Rekomendasi Alat Masak Canggih nan Praktis yang Cocok Banget Digunakan di Bulan Ramadan

Ramadan tiba
Ramadan tiba
Marhaban ya Ramadan
Marhaban ya Ramadan
Marhaban ya Ramadan
Marhaban yaaa Ramadaaan
 
Yup, sebentar lagi ramadan tiba. Ada rasa senang sekaligus haru yang singgah di hati sebab masih diberi kesempatan sama Allah Swt. untuk beribadah di bulan suci Ramadan. Alhamdulillah wa syukurillah.
 
Nah, agar ibadah di bulan Ramadan berjalan dengan khidmat dan lancar jaya. Maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya yakni peralatan masak.
 
Menurutku, peralatan masak memiliki peran penting dalam proses memasak suatu makanan. Kalau memasak memakai peralatan yang sudah rusak, atau kurang berkualitas, misalkan memasak dengan wajan yang sudah tidak anti lengket, maka kegiatan memasak pun akan jadi kacau. Kekacauan tersebut berupa mood masak jadi hilang entah kemana, atau durasi masak berlangsung lama, atau bahkan rasa masakan pun jadi tak karuan.
 
Beruntung, saat ini banyak produsen yang menciptakan berbagai macam peralatan masak yang berkualitas. Kaya' berlomba-lomba gitu tuh. Bagiku ini merupakan suatu hal yang menyenangkan, karena jadi punya banyak pilihan yang sesuai dengan keinginan dan budget tentunya.
 
Nah ada beberapa peralatan masak yang memberikan banyak manfaat terutama saat kita sedang menjalankan ibadah puasa, nih Mombeb. Apa sajakah itu?
 
1. Rice cooker
 
Alat masak yang satu ini sangat amat membantu di saat menjalankan ibadah puasa. Kalau mau menanak nasi, kita tidak perlu repot lagi. Karena kita tinggal memasukkan beras yang sudah siap dimasak ke alat ini, trus pencet tombol "cook", selesai deh. Lalu kita bisa menyiapkan menu untuk berbuka puasa. 

Kemudian, pada saat sahur, kita tidak perlu juga repot-repot untuk memanaskan lauk. Karena jauh sebelum waktu sahur tiba, kita sudah memasukkan lauk di rice cooker. Jadi ya tinggal lap lep lap lep gitu deh kalau pas sahur.
 
Nah, bagi kamu yang punya rencana membeli rice cooker, aku punya beberapa referensi rice cooker yang populer karena memiliki kualitas yang baik. Aku cantumkan deskripsi singkat berikut dengan link pembeliannya di bawah ini yak.

a. Philips
Philips Rice Cooker 2L - Premium Plus Silver HD3138/33
 
Mombeb, rice cooker philips ini memiliki panci yang bagian dalam dan gagangnya tu anti panas sehingga memudahkan akses. Trus kalau difungsikan sebagai penghangat, ia bisa memastikan makanan di dalam tetap hangat selama 48 jam. Terdapat logam paduan ekstra tebal yang membuat tiap butir nasi dimasak sempurna. Nah rice cooker ini memiliki kapasitas ekstra besar yakni 2 liter yang mana cukup untuk 14 orang.



b. Neozen Rice Master


Mombeb, kamu mau memasak hanya dengan sekali sentuh? Nih, pakai Neozen Rice Master.
Rice cooker yang satu ini dirancang dengan teknologi low carbo dan low sugar yang memiliki 12 menu masakan otomatis, sehingga memudahkan kita dalam memasak nasi rendah karbo, nasi merah, slow cook, nasi ketan, soup, tumisan, bubur, memanggang, mengukus, merebus, dan yogurt. Wah benar-benar multitalent ya. Keren euy.

Neozen Rice Master ini punya sirkulasi panas stabil dan merata dari segala sisi. Ia juga dapat mengurangi kandungan gula dan karbohidrat pada beras dengan proses memisahkan air tajin dan uapnya dari dalam beras. Dilengkapi dengan wadah pengukus, untuk mengukus dan membuat nasi low carbo. Lalu juga terdapat wadah memasak yang terbuat dari stainless steel anti lengket. Mombeb, kalau kamu mau mengadakan syukuran sama keluarga besar, masak nasinya pakai ini aja, karena rice cooker ini tu punya kapasitas besar yakni 5 liter.

 


 
2. Air Fryer
 
Perkembangan teknologi memberikan segambreng kemudahan. Setelah rice cooker, lalu terbitlah air fryer, alat menggoreng otomatis.
 
Alat ini cukup populer karena memiliki kemampuan dapat mengurangi kalori yang ada di gorengan sebanyak 70% hingga 80%. Jadi bisa dibilang menggoreng menggunakan alat ini lebih baik daripada menggoreng omongan tetangga eh menggoreng menggunakan wajan yang mana memerlukan kucuran minyak goreng.
 
