Jadi Inspirasi Anak Muda, Ini 4 Hal yang Dilakukan Alam Ganjar

 

 Pertama kali tahu Alam Ganjar pas di Talkpod. Waktu itu alam jadi bintang tamu. Interaksi Alam yang nampak begitu asyik dengan para artis seakan sudah klop alias kompak, sempat membuatku terpikir bahwa alam adalah artis pendatang baru. Eh ternyata dia anak pak Ganjar Pranowo yang merupakan calon presiden 2024.

Dah, kemane ajelah diriku, bisa-bisanya baru tahu soal itu. Biasalah emak-emak, banyak banget yang diurusin. Okeh, skip, kembali ke laptop.

Penampilan Alam jauh dari kata mewah. Ia sederhana dan kelihatan bijak. Mungkin ini salah satu hal yang menyebabkan alam Ganjar jadi populer. Bahkan sudah ada fanbase-nya donk.

Namun, ada yang lebih penting dari soal popularitas. Bahwa Alam Ganjar menjadi inspirasi anak negeri. Ya, ada beberapa hal yang dilakukan Alam Ganjar yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa ini. Apa sajakah itu?

  •  Berprestasi

Melansir dari katadata, Alam Ganjar punya segambreng prestasi. Ia pernah menjuarai kompetisi sains tingkat Internasional yang diadakan pada tahun 2015 lalu. Lebih detil, lomba yang dimenangkan Alam dan timnya ini, saat dia duduk di kelas VII SMPN 2 Semarang. Adapun kompetisi tersebut bernama The 6th ASEAN+3 Teacher Workshop and Student Science Camp di Changwon City.


sc. humas.jatengprov.go.id


Prestasi lain yang diraih Alam di tingkat internasional adalah berhasil meraih prestasi di Filipina. Alam dan timnya berhasil menjadi juara 3 dalam ajang 2019 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition yang diselenggarakan oleh JA Asia Pacific di Manila, Filipina, 10-14 Maret 2019.

Nah apa yang dilakukan Alam bisa dibilang sebagai salah satu usaha mengharumkan nama bangsa, kan? Yup. Saat ini Alam ganjar tengah fokus menjadi seorang mahasiswa Universitas Gajahmada sekaligus menjadi CEO di sebuah perusahaan yang bernama pigmy esports. 


  • Memimpin Perusahaan di Usia Muda

Di tengah prestasi yang mendunia, Alam Ganjar juga disibukkan dengan kegiatan menjadi pemimpin sebuah perusahaan atau seorang Presiden Direktur (Presdir) Sagasco Student Company yang merupakan perusahaan siswa dari SMAN 3 Semarang. Alam menjabat sebagai Presdir pada tahun 2018 - 2019.

Lalu pada Juli 2022, Alam Ganjar  dipercaya untuk menduduki jabatan strategis yakni Head of Strategy di Global Shapers Semarang di bawah World Economic Forum. Kemudian saat ini, Alam menjadi CEO di sebuah perusahaan yang bernama pigmy esports.

 

  • Memiliki Jiwa Sosial yang Tinggi 

Beberapa waktu lalu, Alam bersama dengan para artis Thariq Halilintar dan sejumlah influencer yang tergabung dalam The House of Revolutions (THR) Group terjun langsung membersihkan Kali Ciliwung di Jawa Barat.

Alam dan THR juga menyalurkan donasi ke Yayasan Jendela Ibu. Donasi ini didapatkan dari hasil keuntungan futsal charity bertajuk Goal Kampung beberapa waktu lalu. Kegiatan ini menunjukkan bahwa para influencer termasuk Alam Ganjar peduli terhadap anak kebutuhan khusus .

Kemudian Alam Ganjar juga turut serta dalam AIESEC. Fyi, AIESEC ini adalah LSM khsusus pengembangan kepemimpinan pemuda lewat kegiatan internship dan volunteering di Universitas Gajah Mada (UGM) . Alam berkecimpung di sini kurang lebih selama 1 tahun 5 bulan.


  • Pecinta Alam dan Peduli Lingkungan

Sudah sejak duduk di bangku SMP, Alam menunjukkan ketertarikannya pada alam. Hal ini dibuktikan dengan hampir semua kompetisi-kompetisi yang ia ikuti ada unsur alamnya. Bahkan ia dan timnya berhasil memberikan solusi bagaimana memanfaatkan Enceng gondong yang melimpah ruah di beberapa daerah. Bukti lainnya yakni Alam dan beberapa artis melakukan kegiatan bersih-bersih kali Ciliwung.

Baru-baru ini, Alam menunjukkan kegiatannya menyapa alam gunung Prau. Kegiatan ini ia lakukan bersama ayahnya, Ganjar Pranowo dan ibunya.


Dengan banyaknya prestasi serta  aktivitas sosial juga rasa kepeduliannya pada lingkungan, maka amatlah wajar jika Alam Ganjar menjadi inspirasi bagi anak negeri. Berharap banget, semoga semakin banyak anak bangsa inspiratif lainnya. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

About Me

Halo Assalamu'alaikum, Aku Inda, guru tk. Aku  ibu dari dua bocil, ken dan yumna, yang suka menulis, suka kulineran, jalan-jalan...