Hanya Modal Smartphone, Ini 7 Cara Memotret Makanan Berkualitas


Zaman sekarang kita melihat banyak sekali orang yang suka memotret makanan sebelum mereka menyantapnya. Itu bukan hal aneh lagi, kan? Rasanya sudah seperti ritual yang harus dilakukan sebelum makan. Hehehe. Memotret makanan bukan hal terlarang kok, kita bebas mau memotret makanan apapun yang kita miliki. Termasuk saya yang suka memotret makanan yang keliatannya bagus untuk difoto.

Tapi pernah nggak kalian merasa kalau foto yang kita ambil ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi alias jomplang sama foto-foto makanan yang sering kita lihat dari para food blogger. Bahkan hanya secangkir kopi saja bisa kelihatan sangat indah.

Tenang saja, kita juga bisa kok menghasilkan foto makanan yang cantik-cantik seperti para food blogger itu. Nggak harus pake kamera professional, kita bisa memanfaatkan kamera smartphone yang kita punya untuk memotret makanan jadi hasil karya yang indah. Begini caranya:

1. Gunakan cahaya natural


Cahaya adalah hal utama yang harus kita perhatikan saat akan memotret makanan. Walaupun hanya menggunakan kamera smartphone, kita masih bisa menghasilkan foto yang bagus kalau sumber cahayanya sesuai. Cahaya yang datang dari jendela adalah salah satu contoh pencahayaan yang natural untuk memotret makanan. Efek yang dihasilkan dari cahaya ini bisa membuat foto terlihat cantik.

Selain menggunakan cahaya natural, kita juga bisa menggunakan teknik pencahayaan artificial atau cahaya yang kita ciptakan sendiri. Misalnya dengan menggunakan lampu LED yang diletakkan di sisi makanan atau di atas makanan secara vertical.

2. Memahami perspektif


Biasanya perspektif foto makanan pada umumnya dipotret dari sisi atas, tapi ini nggak berlaku untuk semua makanan. Kalau makanan kita terdiri dari beberapa bentuk seperti cupcake misalnya, maka foto dari angle atas akan memberi efek tiga dimensi. Sedangkan kalau makanannya di dalam mangkok maka pilihan terbaik adalah memotret dari sisi kiri atau kanan.

3. Menata Makanan


Menata makanan bukan hal sembarangan kalau ingin memotret makanan dengan baik. Dalam hal ini penataan makanan akan berkaitan dengan warna, penyajian, hiasan dan latar belakang yang sesuai. Contohnya komposisi piring putih besar dengan hiasan berwarna hijau. Perhatikan kecocokan warna sebelum memotret supaya hasilnya nggak mengecewakan.

4. Waktu yang Tepat


Untuk mendapatkan hasil gambar yang baik, pastikan kita memotret makanan dalam keadaan panas atau baru disajikan. Jadi, makanannya masih terlihat fresh.

5. Penyuntingan



Kalau merasa foto masih kurang sempurna, kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang mudah dan memiliki hasil yang bagus untuk menambah efek pada foto makanan tersebut agar terlihat lebih menarik.

6. Kuantitas Objek



Satu porsi makanan biasanya akan terlihat lebih baik di foto daripada makanan yang terlalu penuh. Satu porsi makanan akan memberi kesan lebih spesial dan menarik, serta tidak banyak komposisi yang membuat foto jadi terlihat penuh.

7. Kualitas Objek


Memotret makanan yang akan dishare ke sosial media ataupun portal lainnya lebih baik dipilih dulu dengan cermat. Pilihlah makanan yang berkualitas, baik dari segi penampilan maupun rasanya. Karena foto yang kita share bisa mempengaruhi opini publik.

Bukan hanya makanannya yang harus berkualitas, kamera smartphone yang digunakan untuk memotret harus berkualitas juga. Supaya hasil gambarnya terlihat lebih jelas dan tajam, serta efek yang diberikan pun akan menambah nilai estetika dari makanan tersebut.


Salah satu smartphone berkualitas yang bisa jadi pilihan untuk memotret makanan adalah OPPO F11 yang memiliki kamera belakang ganda beresolusi 48MP+5MP dengan lensa 6P dan bukaan lensa f/1.79 menawarkan hasil gambar berkualitas 48MP yang sangat jernih, serta potret sempurna meski dalam kondisi minim cahaya saat menggunakan Ultra Night Mode dan Dazzle Color Mode. Kamera AI yang telah ditingkatkan mampu mengenali 23 jenis pemandangan. Cocok sekali kan untuk memotret makanan yang cantik dan menarik.

Lebih lanjut tentang OPPO F11 : https://www.oppo.com/id/smartphone-f11/


No comments:

Post a Comment

Biji bunga matahari namanya kuaci
Kupas kulitnya pakai gigi
Eee para pengunjung yang baik hati
Yuk tinggalkan komentar sebelum pergi.

Buah Pir Buah Naga
Jangan khawatir, aku akan mengunjungimu juga. :)

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Follow by Email

Mudik ke Pulau Dewata Naik Mobil Bersama Keluarga

Assalamu'alaikuuummm Hai halo, Bagaimana kabar kalian hari ini, Manteman? Aku doakan semoga kalian selalu dalam kondisi prima ba...