama paddle pop, hehey.
      Iya mbak pakai tepung terigu sama kopi. Oh ya air hangat juga.

      Delete
  5. Senangnya anak2 sekarang, hiburannya seru2 & kreatif. Nggak cuma ditonton tapi juga melatih anak2 mewujudkan imajinasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, paddle pop main yuk pergi ke planet mochi ini sukses bikin pengetahuan dan pengalaman anak bertambah serta juga sukses bikin bocil happy.

      Delete
  6. seru banget ya mba.. lumayan ngisi waktu luang anak selama di rumah aja. aku pun ikutan dong kemareenn ke planet uranusss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh,
      Aku ketinggalan yang ke planet Uranus, mbak. Pdahal pengin ngajak bocil ke Uranus juga.

      Delete
  7. haha langsung beli 4 es krim mochi paddle pop ya, bagi dong :D
    Asyiknya berpetualang ke planet Jupiter! Kreasi DIY nya bagus-bagus. Ini bener-bener liburan yang menyenangkan dan bermanfaat bersama paddle pop ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, ikut main yuk paddle pop ini memang bikin liburan bocil jadi makin menyenangkan dan bermanfaat pula.

      Delete
  8. Asik banget ya berpetualang di planet Mochi. Asik juga tuh berkreasi menghias es krim Paddle Pop Mochi. Jadi pengen berkreasi menghias es krim Paddle Pop Mochi juga nih.

    ReplyDelete
  9. Ken, kamu kok pinter banget sih.. Tante juga taunya yang punya cincin cuma Saturnus lho.. Aduh, jadi malu. Hihi

    ReplyDelete
  10. Setiap liburan harus putar otak supaya anak-anak betah di rumah. Apalagi saat pandemi begini. Harus semakin cari banyak cara seru. Karena mereka lagi sering di rumah

    ReplyDelete
  11. Pasti menyenangkan ini, kreatiovitasnya bikin anak happy ya mengisi liburan di rumah aja. Paddle pop memang selalu bikin yang epik buat anak-anak

    ReplyDelete
  12. Serunya main bareng Paddle Pop ke Pulau Mochi. Jadi pengen ngajakin si Kakak juga di rumah. ^^

    ReplyDelete
  13. Duh keren banget ya acaranya, anak-anak pasti suka belajar, bereksperimen sambil bermain begini.

    ReplyDelete
  14. paddle pop emang pinter banget yaa ambil timing, pas liburan gini loh.. pas anak2 di rumah juga lagi sepi kegiatan hehe

    ReplyDelete
  15. Allhamdulilah hepi ya Mbak kegiatan seru di tengah pandemi yang menghibur dengan paddle pop mochi.

    ReplyDelete
  16. Ken excited banget yaa...
    Aku juga ikutan happy melihat aktivitas anak yang menyenangkan bersama Paddle Pop.

    ReplyDelete
  17. happy banget bisa main di planet mochi. Saki udah daftar sih tapi lupa terus jadwalnya hihihi

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

5 Manfaat Mengajak Anak Nonton Lagu Anak-anak Terbaru di Hoala dan Koala bagi Tumbuh Kembang Anak

Hai, Mombeb. Apa ya manfaat mengajak anak menonton lagu anak-anak terbaru di Hoala dan Koala bagi Tumbuh Kembang Anak?   Mombeb, sejauh ini,...