Pengalaman Membuat Kedai Kopi Kekinian dengan Budget di Bawah 10 Jutaan

Beberapa waktu yang lalu, teman kuliahku ada yang tanya soal berapa budget yang harus disiapkan untuk membuat kedai kopi seperti kedai kopi yang aku dan suami rintis. Karena, rencananya, dia mau buat kedai kopi juga bareng teman-temannya. Usaha bersama gitu, katanya. Aku ditawarin gabung, tapi aku bilang nggak bisa. Aku memilih untuk share pengalaman membuat kedai kopi kekinian dengan budget di bawah 10 jutaan.


Sebelumnya, ide membuat kedai kopi ini berasal dari suami. Dilatarbelakangi dengan suami yang melihat kantor baru tempat ia bekerja begitu ramai, dan semakin ramai pada hari tertentu. 

Suami sering mendapatkan pertanyaan dari tamu-tamu kantor, dimana warung terdekat yang menyediakan minuman, gorengan hingga rokok. Sementara warung yang menyediakan hal tersebut cukup jauh dari kantor. Dengan kondisi seperti ini, suami pun melihat adanya peluang atau pintu rejeki. Tinggal mencari tempat atau lahan kosong yang disewakan saja. 

Nah kebetulan juga di samping kantor ada tanah kosong. Bak gayung bersambut, alhamdulillahnya nih, aku dan suami diperbolehkan menggunakan lahan kosong tersebut oleh pimpinan kantor suami tanpa perlu membayar uang sewa.

membuat kedai kopi kekinian di bawah 10 jutaan
bersih-bersih dulu sebeum buka kedai

Sebenarnya, aku sempat sangsi dengan ide dan ajakan suami untuk membuat kedai kopi kekinian. Aku belum siap nerima resiko yang mungkin bisa terjadi. Aku khawatir rugi trus gulung tikar. Tapi suami bilang gini: "Tenang aja, nggak usah takut sama risiko rugi, kan ayah sudah pernah usaha gini, jadi bismillah aja, insyaAllah dapet untung, dan berkah".
"Aamiin" kataku.
Ucapan suami, bikin aku jadi ingat quotenya Marissa Mayer, presiden & CEO Yahoo!. Kata beliau gini:
"Jika Anda bisa meredam perasaan takut dalam mengambil risiko, hal-hal yang menakjubkan bisa terjadi." ~ Marissa Mayer
Ada benernya juga tho. Jadi ya sudah ide dan ajakan suami, aku okein aja. Sapa tau ada hal-hal menakjubkan yang bisa terjadi. Seperti misalnya, Jualan Kopi bisa naik haji, gitu. Aamiin.

Selanjutnya, budget.
Nah, karena ide membuat kedai kopi kekinian ini bisa dibilang dadakan, walhasil budget untuk membuat kedai ini pun seadanya. Alhamdulillah, dari hasil mengumpulkan dua tabungan dan meminjam tabungan si kecil, budget yang terkumpul hampir 10 jutaan atau dibawah 10 jutaan.

Nah dengan budget segitu, gimana caranya kami bisa membuat Kedai Kopi Kekinian?

1. Menentukan konsep Kedai Kopi Kekinian sesuai budget
Pada umumnya, terutama di daerah tempat tinggalku, kedai kopi hanya terdiri dari bangku-bangku dan meja-meja panjang saja tanpa memperhatikan desain. Nah kami ingin memperhatikan soal itu meskipun dengan budget yang minim.

Kami memilih konsep desain back to nature yang tertuang pada bahan untuk membuat kedai yang terdiri dari bambu, dan atap rumbia serta pemilihan warna cat tembok.

Untuk kesan kekinian, kami menyelipkan rak buku mini serta tembok-tembok kosong yang dapat dimanfaatkan untuk background foto untuk selanjutnya dapat diupload di Instagram.

2. Berburu tempat membeli bahan untuk membuat kedai kopi kekinian yang murah.
Sebelum membeli bahan, suami melakukan survey di beberapa toko bangunan dan tempat yang menjual kayu dan bambu. Alhamdulillah, ia berhasil menemukan toko bangunan yang lebih murah dari yang lain dengan kualitas yang sama. Dengan melakukan hal ini, kami bisa menghemat budget sampai beberapa ratus ribu rupiah.

