Pengalaman Ikut Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik di Kreasa


"Ken, ikut Kelas Bahasa Inggris Kreasa yak? Biar nanti kamu gampang kalau kamu pergi ke Rusia, Belanda, Amerika serikat, Inggris, Jepang, semuanya dah?"

"Mau, Ma, Mau" 


Aku senang sekali si Ken begitu antusias menyambut tawaranku. Jadi aku nggak perlu ngasih penjelasan panjang kali lebar, atau bujuk rayu agar ia mau ikut kelas di Kreasa

Sertifikat dari Kreasa


Yup, liburan sekolah kemarin, si Ken aku ikutkan kelas di Kreasa. Ini sebagai salah satu usahaku biar dia nggak bosan di rumah saja selama liburan sekolah.


Di samping itu juga, sudah sejak dulu, aku ingin mengikutsertakan si Ken di kelas bahasa Inggris. Tujuanku yakni untuk menstimulasi kemampuan bahasa Inggrisnya si Ken. Hanya saja aku baru menemukan tempat belajar bahasa Inggris secara daring yang memenuhi semua kriteria yang aku buat. Semua kriteria dalam memilih tempat belajar bagi si Ken tersebut aku rangkum dalam 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik

Baca juga: serunya punya anak kinestetik

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik


Pertama, apa metode belajar yang digunakan?


Si Ken adalah tipe anak dengan gaya belajar kinestetik. Ia agak susah menerima pelajaran jika penyampaian materi hanya berupa penjelasan atau lebih dikenal dengan metode ceramah. Ken, si anak kinestetik ini, lebih mudah memahami materi yang diajarkan jika disertai dengan praktik, atau diselingi dengan aktivitas yang menyenangkan misalnya sembari bernyanyi atau menggambar, atau bisa juga dengan menghadirkan komunikasi dua arah antara si Ken dan pemberi materi. 


Kedua, jumlah siswa di setiap kelas.


Berdasarkan pengalamanku saat menjadi guru dulu, aku mengalami kesulitan mengajar di kelas jumbo, kelas yang punya banyak siswa. Aku tidak bisa memperhatikan siswa yang ada di kelas tersebut. Apakah mereka sudah paham dengan penjelasanku atau tidak.  Dampaknya, banyak siswa yang belum paham dengan materi yang aku sampaikan. Aku tidak ingin dialami si Ken. Jadi dengan jumlah peserta yang sedikit maka hasil pembelajaran yang diharapkan akan tercapai.  


Ketiga, biaya dan fasilitas apa saja yang didapatkan


Sebenarnya, aku tipe orang tua yang tidak terlalu ambil pusing soal biaya-biaya yang terkait dengan pendidikan atau biaya buat mengembangkan kemampuan anak, selama biaya yang dikeluarkan sesuai dengan fasilitas yang didapatkan dan juga dapat membantu anak mengembangkan kemampuannya, tak jadi masalah. Berapapun biaya pendidikan anak, insyaAllah bakal aku usahakan. Aku yakin, mah, kalau untuk kebaikan insyaAllah selalu ada bantuan dari-Nya. 


Keempat, jadwal pelaksanaan kelas


Menurutku, anak sekolah dasar, belum benar-benar bisa belajar sendiri, jadi masih perlu didampingi. Mendampingi bukan untuk membantu, melainkan untuk tahu seperti apa kegiatan pembelajaran, mana bagian yang perlu distimulasi, hingga apakah anak mengalami kesulitan? Bagian mana? Sebab apa? Jadi untuk jadwal pelaksanaan, aku lebih memilih kelas yang dilaksanakan pas aku luang, misal weekend, gitu. 


Kelima, review positif

Review positif adalah kunci, kunci untuk memantapkan sebuah keputusan mau memilih ya atau tidak. Pengalaman orang lain itu tak kalah berharga dengan pengalaman sendiri. Dari pengalaman orang lain, kita bisa sedikit banyak jadi tahu apakah pengalaman tersebut bernilai positif atau negatif. 


Jadi seperti itulah kira-kira 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kelas Bahasa Inggris untuk Anak Kinestetik. Nggak banyak koq, Mombeb, cuma lima lapis, nggak sampai ratusaaaannnnn. 


Baca juga: Memilih sekolah untuk anak kinestetik


Dan semua poin di atas, dipenuhi oleh Kreasa.  


Apa itu KREASA?


Kreasa adalah sekolah kreativitas berbasis online dengan sistem fun learning yang menyediakan berbagai program belajar bagi anak-anak. Kreasa hadir dengan membawa tujuan yakni dapat menjadi tempat untuk menumbuhkan fitrah kreatif dan inovatif anak-anak Indonesia yang tentunya sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Ini sesuai dengan tagline milik Kreasa yakni “Where kids creativity will be born”.


