Bilang ke Suami juga? Ini Cara Mudah Melalui Masa Sulit Menstruasi

 

Mombeb, Kamu idem kan sama aku, kalau bagi kita nih, para wanita,  masa menstruasi adalah masa-masa yang penuh perjuangan? Ya kan? Dimulai dari berjuang mengendalikan emosi yang tidak stabil atau yang lebih dikenal dengan mood swing, berjuang melalui rasa sakit di perut alias dilepen, hingga berjuang menjaga daya tahan tubuh agar tidak limbung.


sebab lebih sensitif sebelum atau saat menstruasi


Perjuangan menghadapi hal-hal yang tersebut di atas, bukan suatu hal yang mudah. Apalagi jika terjadi berbarengan alias dalam satu waktu, beuughhh, siapapun wanita yang dalam posisi tersebut, bakal benar-benar kesulitan menghadapi semuanya.

Namun kesulitan masa menstruasi akan jadi terasa lebih mudah manakala ada yang mengerti, ada yang memahami, ada yang rela membantu.

Sayangnya, tidak semua orang dapat memahami kondisi seorang wanita yang tengah menstruasi. Iya, aku pernah di posisi itu. Dimana seseorang yang aku harapkan memahami kondisiku saat menstruasi ternyata tak merespon sama sekali bahkan terkesan cuek bebek Kwek Kwek. Seseorang itu adalah my bojo bolo-bolo ho ho ho.

Tapi, ini dulu, dulu, waktu awal nikah. Kalau sekarang gimana? Alhamdulillah suami sudah paham insyaAllah bagaimana kondisiku saat menstruasi. La gimana nggak paham yak, lawong setiap kali menstruasi aku kasih tahu ke suami hal-hal apa yang perlu dia lakukan. Muehehehe

Dahlah, nggak usah pakai jurus mengeluarkan kode-kode ke suami. Kelamaannnn. Apalagi kalau si suami tu tipe laki-laki yang nggak peka sama kode-kode wanita. Mau kita ngasih kode Morse, kode diem seribu bahasa, kode melotot kesurupan mak lampir pun dia bakal susah paham, Beb. Jadi ya katakan saja secara langsung. Biar sat set sat set tap tap tap tap, cepat.

Mombeb, kalau boleh share, aku mau berbagi cara apa saja hal-hal yang aku katakan ke suami agar ia paham dengan hal-hal yang bisa ia lakukan saat aku sedang menstruasi

1. Mengatakan kondisi yang terjadi saat menstruasi ke suami.

Tujuan melakukan hal ini agar suami tahu kondisi istri saat menstruasi. Ini membuat suami jadi lebih mengerti. Ya, kan?
Seperti yang dikatakan Ada Band "Karena wanita ingin dimengerti".

Di masa-masa menstruasi ada kalanya istri jadi lebih sensitif.  Ini pengaruh dari menurunnya produksi hormon serotonin saat sedang menstruasi (klikdokter.com). Kadang jadi tidak sabaran, mudah tersinggung, mudah marah, hingga kadang emosi jadi meledak-ledak. Hal ini tidak menutup kemungkinan dapat membuat suami jadi ikut emosi.

Namun, jika suami mengerti kondisi istri, ia tentu akan memaklumi perubahan emosi istri saat menstruasi. Ia akan menjadi super duper sabar di saat istri sedang menstruasi atau bahkan akan mengingat betul kalimat 'wanita selalu benar'. Hahay.

2. Sedia suplemen penambah darah


(news.unair.co.id) Jumlah darah yang keluar saat menstruasi rata-rata sebanyak 20–60 ml. Akibatnya dapat terkena ini anemia. Kalau anemia dapat membuat badan terasa mudah lelah, pusing, hingga mudah mengantuk. Hal ini dapat membuat aktivitas jadi terhambat.

Nah untuk mencegah anemia saat menstruasi maka harus menyediakan suplemen penambah darah salah satunya Ferospat.

Ferospat ini juga cocok banget untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui juga, loh. Kandungan yang ada di dalam Ferospat ini ampuh untuk mencegah desifisiensi zat besi atau anemia.

3. Meminta bantuan melakukan pekerjaan rumah tangga hingga menjaga si kecil

Tidak hanya kondisi emosi yang tidak stabil, menstruasi juga dapat membuat sakit di badan, sakit kepala, dan sakit perut. Dalam kondisi sakit begini tentunya beberapa aktivitas jadi susah untuk dilakukan termasuk aktivitas rumah tangga hingga menjaga si kecil.

Jika dalam kondisi seperti ini, lebih baik kita meminta bantuan ke suami atau keluarga atau mungkin menggunakan jasa art. Jangan memaksakan diri ya, Mombeb.

Kalaupun memang tidak ada yang bisa dimintai bantuan, berarti yang kita lakukan mengesampingkan pekerjaan rumah tangga saja dan memilih untuk fokus menjaga si kecil.

4. Sedia Hal-hal yang Bisa Jadi Mood Booster

Selain menurunnya serotonin, dr. Sepriani (dalam klikdokter.com), menambahkan sebab bad mood saat menstruasi yakni karena peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan payudara terasa sakit atau nyeri pinggang serta menghilangnya kandungan Dopamin dan GABA yang berfungsi membatasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan stress dan kecemasan.

Nah untuk mengatasi hal ini, maka kita bisa menyediakan beberapa hal yang dapat memperbaiki mood kita. Misalnya menyediakan atau menikmati makanan favorit kita seperti bakso pedas, es krim, coklat dan sebagainya atau bisa juga dengan melakukan aktivitas yang disuka misal nonton drakor, film, baca novel dan lain-lain.

Jadi seperti itulah cara mudah melalui masa sulit saat menstruasi melanda. Semoga membantu ya, Mombeb dan sampai jumpa di blogpost selanjutnya see yaaaa

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

4 Kemudahan yang Ditawarkan Toyota Avanza Mobil Andalan Keluarga

  Hai,  Menurut kamu, apa saja kemudahan yang ditawarkan Toyota Avanza Mobil Andalan Keluarga? Kalau menurut aku, begini. Ada banyak hal yan...