3. Membeli atau memanfaatkan barang bekas atau bahan bekas namun masih memiliki kualitas yang bagus.
Di kedai juga terdapat rak buku mini yang isinya sebagian besar buku-buku bekas tapi relevan dibaca di zaman sekarang. Di samping itu juga, kami memanfaatkan kayu bekas atau kayu sisa untuk membuat meja dan kursi untuk kedai dan mengubahnya menjadi rak buku mini.

rak buku dari kayu bekas atau kayu sisa
Rak buku mini dari kayu bekas atau kayu sisa untuk membuat meja dan kursi


4. Ikut membantu tukang bangunan
Kalau sedang luang, suami juga ikut membantu tukang untuk membuat kedai kopi kekinian. Kata suami, disamping bisa mempercepat pengerjaan, Mulai dari ikut membuat meja dan kursi untuk kedai hingga memasang atap.

Nah, seperti itulah pengalaman dan tahapan yang aku dan suami lakukan untuk membuat kedai kopi kekinian dengan budget di bawah 10 jutaan.

Alhamdulillah, dengan budget di bawah 10 jutaan, kedai kopi kekinian impian kami terwujud dengan gemilang.

Hasilnya gimana? Lebih ke rugi atau ke untung? Alhamdulillah, selama 2 tahun belakangan ini, hasil dari kedai bisa kami pakai tidak hanya untuk dapur melainkan juga untuk biaya kuliah aku.

membuat kedai kopi kekinian di bawah 10 jutaan
Disewa untuk kegiatan diskusi rutin

Nah dengan hasil seperti ini,
membuat aku dan suami ingin merambah usaha yang lain lagi.
Tapi usaha kali ini, sepertinya
membutuhkan budget yang agak banyak.
Jadi kami akan melakukan hal ini,
gadai BPKB 2 motor atau kalau masih kurang kami akan
Gadai BPKB Mobil.

Do'akan usahaku yang baru nanti bisa sukses ya, Teman-teman.
Matur nuwun buat yang mendoakan.
Do'a yang baik akan kembali kepada
yang mendo'akan.

49 comments:

  1. Semoga sukses yah mba kopi kedainya, mba semangat banget nih mudah-mudahan ketularan juga semangat Usahanya 😍

    ReplyDelete
  2. Wah, idenya.. Keren mbk. Dengan uang kurang lebih 10juta bisa bikin kedai kopi. Itu rak bukunya.. Suka banget^^
    Laris manis dan berkah untuk usahanya ya mbk

    ReplyDelete
  3. kreatif dan keren bgt idenya, semoga tercapai cita2 yg diinginkan ya mbak.. aamiin

    ReplyDelete
  4. Kedai kopi sedang lagi hitz dan prospek bagus.

    Modal di bawah sepuluh juta bisa memotivasi untuk orang bermodal kecil untuk mau berusaha membangun usaha.

    ReplyDelete
  5. Kedai kopi masa kini yang juga meningkatkan Literasi ya mba. Kreatif banget ide perpustakaan mini nya mba. Sukses ya warung kopinya :)

    ReplyDelete
  6. aku tuh pengin banget lho bikin kedai kopi gini. tapi bayanganku harus keluar uang minimal 25 juta. jadi masih ragu2. ternyata gak semahal itu yaa.. conba join sama temen mungkin menarik ya

    ReplyDelete
  7. Sekarang kedai kopi makin digemari oleh banyak orang krn santai dan bisa ketemu temen ngobrol disana

    ReplyDelete
  8. Semoga usaha kedai kopimu terus berjaya dan selalu laris manis banyak penggemar tetapnya

    ReplyDelete
  9. Biaya jadi lebih ditekan karena tempatnya ga sewa ya mba.
    Btw sepengalaman saya yang secuil ini, tidak ada yang rugi bagi orang yang bikin usaha, terlebih jika niatnya demi keberkahan.
    kalaupun terlihat akhirnya tutup atau gagal, ada banyak banget pelajaran berharga di sananya :)

    ReplyDelete
  10. Semoga sukses ya mba usaha kedai kopinya! Boleh juga dong share mbak awal mula kenapa milih kedai kopi? Aku selalu senang dengar cerita orang berbisnis sendiri mulai dari 0. Bikin aku semangat. :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sukses Mbak Inda :) idenya brilian membuat kedai kopi. Semoga makin laris ya usahanya

    ReplyDelete
  12. wah modal tipis bisa untuk biaya kuliah. Mantab nih mbak. Semoga makin sukses ya usaha kedai kopinya.