Dari deskripsi singkat di atas saja, sudah berhasil bikin aku tertarik mengikutsertakan Ken di Kelas Bahasa Inggrisnya Kreasa. Jadi tanpa pikir lama-lama, aku pun segera mendaftarkan si Ken. 


Cara mendaftar program belajar Kreasa ini bisa dibilang amat mudah. Cukup dengan mengikuti langkah di setiap fitur kelas Kreasa yang ingin dikuti, Mombeb sudah bisa mengikutsertakan si kecil di kelas bahasa Inggrisnya Kreasa dan mendapatkan fasilitas yang ada di Kreasa.


Fasilitas kreasa



Oya di Kreasa ini ada berbagai pilihan program untuk anak. Ada program animasi, kelas menulis, kelas bahasa Inggris dan masih banyak lagi. 


Program kelas kreasa

Program Kreasa

Program Kreasa


Review Ikut Kelas Bahasa Inggris untuk Anak di Kreasa


Setelah selesai daftar kelas bahasa Inggris Kreasa, aku segera diinvite ke dalam grup WA yang beranggotakan peserta kelas bahasa Inggris, dan juga ada admin Kreasa yang mengatur grup WA hingga keperluan kelas berlangsung. 


Untuk jumlah peserta di kelas bahasa Inggris Kreasa ini sebanyak 4 orang. Dah, kalau gini mah berasa ikutan kelas privat yak. Alhamdulillah banget ini mah. 


Aktivitas di kelas bahasa Inggris kreasa


Nah, di grup WA ini, admin Kreasa aktif membagikan informasi seputar jadwal pelaksanaan Kelas, share record pembelajaran di zoom, hingga mengingatkan para peserta menjelang jadwal pelaksanaan kelas di mulai. Oya, kelas ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 4 sore, tet, tepat waktu. 


Sesuai dengan deskripsi tentang Kreasa di atas, seperti itulah aktivitas belajar yang berlangsung di kelas.  Anakku antusias, semangat banget dia mah. Si Ken yang tipe anak kinestetik, jadi anteng, semangat, dan antusias selama mengikuti pelajaran bahasa Inggris.


La gimana nggak semangat, secara aktivitas belajar benar-benar dikemas secara fun, fun learning. Anak diajak bernyanyi, menari bersama, diajak diskusi, tanya jawab singkat, bermain tebak-tebakan, dan sebagainya. 


Media belajar bahasa inggris


Aku suka dengan bagaimana guru di Kreasa mengemas aktivitas belajar. Mulai dari mencoba mengenal nama-nama setiap siswa di kelas, menerapkan komunikasi dua arah dengan mengajak setiap anak berdiskusi atau menyanyi bersama, hingga menggunakan kata-kata yang sederhana saat menjelaskan materi pelajaran pada anak-anak agar mudah dipahami anak-anak. Hal ini menunjukkan bahwa guru di Kreasa adalah guru yang profesional.  


Hasil Belajar si Ken di Kelas Bahasa Inggris (English Class) di Kreasa


Hasilnya gimana? Alhamdulillah, hasil Ken belajar di kelas Bahasa Inggris Kreasa ini memuaskan banget, luar biasa malah menurutku. 

Pertama, Si Ken yang sebelumnya malu-malu kalau diajak ngobrol bahasa Inggris, sekarang lebih percaya diri.

Kedua, kosa kata bahasa Inggrisnya si Ken jadi bertambah banyak. 

Ketiga, Ken makin suka kalau diajak belajar bahasa Inggris. 

Keempat, Ken jadi ingin ikut kelas lagi di Kreasa. 


Nah, selain mendapatkan hasil belajar yang maksimal, Kreasa juga memberikan modul pembelajaran, sertifikat dan progress report. Asyik bener, kan? Recommended pokoknya, mah. 


So bagi kamu Mombeb, yang juga sedang mencari kelas bahasa Inggris untuk anak dengan tujuan untuk menstimulasi kemampuan menggunakan bahasa Inggris anak yang dilaksanakan secara daring dan dikemas secara fun learning, maka aku rekomendasikan untuk ikut kelas bahasa Inggris atau English Class di Kreasa saja.





19 comments:

  1. waah..sepertinya memang menyenangkan ya belajar bahasa inggris di Kreasa ini, sampai si anak mau ikut kelas lanjutan ya.. Oya mulai umur berapa bisa ikut di kelas ini ta?