Selain itu, alat ini juga populer dikarenakan mempunyai cara penggunaan yang unik ya. Kita tinggal memasukkan bahan-bahan yang akan kita goreng ke dalam wadah khusus air fryer. Lalu masukkan wadah tersebut ke dalam air fryer. Tekan tombol pada layar alat tersebut dan jika makanan sudah matang, otomatis akan mati sendiri. Nah dengan cara penggunaan seperti ini, tentu mempermudah bagi kita dalam hal menyiapkan menu buka puasa maupun menu untuk sahur. Gimana? Asyik banget kan alatnya? Iya doonkk.  
 
Mombeb, biar kamu lebih mudah dalam mencari informasi mengenai alat masak air fryer ini, sehingga kamu punya gambaran lah kalau mau beli nantinya. Maka aku cantumkan sedikit penjelasan mengenai air fryer ini yak.
 
a. PORTER Air Fryer 2L | Mesin Penggoreng Tanpa Minyak



Bikin gorengan pakai air fryer ini membuat lemak berkurang hingga 80%.  Selain itu hasil gorengannya tu lembut di bagian dalam dan renyah di bagin luar. Dah kaya’ gorengan-gorengan ala masterchef gitu. Alat ini dilengkapi dengan kontrol suhu, serta kontrol waktu mulai dari 0 sampai 30 menit. Kemudian alat ini bisa untuk menggoreng ayam, menggoreng keripik, hingga menggoreng ikan. Jadi kalau menggoreng ikan pakai ini terhindar dari yang namanya kebledosan minyak panas. Tak hanya bisa menggoreng, air fryer ini juga bisa untuk membuat steak, loh. Wow.




 
b. Cypruz Air Fryer
Mombeb, air fryer ini juga punya fungsi untuk menggoreng atau menghangatkan gorengan tanpa menggunakan minyak sama sekali. Meskipun tanpa minyak tapi teksturnya tu tetap garing mak kriuk dan renyah. Enaknya lagi nih, pas goreng-goreng, kita tidak perlu atut terkena cipratan minyak atau khawatir dapur bakal jadi kotor. Oya, air fryer ini punya kapasitas besar, loh. Kira-kira 4,5 liter atau sama dengan muat 3 ayam.
 

 
3. Teko Listrik
 
Mombeb, salah satu sunah puasa yakni membatalkan puasa dengan yang manis. Nah, untuk menjalankan sunah ini, kita menyiapkan minuman manis seperti teh, atau susu. Kalau aku lebih sering menyiapkan teh manis hangat untuk anak-anakku tercinta. Sedangkan suamiku memilih membatalkan puasa dengan melihat senyum manisku saja. Iya, katanya begitu saja cukup. Wkwkwkwk. Nggak dink, nggak begitu, Mombeb. Aku nggak bikinin suami minuman manis ya karena biasanya suami suka bikin sendiri. Menurutnya minuman buatanku kurang enak katanya. Ya syudah tak masyalah lalalala.  
 
Nah untuk menjalankan tugas yang satu ini, kita bisa mengandalkan teko listrik, Mombeb. teko listrik ini mempermudah kita dalam menyiapkan minuman manis untuk membatalkan puasa. Kalau memasak air menggunakan alat ini, kita tak perlu menunggu lama karena cepat banget bikin air mendidih.
 
Mombeb, kalau kamu tertarik dengan alat yang satu ini, aku punya beberapa referensi. Aku jabarkan di bawah ini ya.
 
a. BOLDe Super Kettle Elite Series - Biru Tosca



Kettle ini menggunakan teknologi ramah lingkungan yaitu green technology yang aman untuk kesehatan. Memilki kapasitas 0.9 – 1 liter dan dilengkapi pilot light indicator serta desain compact dan praktis dibawa kemana mana. Kecepatan air mendidih hanya 2 menit saja.
 


Nah, itu tadi beberapa alat masak yang dapat membantu kita menyiapkan menu buka puasa dan menu untuk sahur. Aku sendiri sudah membeli rice cooker biar lebih mudah masak nasi.
 
Mombeb, aku berharap blogpost ini bisa memberikan manfaat buat kamu yang tengah menyiapkan ibadah puasa, atau yang tengah mencari informasi 3 alat masak ini.
Sekian dulu ya, sampai jumpa di blogpost lainnya.
 
See yaaaaa
 

3 comments:

  1. harganya mahal nggak sih, kak. aku tertarik banget sama yang air fryer itu. soalnya aku hobi banget makan gorengan.

    ReplyDelete
  2. iya ya bentar lagi ramadan. harus mulai nyicil nih nyiapin kebutuhan ramadan. wajan aku kaya'nya perlu diganti nih

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...