    ReplyDelete
  13. ya ampun.. dengan keterbatasan dana aja bisa buat peluang usaha yang menghasilkan seperti kedai kopi ini ya mb.. aku jadi malu, belum punya ide bisnis yang bener-bener dijalanin nih. selama ini rencana doang tapi belum dieksekusi. terima kasih banyak inspirasinya mb..

    ReplyDelete
  14. wah inspiratif banget mbak, sekarang lagi in banget nih kedai kopi, kalau boleh tau di daerah mana mbak?

    ReplyDelete
  15. Semoga makin sukses Mbak
    Buat usaha tuh kudu cari inovasi juga biar beda sama orang lain dan jadi ciri tentunya

    ReplyDelete
  16. Sukses kedai kopi kekiniannya mba!! Pasarin lewat sosmed juga mba, siapa tau lebih banyak yang mampir hihi

    ReplyDelete
  17. Ketjeeee.
    Itu pimpinan kantor baik banget yo, Mbak. Ibuku bikin warung di pabrik banyak drama dari pimpinannya. Hahaha.

    Semoga usaha lama dan usaha baru jalan lancar dan berkah, ya Mbak. 😙

    ReplyDelete
  18. Ikut senang mbak bisa punya usaha sendiri kedai kopi kekinian ini. Semoga laris manis ya. Mudah-mudahan aku bisa nyicipin kopinya juga

    ReplyDelete
  19. Amin ..amin semoga semua usahanya bisa sukses dan lancar ya kak. Aku juga pengen jadi pengusaha tapi belum kesampaian hehe.

    ReplyDelete
  20. Mba Inda, kayaknya sudah memiliki tip kece yang permanen, yaitu lokasi bisnisnya sudah cocok, karena di sekitar situ orang memang sering cari kopi ya.

    Kalau bisa aku tambahi,
    Kedai kopi mba kudu selalu mengutamakan kenyamanan, karena biasanya orang menikmati kopi itu datang untuk bersantai.

    Mba bisa temukan kiat lainnya, lho
    Ada banyak kog di internet :)

    Sukses ya, mba

    ReplyDelete
  21. Semoga lancar terus ya mba usahanya,dan usaha barunya bisa segera terlaksana yaaa. Saya juga masih merintis ini Mba :)

    ReplyDelete
  22. Sukses terus ya mba usaha kedai kopi nya, wah ku jadi tertarik juga berusaha dengan model di bawah 10jt

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah. semoga berkah selalu kedai kopinya. Dan semoga dilancarkan rencana membuka usaha kedua

    ReplyDelete
  24. Jadi teringat dengan salah satu teman saya yang juga ingin mendirikan usaha di bidang kedai kopi kekinian. Semoga usaha yang mbak bangun dan rintis ini sukses selalu ya.

    ReplyDelete
  25. Jadi teringat dengan salah satu teman saya yang juga ingin mendirikan usaha di bidang kedai kopi kekinian. Semoga usaha yang mbak bangun dan rintis ini sukses selalu ya.

    ReplyDelete
  26. Aku suka nih cafe atau kedai yang menyediakan buku2 bacaan, di Sersng jg ada yg kayak gitu mba, raknya jg dr kayu dan bikinan sendiri memanfaatkan barang bekas seperti dirimuuu, tapi tetep unik dan menariik

    ReplyDelete
  27. Semoga lancar & sukses ikhtiarnya yaa mba. Keren nih kedainya menyediakan buku bacaan juga, jarang ada yg kaya gini

    ReplyDelete
  28. Wah semangat mba bisnisnya. Ternyata modalnya gak besar ya tapi asal ada kemauan. Aku nih belum berbisnis juga.