    ReplyDelete
  2. Saat PJJ kembali diberlakukan mengingat PPKM darurat masih diperpanjang belajar didampingi ahlinya seperti kelas bahasa Inggris ini memang perlu. Daripada anak belajar di rumah sementara orang tua tidak bisa mendampingi, mending ikut kelas saja ya...

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalau ada "KREASA" setelah baca postingan ini. Asik ya bisa belajar secara online di bidang Bahasa Inggris. Kalau aku dulu seneng banget bisa ikut les Bahasa Inggris pas jaman SMP - SMK.

    ReplyDelete
  4. wah mantep, udah ikutan english class.. semoga ilmunya berkah ya. beruntung banget nih ada online class macem kreasa, lumayan bisa buat isi waktu anak-anak selama dirumah aja.

    ReplyDelete
  5. Rasio siswa : guru dalam satu kelas memang enaknya gak kebanyakan. Kalau kebanyakan guru jadi ribet. Murid pun lebih lama menangkap pelajaram.

    Kreasa ini untuk anak usia berapa? Menarik juga, nih, kelas animasinya

    ReplyDelete
  6. Belajar bahasa asing buat anak juga penting ya untuk membiasakan diri mereka sejak dini. Tinggal pilih tempat yang bisa kasih pelajaran sesuai kebutuhan anak. Di Kreasa belajarnya fun jadi anak ga terbebani juga ya

    ReplyDelete
  7. Habis ini, Ken PD ngomong sama bule-bule ya. Oke juga nih Kreasa. Memang penting buat orang tua untuk tahu gaya belajar anak itu kaya gimana. Jadi nyari tempat belajar ya disesuaikan sama mereka

    ReplyDelete
  8. Halo Ken keren deh semangat belajarnya. Anak juga senang belajar bahasa Inggris dengan cara menyenangkan seperti ini

    ReplyDelete
  9. Bahasa itu menurut kebiasaan yaa..
    Dengan dibantu belajar di KREASA semoga anak-anak menjadi lebih mantap memahami dan mengaplikasikan berbahasa Inggris sehari-hari di rumah.

    ReplyDelete
  10. Wuih keren nih... sekarang semakin banyak ya les bahasa inggris online seperti ini. Jadi banyak pilihan, bisa disesuaikan dengan pembiasaan belajar anak, termasuk ini nih buat anak yg suka bergerak :D

    ReplyDelete
  11. wah kayak anakku kinestetik. MOdel pembelajaran seperti ini emang lebih disukai anak anak ya, karena anak anak belajar dengan cara lebih fun...

    ReplyDelete
  12. Ada produk vouchernya ga ya? Mau kubeli dan kukasihkan ke adikku hihi. Mantap jiwa kayanya ya Kreasa ini.

    ReplyDelete
  13. Senengnya Ken dapat kelas bahasa online yang menarik dan cocok ya Mbak....

    ReplyDelete
  14. Seminggu dua kali ya, Mbak. Dan pas di weekend. Solusi bangettt buat mamak2 pekerja kayak aku, nih. Apalagi metodenya bagus, kreatif.

    ReplyDelete
  15. Wah, Ken asik nih belajar bahasa Inggris di KREASA.
    Makin nyaman aja sekarang tuh yaa, banyak pilihan untuk anak belajar bahasa Inggris, tetep dengan memperhatikan tips2 di atas.
    Mau rekomenin ke ponakan aku ahh.

    ReplyDelete
  16. mba, aku memang lagi cari nih untuk kasih les bahasa Inggris buat anakku tapi yang seru gitu kalo gak nanti anaknya bosenan, bisikin dong mba biayanya kisaran berapa ya?

    ReplyDelete
  17. Seru yaa belajar bahasa asing kalau gurunya bisa mengemas cara pembelajaran dengan menyenangkan. Belajar bahasa asing memang intinya pada kepercayaan diri untuk mengucapkannya, tak usah takut salah. Nah, keberanian anak untuk mempraktikkannya memang biasanya bakalan muncul kalau suasana pembelajarannya menyenangkan.

    ReplyDelete
  18. waah semangaat selalu yaaa belajar bahasa Inggris dengan seru dan fun di sini yaaa

    ReplyDelete
  19. aku baru tau kreasa ini mbaa.. makasi buat ulasannya yaa.. bisa aku cek2 dulu siapa tahu nanti juga cocok untuk anak pertamaku

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Beli Tas di Eiger Adventure Jombang Dapat Bonus Plus Plus

  Beberapa waktu lalu, sebelum balik ke Bali, aku dan suami menyempatkan diri pergi ke Eiger Adventure Jombang. Mengunjungi Eiger Jombang ma...