Begini Efek Masak ketupat Pakai Panci Presto

Assalamu'alaikuuummm..

Beberapa hari ini, di daerah tempat tinggal aku rasanya panas, gitu. Hujan sudah jarang banget turun. Atau memang sudah masuk musim kemarau, yak? Dah, panas-panas gini, pas puasa, bawaanya pengen nempel lama-lama di ubin rumah, adeemmmmm. *hahay.

Sayangnya, aku nggak bisa nempel lama-lama di ubin lantai rumah, karena semua bagian lantai rumah sudah diakuisisi sama anakku. Dia jadiin arena balap mobil-mobilannya atau dia jadiin tempat buat oret-oret buat menggambar. Ya gitu lah bocil. Mamak ngalah aja lah. Tho cuma gitu doank kan.

"Ma, bangun" kata anakku setiap kali  mendapati diriku yang tak kunjung bangkit dari kelesotan di lantai.

"Ma, bangun, masak ini ma, ketupat yang ken bikin di sekolah".

Auto kaget denger perkataan bocah. Secara aku tu paling males kalau berurusan dengan masak ketupat. Alasanku adalah karena butuh waktu lama untuk masak ketupat. Bisa sampai 3 hingga 4 jam, lho. Busyet banget, kan? Ho oh.

Lagian kenapa juga sekolah udah ngajarin bikin ketupat dari sekarang, kan lebaran masih lama, baju baru aja belum punya, hehe.
Gambar dr ikoma.com

Tapi nggak apa-apalah yah, malah seharusnya seneng tho sudah dikenalin sama sekolah gimana cara ngisi ketupat. Jadi pas saatnya bikin ketupat nanti, bisa langsung aja ngajakin bocah bikin ketupat alias nggak pakai ngenalin dan ngajarin lagi. Yoyoi.

Baca juga : 4 merk panci presto

Ada dua cara bikin ketupat yang aku tahu. Dua cara ini sebenernya hampir sama. Yang membedakan hanya alat yang digunakan. Yang satu pakai panci biasa. Yang satu pakai panci presto. Etapi durasi masak ketupatnya juga beda sih. Kalau pakai panci biasa, memasak ketupat membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam. Sedangkan kalau pakai panci presto, membutuhkan waktu 1.5 jam paling lama. Mantab, kan? Hemat waktu, dan hemat gas lpg.

Lalu cara masak ketupat pakai panci presto seperti apa, sih? Cekidot di bawah yak.

Cara Masak Ketupat Pakai Panci Presto.
Siapkan Ketupat yang sudah diisi beras. 
Isi panci presto dengan air. 
Perkirakan air yang dimasukkan ke panci presto dapat membuat ketupat tenggelam sempurna. 
Didihkan air yang ada di dalam panci presto. 
Setelah mendidih, masukkan ketupat ke dalam panci presto. 
Untuk durasi waktu, menurut beberapa pakar masak ketupat, membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1.5 jam. 

Sebelum ibuk aku punya panci presto, kami bikin ketupat pakai panci biasa. Cuma ya gitu, lama banget. Kalau masaknya nggak lama, kata ibuk aku, ketupatnya jadi nggak awet alias rawan basi.

Tapi, lama-kelamaan, kebiasaan ini berubah. Kami memilih beli daripada masak ketupat. Milih praktisnya, gitu.

Alhamdulillahnya juga, nih. Setiap lebaran, selalu ada ketupat di rumah. Cuma temannya ketupat yang beda-beda. Kadang ketupat duet maut sama opor. Kadang ketupat duet maut sama sayur lodeh. Kadang ketupat duet maut sama bakso. Hingga duet maut sama rujak cingur. *hahay.
Dan ini beberapa pilihan teman makan ketupat.



Jadi, seperti itulah kiranya cara masak ketupat pakai panci presto. Gampang dan cepet. Recomended. Monggo dicoba ya manteman. Kalau belum punya panci presto, ya monggo beli. Sekarang kan lagi banyak promo nih di tempat-tempat belanja online, kali aja dapet panci presto yang kece dengan harga yang bikin tersenyum hehe alias dapat harga yang murcek. Semangat ya, Ges.

No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Pemikir yang Jadi Toxic Bagi Diri Sendiri?

Pemikir.  Ya, aku begini ini. Pemikir parah. Apa apa aku pikirin. Nggak ada yang aku pilah pilih. Bahkan beberapa kali hal yang kada...