    ReplyDelete
  29. Barakallah, Mbak. Harus berani mengambil kesempatan, ya. Alhamdulillah juga dibolehkan membangun usaha di lahan tersebut oleh pimpinan kantor.

    ReplyDelete
  30. Barakallah Mak Ken smeoga lancar usahanya aamiin nambah rame dan merambah bisnis lain

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah. Semoga makin sukses warung kopinya ya, Mbaa. Amiiin :)

    ReplyDelete
  32. Wah kerennya jadi pengen ikutan bisnis ..semangat terus Mak..semoga langgeng dan untung usahnya ya..

    ReplyDelete
  33. Waaah salit sama mba Inda sama suami yang berhasik merintis usaha kedai kopi kekinian, maju terus ya usahanya,

    ReplyDelete
  34. Aamiin...semoga usahanya lancar dan sukses ya, Mbak.
    Dan semoga tetap kompak menjalankan usaha dengan suaminya.

    ReplyDelete
  35. Salut pd suami yg berani menerjang ketakutan dan tak ragu utk membuka usaha dan meyakinkan sang istri tercinta utkbutk mulai berbisnis. Kl kita tdk mencoba bagaimana kita akan tahu bahwa kita bisa.Nah, jngn ragu utk melangkah lg merambah bisnis lain .Semoga sukses. Aamiin

    ReplyDelete
  36. kata orang2 yang bergelut di bidang bisnis.. kalau mau bisnis jangan takut utk memulainya. pasti segala sesuatu ada resikonya. salut deg.. sukses ya mba. mana bajetnya kurang dr 10 jeti pula!

    ReplyDelete
  37. Kereeennn, moga sukses kedainya. Kalau kedai kopi emang akan banyak yg cari ya mbak. APalagi org2 perkantoran yg butuh rehat. InsyaAllah rame terus :D

    ReplyDelete
  38. Wah keren banget mba. Ternyata bisa ya modal seminim apapun buat usaha asal ada niat dan kemauan

    ReplyDelete
  39. Wow keren, modal minim hasil maksim ya mba. Semoga banyak pelanggan ya mba dan sukses bisnisnya

    ReplyDelete
  40. Wuih keren. Semoga sukses. Laris manis ya. Kalo deket, aku pengen deh ke sana. Aku suka kopiiii :D

    ReplyDelete
  41. Luar biasa kerjasama suami istri satu ini, kedai kopi emang lagi hits banget untuk tempat tukar kata apalagi kalau emang tersedia juga tempat buat diskusi

    ReplyDelete
  42. Semoga ikhtiar usahanya dapat terlaksana dengan lancar ya mba. Berkah selalu untuk usahamu bersama suami. Kedai kopi memang lagi hits lho sekarang, banyak yang butuh ngopi2 dan nongkrong bareng teman.

    ReplyDelete
  43. Mbak Inda, kereeen nih usahanya, bisa jadi inspirasi yang pengen punya usaha sendiri di rumah ya.Semoga sukses dan makin laris ya mbak

    ReplyDelete
  44. aku dari dulu emang pengen banget punya kedai kopi sendiri, pengen jadi wirausaha di bidang kopi karena suka ngopi, tapi belum berani karena belum ada waktu full untuk usaha huhuhu

    ReplyDelete
  45. Semoga sukses ya Mbk, salut dengan semangat berwirausaha bikin kedai kopi sendiri

    ReplyDelete
  46. Keren mbak idenya..semoga sukses dan lancar terus kedai kopi nya yaaa

    ReplyDelete
  47. Keren mbak, kedai kopinya ada perpustakaannya. Moga berkah usahanya ya mbak dan lancar.

    ReplyDelete
  48. Kreatif mbak, memanfaatkan peluang yang ada, kedai kopi jarang sepi, banyak peminatnya, jadi insyaaAllah usaha yang menjanjikan

    ReplyDelete
  49. Senangnya mba. Ikut memberi inspirasi buatku

    ReplyDelete

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Hanya Modal Smartphone, Ini 7 Cara Memotret Makanan Berkualitas

Zaman sekarang kita melihat banyak sekali orang yang suka memotret makanan sebelum mereka menyantapnya. Itu bukan hal aneh lagi, kan?...